Mastercard dan Visa Potong Biaya Transaksi Pakai Kartu Kredit/Debit di EU

Para pemegang kartu Mastercard dan Visa bisa berbahagia, kini mereka bisa menikmati biaya transaksi yang lebih murah bila menggunakan kartu kredit Mastercard atau Visa di area EU (European Union). Kini perbankan hanya akan mengenakan biaya/charge kepada retailer 40% lebih murah dari sebelumnya.

Pemotongan biaya/charge kepada peritel di EU ini merupakan hasil diskusi yang panjang antara Mastercard, Visa, dan Komisi Uni Eropa. Dengan charge yang lebih kecil tentu akan meringankan beban pelanggan dari luar EU yang ingin membayar menggunakan kartu kredit Mastercard atau Visa ketika berada di area EU.

Meringankan Beban Biaya Para Turis Pemegang Kartu Kredit dan Debit non-EU

Komisi Eropa meyakini bahwa interchange fees yang dikenakan switching company seperti Mastercard dan VISA kepada merchant/peritel berimbas pada tingginya biaya yang harus dibayar oleh pelanggan, terutama para turis yang datang ke EU.

Menurut Mastercard, Interchange adalah biaya yang dibayar oleh merchant (acquirer) untuk bank penerbit kartu (issuer) atas nilai dan manfaat yang diterima merchant ketika mereka menerima pembayaran elektronik.

Baca juga: VISA vs MasterCard, Pilih Mana?

Kondisi di atas membuat bank-bank yang mengeluarkan pembayaran elektronik untuk memberikan nilai yang sangat besar untuk merchant, pemerintah dan konsumen.

Berdasarkan perjanjian terbaru, Visa dan Mastercard yang menjadi operator jaringan pembayaran terbesar di dunia akan mengenakan charge sebesar 0.2% kepada kartu debit non EU, dan sebesar 0.3% untuk pembayaran dengan menggunakan kartu kredit. Charge tersebut dinilai sudah sejalan dengan kartu debit atau kartu kredit yang terbit di EU.

Rate Terbaru akan Berlaku Mulai 19 Oktober

Rate terbaru tersebut akan berlaku mulai 19 Oktober mendatang dan berlaku selama 5 tahun ke depan. Harapannya, rate terbaru ini akan membuat biaya menjadi lebih ringan bila seseorang ingin menggunakan kartu kredit atau debit di luar negeri.

Visa beranggapan pihaknya telah memaksimalkan peran mereka untuk merumuskan resolusi yang menguntungkan semua pihak. Apalagi pedagang dan pemegang kartu di EU terus menikmati manfaat dari pembayaran kartu internasional, baik di toko offline maupun online, dan ini memberikan kontribusi signifikan bagi ekonomi Eropa.

Baca juga: MasterCard Meluncurkan Kartu Kredit dengan Fingerprint Scanner

Adapun pihak Mastercard mengakui bahwa ini adalah momen yang menjadi tonggak penting bagi perusahaan. Terlebih setelah peristiwa denda sebesar 573.000.000 euro bagi Mastercard oleh Komisi Eropa di awal tahun ini akibat perilaku anti-kompetitif Mastercard.

Mastercard didenda karena telah menghalangi peritel untuk menggunakan layanan perbankan yang lebih murah di luar negara asal mereka.

 

 

Loading...

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © 2015 Official PilihKartu.com Blog.