Mastercard akan Segera Menerapkan Pemindai Sidik Jari pada Kartu-Kartunya

Mastercard belum lama telah melakukan ujicoba kartu yang telah disematkan teknologi pemindai sidik jari, yang mana akan digunakan untuk mengidentifikasi identitas nasabah.

Langkah Mastercard yang menerapkan model pembayaran biometrik seperti pemindai sidik jari diharapkan mampu meningkatkan keamanan finansial dan mengatasi.

Dalam usahanya tersebut, Mastercard kini sedang dalam tahap pembicaraan dengan bank-bank di UK untuk menerapkan model pembayaran biometrik ke dalam pasar.

Mastercard sendiri diketahui telah melakukan ujicoba kartu yang telah tersemat pemindai sidik jari didalamnya, yang mana digunakan untuk keperluan verifikasi identitas nasabah.

Kartu dengan pemindai sidik jari akan menggantikan kartu konvensional yang menerapkan password dan PIN      , serta mempercepat proses pembayaran secara online dan transaksi tanpa kontak di dalam toko.

Penggunaan password/PIN ketika berbelanja dinilai sudah semakin usang dimana ke depannya pelanggan akan semakin melupakannya dan beralih ke metode pembayaran terbaru yang lebih canggih, dan akhirnya peritel harus menghadapi keranjang belanjaan yang kosong karena ditinggal kabur pelanggan.

Dalam teknologi pembayaran, ini adalah suatu pendekatan, dimana orang beralih dari tunai ke kartu, dari password ke sidik jari dan seterusnya hingga mencapai teknologi kecerdasan buatan. Jauh lebih mudah dan aman untuk mengotentikasi identitas menggunakan sidik jari atau selfie.

Dorongan untuk mulai menerapkan pembayaran biometrik telah menjadi pembicaraan yang hangat di dunia pembayaran sekarang ini. Pada bulan Januari lalu, European Union menerapkan Second Payment Services Directive (PSD2), yang merupakan sebuah peraturan dengan tujuan mempercepat transaksi dan memberikan akses ke perusahaan ketiga untuk mengakses data-data nasabah perbankan sehingga mereka bisa membangun produk yang lebih baik.

Di bawah peraturan yang baru, pelanggan diharuskan mengonfirmasi identitas mereka setiap 5 kali setelah mereka melakukan pembayaran tanpa kontak. Mastercard mengatakan bahwa teknologi biometrik sekarang ini sudah diujicoba di Afrika Selatan. Visa, yang merupakan rival utama Mastercard juga melakukan ujicoba kartu biometrik di Siprus.

PSD2 telah meletakkan perbankan dan penyedia layanan finansial besar lainnya ke dalam tekanan yang intens untuk mewujudkan kemampuan digital mereka dan membuka data-data mereka ke perusahaan ketiga. Perbankan adalah harta karun jika berbicara mengenai data finansial, dimana data dikumpulkan dalam jumlah besar setiap harinya.

Melangkah ke model pembayaran biometrik seperti sensor sidik jari dan teknologi pemindai mata, TSB misalnya, adalah bank pertama di Eropa yang ingin menerapkan otentikasi iris pada mata, untuk membuat pembayaran lebih sederhana dan diharapkan mampu meningkatkan keamanan finansial dan mengatasi penipuan.

 

Versi asli artikel: https://www.cnbc.com/2018/07/09/mastercard-biometric-card-talks-with-uk-banks.html

Loading...

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © 2015 Official PilihKartu.com Blog.