MasterCard Safety Net, ‘Kartu Kredit Anti Hacker’ dari MasterCard

Keamanan merupakan prioritas nomor satu di dalam sistem pembayaran digital. Kartu kredit, termasuk ke dalam sistem pembayaran digital yang mempunyai sistem keamanan ketat. Seperti yang telah kita ketahui sebelumnya, ada banyak sistem keamanan yang dipasang pada kartu kredit, seperti, chip yang bisa kita lihat secara fisik di kartu kredit, PIN yang harus digunakan ketika proses transaksi, hingga tes otentikasi biometric untuk mampu mengenali suara dan wajah, yang memungkinkan pelanggan untuk melakukan validasi transaksi tanpa harus menggunakan password atau nomor PIN.

Kini, MasterCard dengan senang hati merogoh kantong dalam-dalam demi menciptakan ‘kartu kredit anti hacker’. Kartu kredit yang disebut-sebut anti hacker ini sejatinya berwujud sebuah program yang disebut dengan MasterCard Safety Net. Program berbiaya fantastis hingga 20 juta dollar (Rp260 milyar) ini, diklaim akan mampu mendeteksi penipuan atau serangan cyber, bahkan sebelum serangan itu terjadi. Program MasterCard Safety Net ini, mampu memberikan lapisan keamanan independen yang bisa digunakan untuk memantau dan memblokir transaksi ilegal.

Jika Bank telah mempunyai sistem keamanan tersendiri untuk memproteksi diri dari serangan cyber, maka kini, MasterCard Safety Net akan menambah daftar panjang sistem proteksi yang dimiliki oleh bank. Dilansir dari telegraph.co.uk, keistimewaan MasterCard Safety Net ini adalah, ia bekerja dengan memonitor saluran dan geografis yang berbeda, dan menyediakan tingkat dukungan yang paling tepat untuk masing-masing pasar dan partner bisnis dengan menggunakan algoritma modern. MasterCard Safety Net mampu melacak berbagai data dengan cepat, sehingga dapat mendeteksi dan menghentikan serangan bahkan sebelum bank mengetahuinya.

MasterCard Safety Net dirancang untuk mengurangi resiko peretasan pada prosesor yang dimiliki bank. MasterCard Safety Net didesain untuk menggunakan kekuatan jaringan global dari MasterCard, untuk mengidentifikasi berbagai potensi serangan sebelum serangan itu dimulai dan pada beberapa kasus, bahkan sebelum bank mengetahuinya.

Dengan adanya MasterCard Safety Net ini, merupakan wujud nyata atas komitmen MasterCard dalam menyediakan rasa aman bagi pelanggan kartu kreditnya. Sayangnya, program MasterCard Safety Net baru diluncurkan di US dan belum ada informasi kapan program ini akan tersedia di luar US.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © 2015 Official PilihKartu.com Blog.