Mengapa Transaksi Non Tunai Lebih Aman? Ini Dia Alasannya

Perlu anda ketahui bahwa pihak Bank Indonesia sudah mencanangkan sebuah gerakan baru bagi warga Indonesia. Gerakan tersebut adalah Gerakan Nasional Non-Tunai (GNNT). Gerakan ini akan dipromosikan ke beberapa kota besar di Indonesia. Dimulai pada tanggal 28 Maret 2015, tujuannya adalah agar warga Indonesia mengurangi pengggunaan uang tunai pada saat bertransaksi setiap harinya dan beralih kepada kebiasaan pembayaran non-tunai sebagai gantinya.

Sebagian besar masyarakat Indonesia menggunakan uang tunai sebagai alat pembayaran. Faktor teknis, seperti belum tersedianya mesin ATM, dan mesin EDC membuat pembayaran non tunai terkendala. Maka dari itu, pihak Bank Indonesia memberikan alternatif gerakan baru untuk merubah pola pikir masyarakat sekaligus memperbaiki faktor teknis yang menghambat penggunaan sistem non tunai di masyarakat.

Gerakan ini bertujuan mengantisipasi tingkat kriminalitas yang semakin tinggi dengan penggunaan uang tunai. Dengan beralih kepada transaksi non-tunai, kejahatan seperti pencucian uang, perampokan, pencurian dapat diminimalisir. Gerakan untuk beralih ke non-tunai ini juga dapat memperkecil tingkat peredaran uang di Indonesia. Pasalnya, peredaran uang yang tinggi akan mengakibatkan inflasi ekonomi di Indonesia. Manfaat lainnya, transaksi non-tunai dinilai mempercepat pergerakan uang sehingga lebih praktis dan efisien.

Dalam catatan Bank Indonesia, masyarakat Indonesia masih tercatat rendah dalam melakukan transaksi non-tunai dibandingkan negara-negara ASEAN lainnya. Banyak masyarakat Indonesia yang belum memiliki rekening sebagai tempat menyimpan uang, begitu pula dengan kepemilikan kartu-kartu lain sebagai alat pembayaran. Oleh karenanya, Bank Indonesia menargetkan munculnya komunitas baru yang bertransaksi menggunakan non-tunai. Salah satunya adalah komunitas yang menggunakan kartu kredit sebagai cara transaksi non-tunai.

Kartu kredit dapat dijadikan salah satu alat pembayaran non-tunai yang aman untuk digunakan. Selain aman, cara penggunaannya pun praktis. Kini penggunaan kartu kredit baru sudah lebih terjamin keamanannya karena kartu kredit sudah disertai PIN. Penerimaan kartu kredit juga mulai meluas di kalangan masyarakat Indonesia. Di berbagai kota di Indonesia, banyak toko/merchant yang sudah mulai melengkapi sistem pembayarannya dengan mesin EDC. Mari dukung gerakan ini dengan baik, dan ciptakan pola hidup dengan transaksi menggunakan non-tunai.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © 2015 Official PilihKartu.com Blog.