Mulai 2020, Kartu Kredit dan Debit Jadi Sumber Dana Transaksi dengan QR Code

Bank Indonesia diketahui telah menginstruksikan untuk membuat QR Code Indonesia Standard (QRIS). Selain menerapkan QRIS mulai 1 Januari 2020, Bank Indonesia juga menjamin bahwa nantinya kartu kredit dan debit akan menjadi sumber dana bagi transaksi pembayaran dengan menggunakan QR Code (Quick Response Code).

QR Code sebagai alat pembayaran transaksi menambah alternatif pilihan pembayaran bagi masyarakat. Beragam metode ini masih terbentur sumber dana yang digunakan. Selama ini pengembang dompet online seperti GoPay, OVO Pay, maupun Dana masih mengandalkan top-up ke dompet elektronik sebagai sumber dana dalam pembayaran dengan menggunakan QR Code.

Pemerintah berharap dengan menjadikan kartu kredit dan debit sebagai sumber dana dalam pembayaran menggunakan QR Code, nantinya akan semakin banyak masyarakat yang membayar menggunakan QR Code. QRIS sendiri saat ini sudah mulai terapkan.

Saat ini para penyedia pembayaran dengan QR memang diketahui masih menerapkan standar yang berbeda-beda. Atas dasar inilah Bank Indonesia mendesak QRIS untuk segera dibuat. QRIS akan menjadi standar bagi semua QR yang beredar di Indonesia harus mematuhi standar yang diterapkan dalam QRIS.

Dengan adanya QRIS, wisatawan asing pun bisa melakukan pembayaran transaksi di dalam negeri dengan memanfaatkan aplikasi AliPay dan WeChat. QRIS nantinya memungkinkan satu kode bisa dipakai oleh pembeli dengan dompet digital yang berbeda-beda.

Aplikasi AliPay dan WeChat yang milik asing pun nantinya harus mengikuti ketentuan di dalam negeri. Sehingga, Indonesia akan diuntungkan juga dengan beroperasinya aplikasi-aplikasi milik asing di Indonesia.

QRIS merupakan standar pembayaran QR Code yang dikeluarkan secara nasional oleh BI. Saat ini, sudah ada 41 penyelenggara jasa sistem pembayaran (PJSP) yang tergabung dengan sistem ini. Nantinya, biaya administrasi yang dikenakan ke merchant (Merchant Discount Rate/MDR) akan jauh lebih rendah ketimbang transaksi beda EDC dan beda bank alias off us di Gerbang Pembayaran Nasional (GPN).

Rencananya, MDR QRIS hanya sebesar 0,7 persen. Sementara MDR off us di EDC bank sebesar 1 persen. Namun, bila dibandingkan dengan transaksi EDC dari bank yang sama sesungguhnya lebih mahal karena hanya sebesar 0,15 persen.

Loading...

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © 2015 Official PilihKartu.com Blog.