National Payment Gateway (NPG) akan segera dibentuk di Indonesia

Rencana pemerintah untuk membentuk sistem pembayaran nasional terintegrasi atau National Payment Gateway nampaknya akan segera terealisasi. Pasalnya beberapa waktu lalu Bank Indonesia sebagai bank sentral Indonesia telah menerbitkan aturan tentang sistem pembayaran nasional terintegrasi atau biasa disebut National Payment Gateway. Bila NPG sepenuhnya terbentuk dan mulai beroperasi, maka seluruh sistem pembayaran di Indonesia akan terintegrasi secara otomatis.

Eric Sugandi selaku Chief Economist SKHA Institute for Global Competitiveness mengatakan bahwa penerapan NPG tidak hanya digunakan untuk menjamin keamanan seluruh transaksi masyarakat, tetapi lain dari itu, NPG bisa menciptakan efisiensi.

Perlu diketahui bahwa selama ini, berbagai alat pembayaran menggunakan kartu (kartu kredit, kartu debit) yang ada di Indonesai masih menggunakan jaringan dari VISA maupun Master yang basisnya di luar negeri. Sehingga keuntungan lebih banyak mengalir ke luar negeri.

Sedang NPG, ia diciptakan sebagai sistem yang mampu memproses transaksi pembayaran melalui berbagai sistem Anjungan Tunai Mandiri atau debit, uang elektronik, hingga kartu kredit. Dengan demikian, transaksi non tunai dari berbagai bank bisa dilakukan secara efisien dan dengan sendirinya akan menghemat biaya transaksi.

Lebih lanjut, menurut Eric harus ada sosialisasi mengenai NPG dari regulator kepada otoritas-otoritas yang terkait. Nantinya otoritas terkait yang akan mensosialisasikan ke pihak-pihak lainnya, perbankan juga perlu melakukan sosialisasi ke nasabah masing-masing. Sehingga NPG ini nantinya akan dikenal dengan baik hingga ke masyarakat luas.

Untuk mewujudkan NPG, pemerintah perlu membentuk lembaga standar, kemudian lembaga switching sebagai penyedia infrastruktur, serta lembaga servis yang bertugas sebagai penyedia layanan. Adanya NPG akan mengurangi ketergantungan kegiatan pembayaran nasional kepada perusahaan asing seperti VISA, Master, JCB dan semacamnya.

NPG ini nantinya akan menguntungkan perekonomian domestik karena keuntungan dari penyelenggaraan pembayaran akan dinikmati orang-orang lokal, bukan lagi asing. Maka dari itu kesiapan infrastruktur harus dimaksimalkan agar masyarakat juga percaya dengan produk dalam negeri dan mau menggunakannya.

Loading...

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © 2015 Official PilihKartu.com Blog.