Negara-Negara dengan Utang Kartu Kredit Terbanyak

Kartu kredit sudah menjadi bagian dari kehidupan manusia. Meski di Indonesia kartu kredit belum banyak yang menggunakan, tapi di negara-negara luar sana kartu kredit sudah menjadi hal yang biasa. Pola hidup terbiasa dengan hutang inilah yang perlu dipelajari lebih lanjut.

Statista melaporkan survei yang dilakukan oleh ING beberapa waktu lalu menunjukkan bahwa 1/4 rumah tangga di Eropa tidak memiliki tabungan. Bahkan ada 48% dari surveyor yang memiliki hutang.

Belanda adalah negara dengan persentase terbesar untuk kategori rumah tangga bebas hutang, yakni sebesar 59%, persentase terkecil untuk rumah tangga bebas hutang ada di Turki yakni 24% dan di Luksemburg sebesar 33%.
Jenis hutang yang paling umum di Eropa adalah berupa pinjaman pribadi dan hutang kartu kredit. Persentase tertinggi dari debitur kartu kredit tinggal di Inggris atau Rumania, yaitu masing-masing mencapai 27%. Negara lain dengan persentase pengguna kartu kredit yang cukup banyak adalah Polandia 18%, Spanyol 17%, Belgia 14%, Luksemburg 14%, Czechia 13%, Italia 10%, Prancis 7%, dan Austria 6%.

Sementara itu masyarakat di Belanda dan Jerman memiliki persentase hutang kartu kreit yang lebih sedikit, yaitu hanya sekitar 5%. Meski demikian, tidak berarti bahwa orang-orang di Jerman dan Belanda tidak memiliki utang apapun. Meskipun utang kartu kredit relatif jarang terjadi, 13% orang di Belanda memiliki pinjaman pribadi atau utang overdraft. Sedangkan lebih dari 20% orang Jerman memiliki pinjaman pribadi yang cukup besar.

Pinjaman overdraft kurang lebih bisa diibaratkan sebagai pinjaman untuk kebutuhan dana darurat, artinya hanya dipinjam saat benar-benar dibutuhkan dan ketika tidak dibutuhkan tidak usah dipinjam. Misalnya, A meminjam uang di bank Rp 100 juta, namun saat ini yang dibutuhkan hanya Rp 30 juta, maka yang diambil hanya Rp 30 juta saja, sisanya diambil sewaktu-waktu jika dibutuhkan.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © 2015 Official PilihKartu.com Blog.