Pedagang Pasar akan Bisa ‘Kulakan’ Pakai Kartu Kredit

Selama ini syarat pengajuan kartu kredit terutama slip gaji memang terkesan bahwa kartu kredit adalah untuk mereka para karyawan dengan pekerjaan dan penghasilan tetap per bulannya. Tapi kini, pemerintah mulai memikirkan agar para pedagang pasar juga dibekali dengan kartu kredit untuk kegiatan dagang mereka.

Tapi, kartu kredit untuk pedagang pasar ini tentu tidak akan sama seperti kartu kredit reguler terbitan bank-bank multinasional Indonesia. Kartu kredit ini nantinya khusus untuk pedagang pasar yang ada di bawah pengelolaan PD Pasar Jaya.

Kredit Modal Kerja dalam Bentuk Kartu Kredit

Anggota PD Pasar Jaya akan mendapatkan kredit modal kerja dari Bank DKI dalam bentuk kartu kredit. Sebagai permulaan, kartu kredit ini nantinya akan diberikan ke 41 pasar di bawah PD Pasar Jaya. Para pedagang yang memegang kartu kredit ini dapat menggunakannya untuk membeli barang modal atau biasa disebut ‘kulakan’.

Sebagai kelanjutan dari rencana ini, pihak PD Pasar Jaya dan Bank DKI tengah membicarakan perihal skema pembiayaan serta bunga kredit. Meski masih begitu, Direktur PD Pasar Jaya Arief Nasrudin menuturkan bahwa dalam pertemuan terakhir dengan pihak Bank DKI, bunga awal yang disepakati adalah 8,5%.

Baca juga:

Tapi, nantinya bila debitur semakin bertambah, kemungkinan bunga bisa diturunkan lagi. Target awal peserta kartu kredit untuk pedagang pasar ini adalah 41 pasar, dengan target total mencakup 152 pasar yang ada di bawah PD Pasar Jaya.

Dengan skema pembiayaan berupa kartu kredit, saldo berupa modal usaha yang bisa digunakan untuk membeli dagangan yang didistribusikan PD Pasar Jaya. Nantinya pedagang bisa melakukan isi ulang (top up) kartu kredit, sekaligus mengangsur cicilan kartu kredit secara berkala.

Bentuk seperti kartu kredit, bunga dengan sistem bunga UKM

Kartu kredit ini nanti bentuknya akan seperti kartu kredit pada umumnya, pedagang dapat membayar sesuai jatuh tempo sama seperti yang ada pada kartu kredit, tetapi dengan bunga yang tidak sama dengan yang ada kartu kredit. Bunga pada kartu kredit untuk pedagang pasar ini akan seperti bunga pada UKM.

PD Pasar Jaya sendiri akan mendistribusikan 7 komoditas berdasarkan harga acuan yang ditetapkan pemerintah, sehingga masyarakat dapat memperoleh barang dengan harga yang terjangkau, tetapi pedagang tetap bisa diuntungkan dengan kegiatan jual beli yang ada.

Baca juga:

PD Pasar Jaya nantinya berharap pendistribusian 9 barang pokok dari PD Pasar Jaya ke pedagang melalui fasilitas kartu kredit ini dapat berjalan di tahun 2017 nanti.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © 2015 Official PilihKartu.com Blog.