Pembayaran Tagihan Kartu Kredit Melalui Debit Langsung

Pembaca pilihkartu.com, baik sebagai pemegang kartu kredit maupun yang belum memiliki kartu kredit, sudahkah mengetahui cara-cara pembayaran tagihan kartu kredit? Sebelumnya pilihkartu.com pernah mengulas mengenai cara-cara pembayaran kartu kredit di artikel 5 CARA PEMBAYARAN TAGIHAN KARTU KREDIT. 5 cara pembayaran tagihan tersebut di antaranya adalah pembayaran secara tunai di bank penerbit kartu kredit secara langsung, e-banking, ATM, e-channel, dan Autodebet (debit langsung).

Khusus kali ini kami akan mengulas lebih jauh mengenai metode pembayaran tagihan kartu kredit melalui fasilitas debit langsung.

Apa sih debit langsung itu?

Debit langsung sering kita kenal dengan direct debit. Menurut kamusbisnis.com, direct debit adalah pembayaran elektronik yang dibuat langsung dari rekening bank, biasanya pada tanggal yang telah ditentukan. Intinya, debit langsung ini memungkinkan pihak bank untuk menarik sejumlah dana dari rekening anda guna pembayaran berbagai tagihan. Tentunya pihak bank melakukan penarikan dana ini sesuai dengan kesepakatan yang telah anda buat dengan pihak bank, secara umum memuat tujuan pembayaran, tanggal pembayaran, dan nominalnya.

Selain itu, fasilitas debit langsung ini bisa digunakan untuk berbagai macam pembayaran, seperti cicilan pembelian barang, pembayaran telpon, listrik, dan salah satunya tentu pembayaran tagihan kartu kredit.

Kemudian, bagaimana cara mengatur pembayaran tagihan kartu kredit ke sistem debit langsung?

Perlu diketahui, sistem debit langsung bisa dilakukan jika bank penerbit kartu kredit anda sama dengan rekening bank tempat anda menyimpan uang. Misalkan kartu kredit bank anda adalah Mandiri, maka rekening bank untuk mendaftar debit langsung juga Mandiri. Untuk mengatur pembayaran tagihan kartu kredit anda ke sistem debit langsung, anda tinggal menghubungi pihak bank penyedia rekening anda. Customer service pihak bank akan dengan senang hati membantu segala keperluan anda.

Dibanding 4 metode lainnya, sistem debit langsung lebih praktis dan mudah. Karena tersistem secara otomatis, maka anda tidak perlu khawatir lupa sehingga terlambat membayar tagihan kartu kredit. Dengan sistem debit langsung, pihak bank akan secara otomatis menarik sejumlah dana pada rekening anda untuk melunasi tagihan kartu kredit anda setiap bulannya.

Akan tetapi, dibalik segala kemudahan, sering tersimpan batu yang membuat anda tersandung jatuh. Begitupula dengan sistem debit langsung, segala kemudahan dan kepraktisan pembayaran akan sia-sia jika anda ‘lepas tangan’ sepenuhnya. Anda tetap harus mengawasi catatan pengeluaran anda, cocokkan jumlah tagihan kartu kredit dengan nominal debit langsung yang dilakukan pihak bank. Biar bagaimanapun sempurnanya sebuah sistem, cacat atau kelalaian bisa saja terjadi. Segera hubungi pihak bank jika terjadi kekeliruan atau ketidakcocokan data.

Perkaya pengetahuan anda mengenai kartu kredit hanya di pilihkartu.com. Baca juga TIPS MENGHINDARI KARTU KREDIT MACET.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © 2015 Official PilihKartu.com Blog.