4 Pembobol Kartu Kredit Dibekuk di Palembang

Sebanyak 4 orang pembobol kartu kredit berhasil dibekuk polisi di Palembang, Sumatera Selatan. Keempat pelaku dicurigai sebagai anggota sindikat pembobol kartu kredit di salah satu bank swasta nasional.

Modus yang digunakan para pelaku adalah dengan menggunakan jual beli data nasabah kartu kredit dari database marketing. Pertama-tama pelaku membeli database nasabah kartu kredit melalui situs database marketing.

Setelah data nasabah kartu kredit didapat, para pelaku kemudian menyeleksi manakah nasabah yang masih aktif. Setelah data nasabah yang aktif diseleksi, para pelaku kemudian menelpon customer service dari bank nasabah, kemudian berpura-pura sebagai nasabah tersebut. Pelaku kemudian meminta bank untuk mengubah nomor telepon ke nomor yang telah disiapkan pelaku, alamat email dan alamat rumah juga diganti sesuai keinginan pelaku.

Baca juga: 5 Hal yang Terjadi Bila Kamu Tak Bayar Tagihan Kartu Kredit

Pelaku juga meminta bank untuk mengirimkan kartu pengganti dengan dalih kartu lama hilang. Dengan cara begini, para pelaku kemudian menggasak limit kartu kredit korban dengan berbelanja offline dan online.

Inisial keempat tersangka yang berasal dari Sumatera Selatan ini antara lain MN, AS, AN, dan RP. Penangkapan keempatnya oleh Kepolisian berawal dari adanya laporan pembobolan kartu kredit nasabah bank swasta pada bulan Januari 2018 yang masuk tim Opsnal Unit 2 Subdit Jatanras Direktorat Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya.

Tim Opsnal dan informasi teknologi (IT) Unit 2 Jatanras Ditreskrimum Polda Metro Jaya pimpinan Komisaris Polisi Ari Cahya menyelidiki kejahatan tersebut. Adapun yang pertama ditangkap adalah AS dan NM. Keempatnya memiliki tugas masing-masing dalam menjalankan aksinya. AN dan RP bertugas membeli data nasabah kartu kredit di situs database marketing. NM bertugas menelepon bank dan meminta pengubahan data.

Baca juga: Bayar Tagihan Kartu Kredit Sebelum Tanggal Cetak

Melalui aksi pembobolan kartu kredit tersebut, para pelaku pembobol kartu kredit tersebut berhasil meraup keuntungan hingga ratusan juta rupiah. Pelaku berhasil membobol kartu kredit dari 20 nasabah bank dengan menggunakan 78 nomor telepon selular untuk menghubungi bank.

Dari rumah tersangka AS di Perumahan Bukit Sejahtera Polygon Blok CY 21 Palembang Sumatera Selatan, polisi menyita 10-unit telepon seluler, kartu kredit, buku tabungan, uang tunai 3 juta dan sepucuk senjata api rakitan jenis revolver dengan 4 butir peluru kaliber 55,6 mm.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © 2015 Official PilihKartu.com Blog.