Pencuri Tertangkap karena Bertransaksi Pakai Kartu Kredit

Seorang pencuri berhasil dibekuk polisi lantaran menggunakan kartu kredit hasil curian untuk bertransaksi. Cerita bermula ketika YD (35) menggunakan kartu kredit hasil curian untuk membeli satu unit handphone.

Berawal dari Rumah Kecurian

Sebelumnya, rumah Sukamto yang berada di Jalan Angkatan, Kecamatan Tenayan Raya, Pekanbaru disambangi oleh pencuri pada tanggal 19 Maret 2017. Pencuri berhasil membawa kabur handphone, 2 unit laptop, 1 notebook, televisi 37 inchi serta dua buah kartu kredit. Dari pencurian ini, diperkirakan kerugian korban mencapai 30 juta rupiah.

SMS Bukti Transaksi dari Bank Jadi Penolong

Korban yang mendapati rumahnya dalam keadaan berantakan langsung melapor ke Polsek Tenayan Raya. Hingga keesokan harinya, korban menyampaikan kepada polisi bahwa ada transaksi atas kartu kreditnya yang dicuri. Transaksi tersebut berupa pembelian satu unit handphone di sebuah toko ponsel di Jalan Harapan Jaya. Korban mengetahui transaksi tersebut dari sms pemberitahuan oleh bank penerbit kartu kreditnya.

Baca juga: SMS Banking Kartu Kredit, Informasi Kartu Kredit dalam Genggaman

Berangkat dari informasi tersebut, polisi langsung bergerak untuk menyelidiki lokasi. Pengecekan CCTV juga dilakukan untuk mengetahui identitas pelaku. Polisi melakukan pengintaian untuk membekuk pelaku yang datang kembali ke toko untuk bertransaksi.

Pelaku transaksi dengan kartu kredit curian ternyata merupakan istri dari pelaku pencurian rumah Sukamto, yakni Izal. YD tetap dikenai pasal 480 karena melakukan pertolongan kejahatan, sementara suaminya masuk ke dalam Daftar Pencarian Orang (DPO).

Memang bahaya dari pencurian tidak pernah mengenakkan. Dari kasus ini, kartu kredit bisa menjadi petunjuk arah penyelidikan polisi dalam membongkar kasus kejahatan pencurian rumah. Kartu kredit memang rawan dicuri dan dipakai orang, tapi yang perlu diketahui, tindak kejahatan dengan kartu kredit hampir pasti dapat dibekuk polisi, sekalipun rapi kejahatan tersebut.

Tips aman berkartu kredit

Dalam menggunakan kartu kredit, pemegang kartu sebaiknya senantiasa memperhatikan tips-tips aman dalam berkartu kredit, di antaranya adalah:

  1. Menyimpan PIN dalam tempat yang aman
  2. Tidak membawa banyak kartu kredit saat bepergian (cukup seperlunya)
  3. Menjaga kerahasiaan PIN, jangan sampai orang lain tahu
  4. Selalu log out ketika bertransaksi online menggunakan kartu kredit
  5. Jaga informasi 16 digit nomor kartu kredit dan 3 digit nomor dibalik kartu

Informasi lebih lengkap mengenai tips aman dalam berkartu kredit, baca artikel Langkah Aman Berkartu Kredit.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © 2015 Official PilihKartu.com Blog.