Bayar Toll Pakai E-Money, Jasa Marga Jamin Tidak Ada PHK

Pemberlakuan e-money secara total di jalan toll menimbulkan kekhawatiran pada pihak lainnya, yakni karyawan jalan toll yang sehari-harinya menjaga gerbang toll. Dengan pemberlakuan e-money, maka penjaga gerbang tol khawatir tidak akan diperlukan lagi jasanya, hingga akhirnya para pekerja toll bersama KSPI (Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia) berencana untuk melakukan aksi demo pada bulan Oktober, November, dan Desember.

Hal sebaliknya disampaikan oleh PT Jasa Marga Tbk, pihaknya menyampaikan bahwa tidak akan ada PHK massal (pemutusan hubungan kerja secara massal) akibat adanya pemberlakuan e-money pada transaksi pembayaran tarif tol tersebut. Rencananya maksimal tanggal 31 Oktober 2017 nanti, seluruh gerbang tol yang ada diwajibkan menggunakan e-money dan tidak menerima uang tunai.

Dwimawan Heru Santoso selaku AVP Corporate Communication PT Jasa Marga, Tbk menyatakan bahwa e-money telah digunakan di tol sejak tahun 2009. Hingga tahun 2017 ini, penetrasi e-money pada jalan tol masih kecil, yakni baru 30% saja. Artinya ada potensi sebesar 70% dari e-money, baik itu potensi bisnis e-money, maupun potensi untuk membuat pembayaran tarif tol lebih cepat daripada bila masih menggunakan uang tunai.

Heru juga mengatakan bahwa selama kurun waktu 2009 hingga sekarang ini, tidak ada PHK yang dilakukan oleh PT Jasa Marga, Tbk akibat adanya e-money. Saat ini jumlah pekerja di PT Jasa Marga mencapai 9000 orang, yang tersebar di induk perusahaan hingga anak perusahaan. Angka tersebut akan terus bertambah seiring dengan adanya pembangunan jalan tol baru sepanjang 600 kilometer.

Heru menekankan pihak Jasa Marga tidak akan semena-mena dengan karyawan, terutama untuk karyawan tetap. Sementara karyawan yang tidak tetap, dikembalikan lagi ke Perjanjian Kerja Waktu Tertentu (PKWT).

Heru menambahkan, karyawan Jasa Marga yang biasanya bertugas di gerbang tol juga bisa dipindahtugaskan ke bidang lainnya, atau dipindah ke jalan tol lainnya, sesuai dengan kompetensi yang dimiliki masing-masing karyawan. Ini sebagai alternatif solusi untuk menghindari PHK massal bila gerbang tol sudah menerapkan e-money seluruhnya.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © 2015 Official PilihKartu.com Blog.