Ramadhan dan Lebaran, Transaksi Kartu Kredit Meningkat

Ramadhan dan Lebaran selalu erat kaitannya dengan transaksi keuangan yang meningkat. Dari tahun ke tahun, para praktisi finansial selalu melaporkan adanya peningkatan transaksi menggunakan kartu kredit ketika Ramadhan maupun Lebaran.

Tradisi belanja jelang lebaran memang telah mengakar kuat pada masyarakat Indonesia. Menuju hari H Lebaran, jumlah maupun nilai transaksi akan terus meningkat daripada hari-hari biasanya. Jumlah transaksi meningkat karena umumnya produsen akan menarik pelanggan sebanyak-banyak dengan memberlakukan diskon maupun promo pada produknya. Persaingan antar produsen ini memunculkan banyak promo dan diskon (Baca: PERANG DISKON MENJELANG LEBARAN DARI KARTU KREDIT). Diskon dan promo ini lantas akan mendorong konsumen untuk berbelanja tentunya.

Pihak kartu kredit memanfaatkan momen Ramadhan untuk menarik konsumen dengan promo dan diskon belanja di supermarket maupun restoran (Baca: SAMBUT LIBURAN DAN LEBARAN MATAHARI GANDENG MASTERCARD ADAKAN PROMO). Sementara mendekati hari H Lebaran, penggunaan kartu kredit lebih banyak digunakan untuk pembelian tiket pesawat maupun hotel. Beberapa kartu kredit yang memberikan promo pemesanan tiket pesawat di antaranya adalah Kartu Kredit Mandiri, CIMB Niaga, Standard Chartered, HSBC, BRI dan Bank Mega (Baca: SEMAKIN MUDAH PESAN TIKET PESAWAT MAUPUN HOTEL DENGAN KARTU KREDIT).

Sementara itu menurut Direktur Consumer Banking PT Bank Negara Indonesia Tbk (BNI) Anggoro Eko Cahyo mengatakan, menjelang Lebaran tahun 2015 ini transaksi melalui kartu kredit di bulan Ramadhan mengalami peningkatan dibanding bulan biasa, yakni sebesar 20%. Angka ini terhitung menurun dibanding tahun lalu yang mencapai 30% peningkatan di bulan Ramadhan. Di bulan Ramadhan tahun ini, nilai transaksi meningkat hingga 3 triliun.

Sudah hal yang lumrah bagi masyarakat Indonesia, untuk memakai pakaian baru, sepatu baru, hingga gadget baru saat Lebaran. Oleh karenanya, tradisi belanja ketika Ramadhan maupun jelang Lebaran, akan selalu menjadi berkah tersendiri bagi pihak-pihak terkait. Produsen dan merchant mendapat keuntungan dari penjualan produk, pihak perbankan sebagai penyedia kartu kredit diuntungkan dari transaksi kartu kredit, dan konsumen diuntungkan dengan diskon dan promo. Dengan demikian, terjadi kerjasama saling menguntungkan antara produsen, merchant, konsumen, dan penyedia kartu kredit.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © 2015 Official PilihKartu.com Blog.