Simcard Diklaim Orang Tak Dikenal, Rekening Tabungan dan Kartu Kredit Ilham Bintang Dibobol

Baru-baru ini wartawan senior Ilham Bintang mengalami kejadian yang tak mengenakkan. Rekening tabungan dan kartu kreditnya dibobol oleh orang tak dikenal. Musibah ini ternyata berawal dari pencurian simcard yang dilakukan oknum tak dikenal.

Awal mulanya, oknum tak dikenal ini mendatangi gerai provider Indosat yang berada di Gerai Indosat Bintaro Jaya Xchange dan mengaku sebagai Ilham Bintang. Oknum ini meminta penggantian simcard dengan nomor 081680XXXXX. Tak dinyana, Ilham Bintang asli yang saat itu berada di Sydney, Australia mendapati simcard Indosatnya langsung hilang sinyal.

Tak diketahui bagaimana bisa gerai provider Indosat bisa meloloskan permintaan oknum yang mengaku sebagai Ilham Bintang tersebut. Tak diketahui pula bagaimana proses verifikasi yang dilakukan sehingga bisa dilakukan permintaan penggantian simcard.

Yang jelas, akibat penggantian simcard tersebut, Ilham Bintang mengakui rugi ratusan juta rupiah. Pasalnya, oknum penipu tersebut kemudian bisa membobol rekening tabungan Ilham Bintang di Bank Commonwealth. Dari catatan, diketahui ada transaksi transfer ke 100 rekening.

Menanggapi kejadian ini, Senior Vice President Corporate Communications & Financial Inclusion Bank Commonwealth, Bayu Irawan mengaku siap membantu mengawal kasus ini hingga didapat kejelasan.

Bayu Irawan mengatakan bahwa transaksi mobile dan internet banking yang disanggah nasabah dilakukan dengan user id dan password yang telah sesuai. Sehingga, transaksi bisa dilakukan. Apalagi bank selalu mengirimkan kode OTP melalui SMS untuk setiap transaksi yang dilakukan melalui mobile banking maupun internet banking.

Ketika transaksi selesai dilakukan, bank juga mengirimkan pemberitahuan ke SMS dan ke email nasabah.

Oknum Juga Bobol Kartu Kredit BNI Ilham Bintang

Selain membobol rekening tabungan di Bank Commonwealth, ternyata oknum tersebut juga membobol kartu kredit BNI Ilham Bintang dan menggunakannya untuk transaksi. Atas aduan ini, Direktur Bisnis Konsumer Anggoro Eko Cahyo mengaku pihak Bank BNI tengah melakukan investigasi untuk kasus tersebut.

Adapun Bank BNI telah memblokir kartu kredit BNI milik Ilham Bintang. Oknum pelaku diketahui menggunakan kartu kredit BNI nya untuk 10 kali belanja.

YLKI Meminta Indosat Bertanggung Jawab

Kejadian yang menimpa Ilham Bintang menjadi momok baru bagi nasabah perbankan. Pasalnya, bukan tidak mungkin kejadian yang menimpa Ilham Bintang tersebut terjadi juga di nasabah lain. Apalagi kecerobohan Indosat dalam meloloskan oknum yang mengaku-ngaku tersebut untuk mendapatkan simcard pengganti sehingga seseorang lain mendapatkan kerugian yang tak sedikit.

Indosat tentu perlu memberikan penjelasan mengenai bagaimana bisa oknum yang tidak dikenal mengaku sebagai seseorang lain kemudian meminta penggantian simcard, dan dikabulkan?

Rekaman CCTV: Diduga Tidak Ada Verifikasi dari Petugas Indosat

Ketika seseorang ingin mengganti kartu simcardnya dengan yang baru, biasanya ada verifikasi seperti menunjukkan KTP pemegang simcard. Namun, bila dilihat dari rekaman CCTV diduga tidak ada verifikasi semacam itu yang dilakukan oleh petugas gerai Indosat.

Pihak Indosat mengaku akan bekerjasama dengan pihak-pihak terkait untuk menangani kasus Ilham Bintang tersebut.

Laporan Sudah Masuk ke Kepolisian

Atas kasus yang menimpanya tersebut, Ilham Bintang mengaku sudah memasukkan laporannya ke Polda Metro Jaya pada tanggal 17 Januari 2020. Adapun ia menduga pembobolan terjadi ketika ia berada di Sydney, Australia dalam rentang waktu 30 Desember 2019 hingga 14 Januari 2020.

Baca juga: Aman Dalam Berkartu Kredit? Lakukan 3 Kebiasaan Baik Ini!

Adapun transaksi pembobolan rekening yang mencurigakan ia dapati ada di tanggal 4, 5, dan 6 Januari 2020. Ilham mengaku tidak bisa menarik uangnya yang berada di Bank Commonwealth lantaran saldo tidak cukup. Mengetahui hal itu, ia langsung mengontak pihak bank dan mendapati ada transfer senilai ratusan juta rupiah ke rekening lain.

Bahkan, ia mengatakan bahwa ada 100 rekening yang menerima transferan dari rekeningnya. Ilham meyakini bahwa oknum ini merupakan orang yang pintar dan mengerti seluk beluk dunia perbankan karena lihainya dia beraksi.

Loading...

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © 2015 Official PilihKartu.com Blog.