Sampai di Kuartal III 2017, Citibank Indonesia Kantongi Laba Bersih Rp 2 triliun

Citibank Indonesia mencatat pertumbuhan yang flat alias peningkatan yang tidak terlalu signifikan. Pada kuartal III tahun 2017 ini, Citibank Indonesia membukukan laba bersih sebesar Rp2 triliun, sementara tahun lalu dengan periode yang sama, laba bersih yang mereka raup adalah Rp1,9 triliun.

Salah satu penopang pertumbuhan tersebut adalah karena naiknya pendapatan bunga bersih menjadi Rp 3.3 triliun. Adapun komposisi dari pendapatan bunga bersih terdiri dari institutional banking sebesar 53% dan consumer banking sebesar 47%.

Meski terhitung flat, pihak Citibank Indonesia mengaku puas dengan performa raihan laba bersih Rp 2 triliun tersebut. Selain mencatat pertumbuhan laba bersih, Citibank juga mencatat penyaluran kredit tumbuh tipis sebesar 2,1% atau senilai Rp 40 triliun. Ini akibat merosotnya pembiayaan komersial hingga 23% serta permintaan kartu kredit yang cenderung jalan ditempat.

Namun, di atas itu semua, Citibank patut berbangga karena mereka mencatat kondisi lebih baik di sisi rasio kredit bermasalah (non-performing loan/NPL). Di kuartal III 2017 ini NPL gross mereka tercatat sebesar 1,92% sementara NPL net tercatat 0,63%. Ini lebih baik daripada tahun lalu dimana NPL lebih tinggi yakni NPL gross sebesar 2,91% dan NPL net sebesar 1,12%.

Dengan keberhasilan menjaga NPL di titik aman, Citibank terus berkomitmen untuk terus menjaga kualitas kredit dengan terus berpedoman pada prinsip kehati-hatian. Kemudian, Dana Pihak Ketiga (DPK) perusahaan tumbuh 4,2% atau sebesar Rp54,7 triliun dimana 70% porsi merupakan prosi giro dan tabungan. Total aset Citibank Indonesia meningkat 9,4% menjadi Rp 80,5 triliun.

Bank asal negeri Paman Sam ini memang mengincar pertumbuhan kredit 2% hingga 5% dari target awal tahun 2017 sebesar 11% hingga akhir tahun 2017. Karena banyaknya polemik mengenai kartu kredit yang terjadi, angka 11% direvisi menjadi 2 hingga 5% saja hingga akhir tahun 2017 nanti.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © 2015 Official PilihKartu.com Blog.