Satelit Telkom I Sudah Pulih, ATM Sudah Normal Kembali

PT Telkom Indonesia Tbk mengumumkan bahwa perbaikan satelit Telkom-1 sudah kembali normal dan kini penggunaan layanan perbankan berupa ATM (Anjungan Tunai Mandiri) sudah bisa digunakan. Meski begitu, pihak perseroan mengakui masih harus melalui beberapa tahapan teknis yakni pengisian uang pada sejumlah mesin.

Perbaikan satelit Telkom-1 telah selesai dini hari tadi, sehingga mulai hari ini seluruh layanan ATM sudah bisa digunakan kembali. Terutama ATM untuk semua pelanggan satelit Telkom-1 berupa perbankan plat merah, seperti PT Bank Mandiri (Persero) Tbk, PT Bank Negara Indoensia (Persero) Tbk, PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk, serta PT Bank Tabungan Negara (Persero) telah berjalan normal.

Meski satelit Telkom-1 baru dinyatakan pulih dini hari tadi, tapi beberapa perbankan mengklaim layanan ATM nya telah pulih sejak tanggal 7 September 2017. Beberapa bank tersebut antara lain Bank Mandiri, Bank BRI, Bank BNI dan Bank BTN. Hanya tinggal Bank BCA yang memerlukan perpanjangan tahapan teknis yakni pengisian uang di sejumlah ATM.

Proses tersebut memakan waktu paling lama hingga hari ini, sehingga dipastikan mulai hari ini semua layanan ATM perbankan yang menggunakan satelit Telkom-1 sudah bisa beroperasi seperti sedia kala. Pelanggan bisa kembali menggunakan layanan ATM dimanapun mereka berada.

Atas layanan ATM yang terganggu, sejak 10 September 2017, Bank BCA menggratiskan biaya tarik tunai. Teknis bebas biaya tarik tunai ini sedikit berbeda, pasalnya ketika transaksi tarik tunai, kartu BCA milik pelanggan akan tetap terpotong. Tapi, jangan khawatir karena di akhir bulan nanti biaya tersebut akan dikreditkan kembali ke kartu BCA nasabah.

BCA sendiri mencatat ada 1648 jaringan ATM miliknya yang telah beroperasi normal sejak pekan lalu, akan tetapi ada sebanyak 5700 ATM yang mengalami kerusakan mesin.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © 2015 Official PilihKartu.com Blog.