Seperti Kartu Kredit, Kartu ATM dan Debit akan Diwajibkan Memakai Chip

Mulai tahun depan, sistem chip pada kartu kredit akan diwajibkan juga pada kartu ATM dan kartu Debit. Selama ini, bentuk fisik kartu kredit dan kartu debit/ATM sedikit berbeda, terutama di bagian chip yang hanya terpasang pada kartu kredit saja.

Sebelumnya, kartu kredit pun tidak terpasang chip di tampilan fisiknya, persis sama dengan kartu ATM/debit. Namun, di tahun-tahun belakangan ini kartu kredit mulai dipasangi chip untuk alasan keamanan.

Baca juga: Perbedaan Kartu Debit dan Kartu Kredit

Teknologi chip memang dikenal lebih aman daripada teknologi magnetic stripe yang dinilai mudah untuk dibobol orang data-data di dalamnya, sementara chip tidak demikian.

Untuk itu, pemerintah melalui BI (Bank Indonesia) juga berencana untuk menerapkan hal serupa pada kartu ATM/debit. Rencana ini akan dijadwalkan untuk direalisasikan mulai tahun 2017 hingga maksimal tahun 2022 mendatang.

Rencana penerapan chip dalam kartu debit dan ATM ini merupakan bagian dari program National Standard Indonesia Chip Card Specification (NSICCS). Tetapi, dari keseluruhan bank yang ada di Indonesia, baru 22% saja yang telah mampu memproses transaksi kartu yang menggunakan chip.

Baca juga: MasterCard Safety Net, ‘Kartu Kredit Anti Hacker’ dari MasterCard

Sejauh ini ada 10 bank yang telah disurvei oleh BI dan 7 diantaranya telah menyelesaikan proses upgrade host dan backend system. Tujuh bank tersebut adalah Mandiri, BRI, BCA, BNI, Permata, CIMB Niaga dan Bank Panin.

Dari sisi mesin EDC (Electronic Data Capture), hampir 100% telah mampu menerima dan memproses transaksi menggunakan kartu debit dengan teknologi chip terpasang. Sementara itu, baru sekitar 80% mesin ATM yang mampu memproses kartu debit dengan chip.

Sementara itu, BI telah menyusun tahapan untuk program penerapan chip pada kartu debit dan ATM, secara detil seperti di bawah ini:

  • Tahun 2019, pengalihan 30% kartu debit magnetic stripe ke kartu debit chip.
  • Tahun 2020, mulai Januari 2020 50% kartu kredit sudah terpasang chip.

Sejalan dengan program migrasi kartu debit/ATM magnetic stripe ke chip, perubahan ini akan dibarengi dengan penerapan 6 digit PIN layaknya pada kartu kredit. Enam digit PIN dinilai lebih aman daripada PIN 4 digit, dimana beberapa bank masih menerapkan PIN 4 digit.

Loading...

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © 2015 Official PilihKartu.com Blog.