Tahun Baru, BNI Akan Luncurkan Kartu Kredit Contactless, Tinggal Tap ke Mesin!

Tahun baru, BNI akan membuka lembaran baru dengan rencana meluncurkan kartu kredit contactless (minim kontak). Kartu kredit tersebut rencananya tidak hanya bisa digesek tapi juga bisa di-tap ke mesin saja.

Rencana peluncuran kartu kredit contactless tersebut diungkapkan oleh Kepala Divisi Kartu Kredit BNI Okki Rushartamo. Ia mengatakan bahwa teknologi pada kartu kredit contactless memungkinkan kartu tidak perlu lagi digesek di EDC, tapi bisa di-tap ke mesin.

Kartu Kredit Contactless, Bukan Barang Baru

Meski begitu, Okki mengakui bahwa kartu kredit contactless pada dasarnya mirip dengan kartu kredit biasa. Hanya saja ia ditambahkan teknologi lain sehingga ia bisa digesek dan dicolok ke mesin EDC. Serta sekarang bisa di-tap ke mesin.

Teknologi tersebut bukanlah teknologi baru di dunia perbankan. Beberapa negara lain sudah memiliki kartu kredit dengan teknologi semacam itu, misalnya Singapura dan Australia. Para penggemar belanja dengan kartu kredit akan lebih mudah menggunakan kartu kredit yang bisa di-tap. Pengguna transportasi juga bisa dimudahkan dengan teknologi tap itu.

Sudah Pernah Dicoba, Belum Maksimal

Meski bukan barang baru, nyatanya bank lain pernah mencoba peruntungan kartu kredit contactless di Indonesia . Tapi belum mendapat penerimaan yang maksimal. Menurut Okki ini dikarenakan lemahnya edukasi tentang penerapan kartu kredit contactless tersebut.

Maka dari itu, Bank BNI juga akan berusaha keras untuk meningkatkan tingkat aseptansi kartu kredit BNI di EDC. Adapun kartu kredit BNI Contactless ini direncanakan untuk dapat dinikmati nasabah mulai kuartal I 2019. Dari segi infrastruktur, BNI terbilang kuat dengan jumlah mesin EDC yang tersebar mencapai 190.000 lebih.

Baca juga: Cara Menaikkan Limit Kartu Kredit BNI

Di tahun sebelumnya, Bank BNI diketahui meluncurkan beberapa produk layanan berbasis digital seperti aplikasi Yap! Aplikasi tersebut merupakan aplikasi pembayaran digital dengan menggunakan teknologi QR code.

Sebagai informasi tambahan, bisnis kartu kredit BNI sampai dengan November 2018 mencatat pertumbuhan sebesar 11%. Ini sejalan dengan target tahun lalu yakni 11%-12%. Ke depannya, BNI berencana mendongkrak transaksi kartu kredit di sektor pariwisata dan gaya hidup.

Loading...

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © 2015 Official PilihKartu.com Blog.