Tak Biasa Pakai Kartu Kredit, Obama Pernah Alami Kejadian Memalukan

Obama yang merupakan mantan Presiden Amerika Serikat, ternyata pernah mengalami kejadian memalukan dengan kartu kreditnya. Kejadian itu terjadi pada tahun 2014 di sebuah restoran yang berada di kota New York.

Ketika akan membayar transaksi di restoran tersebut, ternyata kartu kreditnya ditolak. Bahkan pihak restoran berpikiran bahwa telah terjadi tindak pemalsuan kartu kredit. Obama sempat merasa malu atas kejadian tersebut.

Untunglah mantan Ibu Negara, Michelle Obama yang kala itu ikut mendampingi Obama di restoran cukup sigap dengan mengeluarkan kartu kredit miliknya untuk membayar tagihan restoran. Kejadian tersebut menjadi pengalaman berharga untuk Obama bahwa perlindungan konsumen itu penting.

Ada sekitar 100 juta rakyat Amerika yang menjadi korban pencurian identitas pada tahun 2013. Ini termasuk pelanggaran keamanan tingkat tinggi di pertokoan seperti Target dan Home Depot. Bahkan Obama juga turut menjadi korban pencurian identitas.

Mantan presiden Amerika tersebut mendapatkan pemasukan sebesar 5 milyar rupiah setiap tahunnya, yang merupakan gajinya sebagai presiden. Gaji tersebut belum termasuk tambahan biaya 600 juta untuk berbagai pengeluaran lainnya.

Waspadai Pencurian Identitas

Pencurian identitas merupakan kejahatan siber (cyber-crime). Di negara-negara Barat yang mayoritas penduduknya menggunakan alat pembayaran kartu saat bertransaksi, maka data pribadi sangat penting untuk dijaga kerahasiaannya.

Ada beragam kejahatan siber di dunia kartu kredit yang bermula dari pencurian identitas. Pencuri yang lihai akan dengan mudahnya mendapatkan data pribadi anda melalui berbagai cara, bisa telepon dengan mengaku-ngaku pihak bank, menawarkan promo, atau bahkan mereka yang mengerti dunia internet akan mendapatkan data dengan mencurinya.

Baca juga: Waspadai Pencurian Data Pribadi dengan Hal-Hal Ini

Data tersebut bisa digunakan untuk membuat kartu kredit palsu atas nama anda dan kemudian mereka akan menggunakannya untuk transaksi pribadi, sementara tagihan akan masuk atas nama anda. Tentu ini merugikan sekali. Beberapa yang sadar akan segera melapor ke polisi dan meminta untuk mengusutnya. Beberapa berhasil ditangkap, beberapa mungkin tidak.

Maka dari itu, penting untuk menjaga kerahasiaan data pribadi anda. Jangan pernah mengungkapkan data pribadi anda dengan mudah.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © 2015 Official PilihKartu.com Blog.