Mengenal Teknologi NFC dalam Perbankan

Pernahkah sobat Pilihkartu mendengar istilah NFC? NFC merupakan singkatan dari Near Field Communication. Teknologi NFC dewasa ini makin sering kita dengar karena makin sering digunakan, misalnya dalam telepon pintar (smartphone) dan perbankan.

Penggunaan teknologi NFC dalam dunia perbankan misalnya dalam kartu-kartu e-money seperti BCA Flazz, BRI Brizzi, BNI TapCash, Mandiri E-Money dan E-toll, dan masih banyak lagi lainnya. Seperti apakah penggunaan teknologi NFC di Indonesia selama ini?

Perbanas (Perhimpunan Bank Nasional) berharap Indonesia dapat mengembangkan teknologi NFC secara optimal, terutama untuk fasilitas pengisian ulang (top up) saldo e-money melalui aplikasi perbankan.

Selama ini, baru BCA Flazz Card yang mengadopsi teknologi NFC dalam aplikasi mobile banking-nya. Kurang lebihnya, bagi nasabah yang memegang smartphone berteknologi NFC, maka untuk urusan top up saldo e-money BCA Flazz, nasabah tinggal menempelkan kartu ke smartphone, dan smartphone akan langsung membaca informasi kartu BCA Flazz tersebut.

Lalu, untuk urusan top up juga mudah, karena melalui aplikasi BCA Mobile bisa dilakukan dengan hitungan detik. Bayangkan betapa cepatnya transaksi keuangan di masa depan. Urusan perbankan bisa dengan mudah terintegrasi ke smartphone.

Sayangnya, teknologi NFC kurang begitu populer di Indonesia meskipun kemunculannya sudah sejak beberapa tahun lalu. Sehingga, ponsel-ponsel pintar yang beredar di Indonesia jarang sekali yang mengadopsi teknologi NFC. Meski begitu, bagi ponsel pintar yang tak tertanam chip NFC bisa menggunakan chip eksternal, yaitu NFC tag.

Padahal, kalau mau mengembangkan NFC, maka para pengguna e-money tak perlu lagi mengunjungi merchant (indomaret/alfamaret) untuk top up e-money. Pasalnya, NFC memungkinkan top up yang lebih cepat dan mudah melalui aplikasi M-banking.

Nampaknya, penggunaan NFC di Indonesia masih terkendala promosi dan sosialisasi ke masyarakat. Selain itu, keamanan juga masih diragukan bagi sebagian masyarakat. Ditakutkan teknologi NFC justru akan membuat pencuri lebih mudah dalam mencuri uang-uang dalam rekening.

Sekarang setelah tol trans jawa telah tersambung, dan pemberlakuan wajib transaksi non-tunai di gerbang tol rasanya sudah saatnya perbankan Indonesia menggarap serius teknologi NFC. Tentunya setelah proses top up menjadi lebih cepat dengan NFC, maka transaksi di gerbang tol pun menjadi lebih cepat juga.

Bank CIMB Niaga menyatakan bahwa perusahaan mereka telah memiliki kapasitas untuk melayani transaksi pembayaran di gerbang tol dengan menggunakan teknologi NFC. CIMB Niaga mengakui bahwa transaksi tersebut bisa menjadi sumber pendapatan yang potensial bagi perusahaan.

Lani Darmawan selaku Direktur Konsumer Bank CIMB berharap agar transaksi pembayaran di gerbang tol mencontoh sistem EDC yang ada di toko-toko, dimana mesin tersebut bisa membaca setiap kartu. Harapannya cukup dengan satu mesin yang bisa membaca mesin NFC dari manapun.

Loading...

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © 2015 Official PilihKartu.com Blog.