Tergiur Penambahan Limit Kartu Kredit, Warga Gowa Ini Malah Ketipu

Seorang pengusaha warga Gowa berinisial ES (34 tahun) melaporkan kasus penipuan kartu kredit yang menimpa dirinya sendiri. ES mengaku telah ditipu oleh seseorang via telepon, yang menyebabkan ia menderita kerugian karena kartu kreditnya dibobol orang tersebut.

Awal mulanya, ia menerima telepon dari seseorang yang tidak dikenal pada hari Sabtu 29 Juni 2019, sekitar pukul 09.45 WITA. Si penelepon mengaku sebagai Customer Service kartu kredit dari PT Bank Negara Indonesia (Bank BNI). Adapun nomor si penelpon adalah 0214710539.

Si penelpon menawarkan penambahan limit kartu kredit kepada korban. Syaratnya, korban harus menyebutkan data-data dari kartu kreditnya dengan lebih detail dan lengkap. Korban tidak curiga sama sekali karena si penelpon sempat menyebutkan data kartu kreditnya dengan lengkap dan detail. Akhirnya korban mengatakan setuju.

Si penelpon selanjutnya meminta ES untuk menyebutkan 6 digit kode OTP yang masuk ke handphone-nya via sms. Oleh karena belum ada sms masuk, pelaku meminta korban menunggu 1 menit. Sekira pukul 09.59 WITA, pelaku kembali menelpon untuk menanyakan apakah sudah ada sms masuk atau belum. Korban mengaku belum menerima sms dan pelaku kembali meminta menunggu 1 menit.

Penelpon mengatakan ada gangguan jaringan dari sitem BNI dan menutup telepon. Pelaku kembali menelpon pada pukul 10:11 WITA, dan pada saat bersamaan ada sms masuk. Korban tidak sempat membuka dan membaca sms secara detail. Apalagi si pelaku meminta korban untuk segera memberitahukan 6 digit angka tersebut.

Beberapa jam kemudian, korban menerima email notifikasi yang menyatakan bahwa ia telah melakukan transaksi kartu kredit di bukalapak.com. Tak kurang-kurang kerugian yang ia derita akibat pembobolan kartu kredit tersebut mencapai Rp 22.214.000 rupiah.

 

Korban kemudian segera melapor ke Polda Sulawesi Selatan dengan dugaan penipuan menggunakan media elektronik, Pasal 28 ayat (1) jo Pasal 45 A UU RI Nomor 19 Tahun 2016 tentang ITE atau Pasal 378 KUHP.

Loading...

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © 2015 Official PilihKartu.com Blog.