THR Belum Cair? Psst…Pakai Kartu Kredit

THR atau Tunjangan Hari Raya merupakan hak bagi setiap karyawan di Indonesia yang pemberiannya diatur oleh pemerintah. Bagi karyawan yang sudah satu tahun bekerja akan mendapatkan THR sebesar sebulan gaji penuh tanpa potongan BPJS ataupun pajak.

Menurut Kementerian Ketenagakerjaan, batas maksimal pembayaran THR karyawan adalah 7 hari sebelum Hari Raya Idul Fitri/Lebaran. Beberapa perusahaan bahkan sudah ada yang mencairkan THR di 14 hari sebelum Hari Raya Idul Fitri.

Lalu bagaimana dengan pegawai yang belum juga menerima THR nya karena perusahaan belum membayarkan?

Pegawai yang THR nya yang belum cair tentu lumayan menyulitkan. Apalagi kebutuhan belanja Lebaran sudah semakin mendesak, supermarket-supermarket dengan promonya kian hari kian dipadati pengunjung, dan stok semakin menipis. Belum lagi keinginan membeli baju lebaran di online shop misalnya, semakin membuat getir hati.

Kebutuhan pembelian tiket mudik mungkin sudah dilakukan jauh-jauh hari, terutama untuk pembelian tiket Kereta Api atau pesawat yang membutuhkan reservasi terlebih dahulu. Akan tetapi bagi pemudik dengan menggunakan bis tentu lumayan merepotkan bila THR belum cair, atau yang mudik dengan kendaraan pribadi dan butuh menyiapkan kendaraan agar prima ketika dibawa mudik.

Kartu Kredit Bisa Menjadi Penolong Sementara

Bagi yang memiliki kartu kredit, persoalan THR yang belum cair bisa sedikit teratasi. THR sudah pasti cair, hanya mungkin memang tidak secepat yang dipikirkan. Untuk itu, penggunaan kartu kredit untuk belanja kebutuhan lebaran rasanya sah-sah saja. Toh, nantinya bila THR cair maka akan digunakan untuk membayar tagihan kartu kredit tersebut.

Dengan satu catatan, tetap konsisten bahwa uang THR akan digunakan untuk membayar tagihan kartu kredit yang dipakai untuk belanja lebaran. Jadi, di sini kartu kredit hanya merupakan alat pengganti sementara saja. Ini penting untuk dipahami karena bila tidak, maka keuangan setelah lebaran bisa menjadi kacau balau akibat tagihan kartu kredit.

Pakai Kartu Kredit Bukan Karena Tak Punya Uang Sama Sekali

Pada prinsipnya, penggunaan kartu kredit bukanlah karena kita tidak punya uang sama sekali. Penggunaan kartu kredit harus dibarengi dengan kesadaran bahwa kita punya uang untuk membayar tagihan kartu kredit ketika waktunya tiba.

Maka dari itu, untuk seorang karyawan syaratnya adalah mereka yang berstatus sebagai karyawan tetap atau telah satu tahun bekerja. Seorang karyawan tetap lebih dinilai mampu membayar tagihan kartu kredit bila dibandingkan karyawan yang masih temporer statusnya.

Untuk pengusaha lebih ketat lagi, yakni harus ada dana yang mengendap di rekening atau dilihat riwayat keluar masuk uang di rekeningnya. Bank akan bisa menilai bagaimana kebiasaan keuangan seorang pengusaha tersebut, apakah lancar atau tersendat.

Jangan Belanja Melebihi Uang THR yang Akan Diterima

Pakai atau tidak pakai kartu kredit, uang THR sebaiknya tidak dihabiskan untuk belanja kebutuhan mudik. Entah itu kebutuhan logistik, kebutuhan baju lebaran, atau kebutuhan transportasi. Khusus transportasi kami rasa sudah dianggarkan sejak lama secara terpisah karena cenderung memakan biaya paling banyak.

Baca juga: Tips Efektif dalam Mengelola THR

Uang THR sebaiknya dibelanjakan maksimal separuhnya saja, separuhnya lagi ditabung untuk kebutuhan mendadak. Bila menggunakan kartu kredit untuk belanja, maka jumlahnya disamakan, jangan melebihi separuh dari besar THR.

Nah itu dia sedikit tips untuk kamu yang THR-nya belum cair, dan sudah sangat sulit menahan diri untuk tidak belanja kebutuhan lebaran. Selamat mudik dan selamat belanja!

 

 

Loading...

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © 2015 Official PilihKartu.com Blog.