Tiga Kartu Ampuh Pengganti Uang Tunai

Tahukah Anda di jaman sekarang ini dikenal transaksi non tunai dengan menggunakan kartu berbahan plastik. Kartu-kartu ini merupakan kartu ampuh yang fungsinya menggantikan pembayaran menggunakan uang tunai.

Tiga kartu ampuh berbahan plastik yang terkenal itu adalah kartu ATM, kartu debit, dan kartu kredit. Untuk lebih jelasnya, mari kita lihat satu per satu perbedaan ketiganya:

  1. Kartu ATM

ATM dalam ‘kartu ATM’ merupakan singkatan dari Anjungan Tunai Mandiri. Tentu Anda mungkin akan salah mengira dan membayangkan mesin ATM (Automatic Teller Machine).

Kartu ATM diberikan oleh bank kepada nasabah yang membuka rekening pada bank yang bersangkutan. Kartu ATM dapat digunakan nasabah untuk tarik tunai maupun setor tunai, dengan menggunakan fasilitas mesin ATM yang terdapat di berbagai tempat.

Baca artikel lain: Punya Gaji Tetap, Tapi Masih Belum Cukup?

Tentunya, kartu ATM ini menguntungkan kedua belah pihak, pertama pihak bank karena mereka tidak perlu menambah jumlah teller untuk melayani nasabah, sedangkan ke dua yaitu pihak nasabah karena mereka tidak perlu repot-repot antri di teller untuk tarik dan setor tunai maupun transfer.

Kartu ATM kini telah berkembang luas lingkup pelayanannya meliputi pembayaran tagihan air, listrik, telepon, beli pulsa, dan lain-lain. Bahkan kini, kartu ATM bisa juga digunakan layaknya kartu debit, seperti menggunakannya untuk berbelanja atau membayar transaksi di merchant.

  1. Kartu debit

Kartu debit merupakan kartu yang digunakan untuk belanja. Setiap kali Anda menggunakan kartu debit, saldo di dalamnya akan berkurang. Jika telah habis saldonya, Anda dapat mengisi ulang saldonya dengan melakukan top up.

Jika Anda pernah mendengar BCA Flazz atau kartu Indomaret, maka itu salah satu contoh kartu debit.

  1. Kartu kredit

Di antara ketiga kartu ampuh, kartu kredit merupakan yang paling fenomenal. Sama halnya dengan kartu debit dan kartu ATM, kartu kredit juga dapat digunakan untuk berbelanja, membayar belanjaan, bayar tagihan listrik, air, pulsa, bahkan bisa jadi modal bisnis.

Baca artikel lain: Keuntungan Kartu Kredit

Perbedaannya, ketika kita membayar berbagai macam transaksi kita dengan kartu kredit, uang di rekening kita tidak akan berkurang. Tentu saja, karena uang yang kita gunakan di kartu kredit bukanlah uang milik kita, tetapi milik bank penerbit kartu kredit.

Singkatnya, bank penerbit kartu kredit akan meminjami kita uang untuk membayar segala transaksi kita. Di akhir bulan, barulah kita mengganti semua uang yang kita ‘pinjam’ dari bank.

Lalu, di antara ketiganya, manakah yang menjadi pilihan terbaik sobat pilihkartu.com? Ketiganya sama-sama dapat menggantikan uang tunai, hanya saja masing-masing memiliki kekurangan dan kelebihan.

Baca juga: Perbedaan Kartu Kredit dan Kartu Debit

2 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © 2015 Official PilihKartu.com Blog.