Verifikasi Pembayaran Kartu Kredit, MasterCard Luncurkan “Selfie Pay”

MasterCard terus berinovasi dengan menciptakan berbagai teknologi keamanan bertransaksi, yang dikhususkan untuk seluruh nasabahnya di dunia. Seperti yang dilakukannya beberapa saat lalu, pihak MasterCard meluncurkan cara verifikasi pembayaran kartu kredit dengan teknologi “Selfie Pay” di Eropa.

Apa Itu Tekonogi Selfie Pay?

Teknologi “Selfie Pay” ini memungkinkan para pelanggan kartu kredit melakukan pembayaran dengan verifikasi foto diri atau yang biasa disebut selfi. Langkah ini digunakan untuk mengantisipasi pemalsuan data yang terjadi saat kartu kredit hilang, dan disalahgunakan pihak tak bertanggung jawab.

Teknologi “Selfie Pay” juga sebagai langkah antisipasi lupa PIN yang sering dialami pengguna kartu kredit. Pengguna tak perlu lagi mengingat nomor PIN saat bertransaksi, dan hanya perlu berselfie ria dengan ponsel pribadi.

Sebelumnya, teknologi ini telah diperkenalkan di 12 negara, termasuk Inggris, Jerman, Belgia, Swedia, dan lain sebagainya. Kini sistim pembayaran “Selfie Pay” ditargetkan akan segera diujicobakan di Amerika Serikat dan Kanada.

Setelah diuji cobakan, pihak MasterCard berjanji akan memperkenalkan teknologi ini ke seluruh dunia, termasuk Indonesia. Diperkirakan teknologi ini bisa dinikmati tahun depan. Masih sabar menanti?

Nah, Bagaimana Mekanisme Pembayaran “Selfie Pay”?

Pertama, konsumen diwajibkan untuk menginstal aplikasi bernama “identity check” yang bisa didownload dari Google Play. Namun untuk saat ini aplikasi belum tersedia, dan besar kemungkinan bisa didownload untuk Indonesia saat MasterCard melakukan peluncuran di tanah air.

Jika sudah download aplikasi ini, pengguna diwajibkan untuk melakukan foto selfie pertama kali sebagai patokan selfie berikutnya.

Selanjutnya, setiap kali pengguna melakukan pembelanjaan online, pengguna harus melakukan selfie untuk verifikasi kesamaan antara foto pertama dan foto yang baru dibidik.

Untuk menghindari pencurian dan pemalsuan data yang bisa saja dilakukan oknum, MasterCard telah mengantisipasi hal tersebut. Salah satu cara yang digunakan yakni mengharuskan pengguna berkedip selama pengambilan gambar. Hal ini sebagai langkah untuk memastikan bahwa foto merupakan wajah asli.

Bagaimana pendapat anda terkait inovasi baru ini, semakin memudahkan atau justru lebih mudah dengan menggunakan PIN?

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © 2015 Official PilihKartu.com Blog.