Waspada !! Tahun ini akan ada 260 Ribu kartu kredit di tutup

Siapa yang tak mengira bahwa kartu kredit yang selama ini selalu gencar dikampanyekan sebagai salah satu produk finansial yang akan menarik banyak keuntungan dari sisi pengguna atau pun penerbit produk ini justru rencananya tahun ini akan di adakan penarikan besar-besaran oleh pihak BI (Bank Indonesia). Hal ini disebabkan karena akan dikeluarkannya sebuah peraturan baru yang menyatakan tentang pembatasan kepemilikan kartu kredit  berdasarkan kategori usia serta pendapatan dari pengguna yang tidak memenuhi faktor ataupun syarat dalam memperoleh kartu kredit.

Salah satunya yang menjadi bahan pertimbangan dari BI mengeluarkan kebijakan ini adalah diperbolehkannya pengguna dengan usia 17 tahun memiliki kartu kredit. Padahal seseorang yang ber-usia 17 tahun itu belum memiliki penghasilan dan masih mengenyam bangku pendidikan sekolah menengah keatas (SMA). Hal itu sangat meresahkan sekali, walaupun sebenarnya mereka dapat memperoleh kartu kredit tersebut karena orang tua. Namun, hal itu tetap tidak dapat dijadikan alasan untuk seseorang yang berusia 17 tahun dapat memiliki kartu kredit.  Sehingga diperlukan adanya pembatasan dasi sisi usia pengguna.

Kemudian, dilihat dari penggunaannya banyak para pengguna atau pemiliki kartu kredit yang memanfaatkan kartu ini sebagai salah satu sarana untuk berhutang secara instan alias mudah. Hal ini cukup mendapat perhatian lebih terutama, saat pengguna mulai melakukan penggunaan limit kartu yang tidak wajar dan bahkan tidak jarang dari mereka yang kesulitan untuk membayar cicilan ataupun tagihan dari kartu kredit.

Tambahan lagi, rencananya pihak BI akan memberikan persyaratan lebih kepada pengguna kartu kredit lebih dari 2 kartu. Mereka dapat memperoleh 2 kartu kredit dengan catatan harus memiliki pendapatan lebih dari 10 Juta. Hal ini dirasa perlu untuk memperbaiki manajemen risiko yang diperoleh pihak bank penerbit.

Memang pada kenyataannya peraturan atau kabar ini masih dalam tahap pengkajian ataupun evaluasi yang lebih karena akan ada banyak pihak yang tidak akan menyetujui hal ini. Oleh karena itu, dibutuhkan seleksi yang lebih untuk memperhitungkan keuntungan dan juga kerugian yang akan didapat oleh kedua belah pihak baik dari sisi pengguna ataupun penerbit kartu kredit. Sehingga, penarikan ini belum sepenuhnya akan dilaksanakan secepatnya. Dikarenakan masih perlu studi lanjutan untuk mengetahui kendala di lapangan. Namun, tidak ada salahnya apabila Anda melakukan pengkajian ulang terhadap penggunaan kartu kredit dengan memiliki satu kartu kredit saja dengan limit yang cukup besar dibandingkan dua kartu kredit dengan limit yang kecil.

 

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © 2015 Official PilihKartu.com Blog.