Wow! Indonesia Ranking 3 di Dunia sebagai Wisatawan Digital

Wisatawan digital merujuk pada wisatawan yang menggunakan alat digital di setiap proses perjalanan mereka, baik itu sejak tahap merencanakan perjalanan, memesan tiket perjalanan serta akomodasi lain seperti hotel, serta ketika mereka melakukan perjalanan.

Nah, situs teknologi Travelport melakukan survey terhadap 11.000 responden wisatawan yang ada di seluruh dunia. Hasil survey mengejutkan karena ternyata Indonesia menduduki peringkat ke-3 di dunia sebagai negara yang wisatawannya aktif menggunakan perangkat digital untuk urusan perjalanan mereka.

Baca juga: Enaknya Kalau Punya ‘Visa/Mastercard Indonesia’

Survey yang menyasar wisatawan dengan rentang perjalanan dengan menggunakan transportasi udara minimal satu kali dalam satu tahun tersebut merekam kecenderungan wisatawan asal Indonesia dalam menggunakan perangkat digital mereka di setiap bagian proses perjalanan.

Ketika merencanakan perjalanan, wisatawan Indonesia akan melakukan penelitian terlebih dahulu. Penelitian sebelum melakukan perjalanan memang penting, misalnya penelitian akan tempat yang dituju, cuaca, berapa besar biaya untuk membuat itinerary, dsb.

Dari survey ditemukan bahwa 93% wisatawan menggunakan video dan foto yang ada di media sosial untuk merencanakan perjalanan mereka. Kemudian 71% wisatawan menggunakan metode pencarian suara/voice search, dan 84% responden menggunakan agen perjalanan profesional untuk mengkonsultasikan rencana perjalanan mereka.

Sebanyak 68 wisatawan memesan perjalanan menggunakan smartphone, kemudian 43% responden frustasi karena memesan elemen-elemen perjalanan secara terpisah. Saat melakukan perjalanan, 80% menggunakan boarding pass digital dan e-ticket karena dirasa lebih mudah.

Kemudian saat berada di tempat tujuan, sebanyak 64% wisatawan bisnis menghargai layanan concierge yang ada pada smartphone dan 83% responden menghargai kesendirian mereka selama perjalanan bisnis.

Baca juga: 5 Hal yang Bisa Jadi Lebih Mudah dengan Adanya Kartu Kredit

Dan dari hasil survey tersebut, negara dengan peringkat pertama dari segi wisatawan digital adalah India, kemudian disusul China pada peringkat kedua, dan Indonesia pada peringkat ketiga. Brasil menduduki peringkat keempat dan Arab Saudi menduduki peringkat kelima.

Survey ini menyimpulkan bahwa alat digital sangat penting dalam industri wisata mengingat banyaknya wisatawan yang bergantung pada alat digital dalam perjalanan mereka. Pihak Travelport juga mengidentifikasi adanya kebutuhan yang sangat besar bagi Industri perjalanan dan perhotelan di dunia untuk dapat beradaptasi secara terus-menerus dalam memberikan layanan yang responsif, relevan, serta tepat waktu.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © 2015 Official PilihKartu.com Blog.