Zwipe MasterCard Payment Card, Kartu Kredit yang Minim Kontak

MasterCard, sebuah jaringan kartu kredit yang mendunia, dikenal sering menelurkan sistem pembayaran digital yang inovatif. Kali ini, demi meningkatkan keamanan pembayaran melalui kartu kredit, MasterCard menciptakan kartu kredit yang contactless payment, alias minim kontak.

Bagaimanakah maksud dari contactless payment dengan merchant ini?

MasterCard dan Zwipe, sebuah perusahaan teknologi di Norwegia, mengumumkan kerjasama mereka untuk mengembangkan sebuah kartu kredit yang dipasangi sensor sidik jari.

Zwipe MasterCard Payment Card merupakan kartu kredit pertama di dunia, yang menggunakan otentikasi sidik jari. Di dalam kartu kredit, disematkan sensor biometrik dan teknologi otentikasi biometrik oleh Zwipe, yang berisi data biometrik pemegang kartu. Di dalam kartu kredit juga terkandung elemen keamanan EMV yang tersertifikasi serta aplikasi contactless MasterCard.

product-illustration-2Kartu kredit ini merupakan generasi pertama yang menyediakan kombinasi keamanan kartu kredit dengan otentikasi biometrik, dan kecepatan serta kenyamanan pembayaran yang minim kontak. Mengapa minim kontak? Karena cara kerja kartu ini memang mereduksi kemungkinan kartu kredit berpindah ke tangan lain. Ketika akan membayar transaksi, anda hanya perlu menempatkan sidik jari anda di tempat yang telah disediakan di wujud fisik kartu kredit, kemudian anda hanya perlu melambaikan kartu kredit ke terminal pembayaran di kasir. Mesin akan secara otomatis mencocokkan data sidik jari pemilik kartu, kemudian menyatakan transaksi sah.

Lagi-lagi dengan mengusung teknologi NFC (Near Field Communication) yang mampu mengenal lokasi dan keamanan biometrik sidik jari, pemegang kartu tidak perlu menyerahkan kartu kreditnya kepada kasir untuk digesek ke mesin EDC. Pemegang kartu juga tidak perlu mengetik PIN atau password, tetapi hanya perlu melambaikan kartu kredit ke mesin terminal.

Data sidik jari pemegang kartu tersimpan langsung di dalam kartu, dan bukan di database eksternal. Setelah diaktivasi dengan scan sidik jari, maka Zwipe MasterCard Payment Card telah dapat digunakan untuk membuat contactless payment.

Saat ini, Zwipe tengah mengembangkan generasi selanjutnya dari kartu kredit sidik jari ini, yakni kartu kredit yang memiliki format standar seperti kartu kredit pada umumnya dan didesain untuk dapat digunakan di seluruh terminal pembayaran. Kartu kredit generasi terbaru ini akan mengambil energi dari terminal pembayaran sehingga tidak memerlukan baterai.

Dengan adanya inovasi ini, MasterCard berkomitmen untuk selangkah di depan para pelaku kejahatan kartu kredit, dan berkomitmen untuk menyediakan pengalaman pembayaran yang mudah dan menyenangkan.

One Comment

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © 2015 Official PilihKartu.com Blog.