Kartu Kredit Banyak Positifnya!

Kartu kredit bagi sebagian masyarakat di Indonesia masih dipandang negatif. Banyaknya orang yang tergelincir dalam memakai kartu kredit hingga berakhir pada hutang yang menunggak, menjadi alasan bertambahnya stigma negatif ini.

Akan tetapi, rasanya tidak adil jika kita harus memandang negatifnya saja. Kenyataannya banyak keuntungan dari memiliki kartu kredit. Di sela kesibukannya bekerja, Anton Wijaya, seorang manajer di perusahaan swasta di Jakarta akan berbagi pengalamannya selama memiliki kartu kredit.

Pertama kali memakai kartu kredit?

“Pertama kali memiliki kartu kredit yaitu waktu SMA, waktu itu saya pakai BCA Silver dan limitnya masih kecil, sekitar 7 juta,” tutur Anton kepada Pilihkartu. “Waktu itu karena mungkin masih SMA, belum banyak kebutuhan, jadi transaksi saya menggunakan kartu kredit tidak begitu aktif, jadi belum setahun sudah saya batalkan,” kata Anton.

Kartu Kredit untuk Bisnis

Kartu kredit diciptakan untuk memudahkan urusan anda, bukan mendukung anda untuk foya-foya maupun berhedon ria. Limit yang diberlakukan oleh bank pada kartu kredit anda, bisa anda manfaatkan untuk bisnis misalnya. “Kebetulan baru-baru ini saya dapet limit yang besar dari bank, saya rencana memanfaatkan limit itu untuk bisnis,” tutur Anton. Nah, ini tentunya bermanfaat untuk anda yang pebisnis, anda bisa memanfaatkan fasilitas kredit dari bank untuk keperluan bisnis anda. Bagaimana? Tertarik bisnis pakai kartu kredit? (Baca juga: Kartu Kredit Sebagai Modal Bisnis)

Pengeluaran Lebih Terkelola

“Adanya billing circle setiap bulan membantu saya mengetahui detail transaksi saya setiap bulannya,” tutur Anton. Ya, dengan cara ini Anda bisa tahu transaksi apa yang anda lakukan selama satu bulan ke belakang karena semua telah tercatat otomatis oleh bank. “Saya lebih bisa mengatur keuangan saya karena saya tahu apa yang saya lakukan selama satu bulan itu.”

Lebih Enak Kartu Kredit daripada Debit

“Saya terbiasa mengatur keuangan saya sejak muda, saya menggunakan bank berbeda untuk terima gaji, setelah itu baru akan saya distribusikan kemana-mana. Misal untuk bayar tagihan kartu kredit berapa, bayar parkir sebulan berapa,” Tutur Anton. Menggunakan kartu debit untuk belanja kecil-kecil tentu tidak akan terkelola dengan baik dan ribet. Akan bijaksana jika anda bisa mengalokasikan sejumlah dana dari rekening debet anda untuk kartu kredit. Dengan demikian pemasukan dan pengeluaran anda akan lebih terkelola bukan?

Lalu Bagaimana soal Bunga?

“Kalau kita bayar tagihan tepat waktu, gak akan kena bunga, selama ini saya belum pernah mengalami itu,” tutur Anton. Semisal Anda selama sebulan memakai kartu kredit untuk transaksi sebesar 5 juta, maka Bank juga akan menagih sebesar 5 juta. Bunga hanya ada ketika telat membayar tagihan, jadi usahakan jangan telat.

Nah, itu dia pengalaman Anton Wijaya selama memiliki kartu kredit. Semoga bisa menjadi tambahan informasi bagi Anda pengguna kartu kredit, maupun yang belum memiliki kartu kredit. Kunjungi selalu Pilihkartu untuk informasi menarik lain seputar kartu kredit.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © 2015 Official PilihKartu.com Blog.