Kartu Kredit Sebagai Salah Satu Sumber Modal Binis

Kisah-sukses-ibu-rumah-tanggaArum Suminarsih, yang akrab disapa “Arum” ini adalah seorang ibu rumah tangga dengan dua orang anak. Tantangan demi tantangan dalam hidup memacu berbagai motivasi positif untuk menjadikan hidupnya lebih baik. Salah satunya adalah memulai bisnis dengan memanfaatkan fasilitas kartu kredit sebagai salah satu sumber modal.

Ditemui di kediamannnya di daerah Banowati Semarang, ibu dua orang anak ini memaparkan kisah perjalanan bisnis Tupperware yang Ia geluti hingga sekarang. Berikut kami rangkum hasil wawancara kami beberapa waktu lalu.

 

Bu Arum, Bagaimana kondisi kehidupan Anda sebelum memulai bisnis Tupperware ini?

Saya dulu hanya karyawan biasa yang memiliki penghasilan pas-pasan. Saat itu hidup serba kekurangan, beruntung saya dan suami sama-sama bekerja, sehingga kami masih dapat saling melengkapi dalam memenuhi kebutuhan rumah tangga sehari-hari.

Kisah-sukses-ibu-rumah-tangga

Apa motivasi terbesar dalam hidup Anda?

Saya memang tipe pemimpi. Segala sesuatu yang telah saya capai berawal dari mimpi. Mimpi-mimpi tersebut saya rencanakan dan perhitungkan dengan matang, kemudian saya kejar dengan usaha dan kerja keras. Kecintaan saya terhadap keluarga merupakan kekuatan terbesar dalam mengejar mimpi-mimpi tersebut. Dulu saya memiliki impian membeli rumah sendiri, mobil, serta memberangkatkan orang tua saya ke tanah suci. Alhamdulillah impian-impian tersebut satu per satu telah terwujud.

Sudah berapa lama Anda menjalani dunia bisnis ini?

Sudah 2 tahun. Awalnya saya ragu, saat itu persaingan dengan penyedia produk sejenis sangatlah ketat. Banyak kendala yang saya hadapi. Salah satunya adalah persoalan modal. Akhirnya muncul ide untuk memanfaatkan fasilitas yang ditawarkan berbagai bank penyedia kartu kredit.

Bagaimana cara Anda memanfaatkan kartu kredit sebagai salah satu sumber modal dalam bisnis?

Saat ini saya telah memiliki beberapa kartu kredit dengan limit transaksi yang cukup besar. Dengan kartu kredit tersebut saya dapat membeli berbagai produk untuk dijual kembali. Biasanya sebagian besar produk saya telah terjual sebelum tagihan kartu kredit jatuh tempo. Dengan metode seperti ini saya dapat memaksimalkan perputaran modal. Saat ini saya sudah mencapai level “Manager”. Dengan kemampuan yang saya miliki, saya akan terus bekerja keras agar nantinya dapat menjadi distributor tetap Tupperware.

Berapa kartu yang Anda miliki?

Ada 4 kartu yang saya miliki, dan semua saya pakai untuk modal bisnis. Saya menggunakan kartu kredit BNI, HSBC, Permata, dan Standard Chartered.

Berapa pendapatan seorang Manager Tupperware setiap bulannya? 

Saat ini pendapatan saya minimal 15 juta per bulan. Bergantung dari banyaknya produk yang saya jual. Semakin banyak produk yang terjual, maka semakin besar pendapatan saya. Dan jika saya menjadi distributor tetap, setiap bulan bisa mencapai 50 juta.

Menggunakan lebih dari satu kartu kredit dengan limit transaksi yang besar, apakah Anda tidak takut akan resiko terjerat “hutang kartu kredit”?

Tentu saja tidak. Selama ini saya menggunakan kartu kredit dengan cermat dan penuh perhitungan. Pengalaman berbisnis Tupperware selama 2 tahun memudahkan saya mengukur setiap perputaran modal pada bisnis ini. Bahkan saya juga menggunakan kartu kredit saya untuk keperluan lain seperti pembelian tiket pesawat, gadget, belanja bulanan dan barang-barang kebutuhan lain. Apalagi sekarang banyak bank penyedia kartu kredit menawarkan program cicilan 0% serta diskon menarik. Selain itu dengan kartu kredit, saya dapat bertransaksi ketika bepergian ke luar negeri tanpa harus repot membawa banyak uang cash.

Lalu, Apakah Anda berniat untuk membuat kartu kredit baru lagi?

Sementara saya menggunakan 4 dulu, ini lebih dari cukup. Juga lebih mudah untuk mengelolanya. Bayar tagihannya pun juga lebih mudah. Tapi jika ditawarin lagi dengan limit yang lebih besar, saya siap menerima.

kisah-sukses-ibu-rumah-tangga

Pengalaman Ibu Arum merupakan satu dari banyak kisah sukses menjalankan bisnis dengan memanfaatkan kartu kredit sebagai salah satu sumber modal. Jadi kita tidak perlu takut lagi akan resiko terjerat “hutang kartu kredit”. Mulai saat ini, mari kita gunakan kartu kredit dengan bijak dan cerdas dan hindari penggunaan kartu kredit untuk tujuan yang bersifat konsumtif. Dapatkan berbagai informasi pengalaman menarik pengguna kartu kredit di http://www.pilihkartu.com/blog/category/experience.

 

No Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © 2015 Official PilihKartu.com Blog.