Apakah yang Dimaksud dengan Cicilan 0%?

Dalam dunia transaksi per-kartukredit-an, kita sering melihat istilah cicilan 0%. Bahkan, kata cicilan 0% merupakan kata yang paling dicari oleh pengguna kartu kredit. Lalu apa sih sebenarnya cicilan 0% itu?

Cicilan 0% merupakan sebuah skema cicilan yang mengizinkan anda sebagai pemegang kartu kredit, untuk membeli sesuatu (barang/jasa) dengan cara mengangsur per bulan untuk melunasi total harga pembelian.

Contohnya: Jono adalah seorang karyawan dengan penghasilan per bulannya 3 juta. Ia ingin membeli motor Yamaha seharga 12 juta. Karena tidak mungkin untuk membelinya secara tunai dengan gajinya yang 3 juta, maka Jono bermaksud membelinya dengan cicilan.

 

Baca juga: Cuma Modal Kartu Kredit, Bisa Investasi?

 

Kebetulan, Jono memiliki kartu kredit BNI. Ia segera mencari toko penjual sepeda motor yang diinginkan, sekaligus yang menawarkan program cicilan 0% untuk pembelian sepeda motornya. Ternyata ada merchant yang bekerja sama dengan vendor kartu kredit BNI miliknya dan menawarkan cicilan 0% dengan tenor 12 bulan.

Dengan cara demikian, maka Jono dapat membawa pulang sepeda motor Yamaha seharga 20 juta, dan diharuskan membayar angsuran pembelian motor sebesar 1 juta per bulannya (tanpa ada tambahan bunga) selama 12 bulan.

Ini tentu berbeda dengan program kredit motor biasa, karena umumnya harga total akan jauh lebih mahal. Jadi, semisal anda membeli motor di dealer dengan pembayaran tunai 12 juta, maka jika memakai sistem kredit jatuhnya bisa lebih mahal, sekitar 14 juta.

Apa yang perlu diperhatikan dalam mekanisme cicilan 0%?

Sama seperti jenis-jenis penawaran lainnya, anda juga perlu memerhatikan mekanisme cicilan 0%. Lalu apa sajakah poin yang anda perlukan:

1. Merchant penyedia program cicilan 0%

Jika anda juga berminat dengan program cicilan 0% ini, perhatikan toko atau merchant yang menyediakan program cicilan 0%. Umumnya, merchant akan memajang produk beserta dengan keterangan cicilan 0% dan dari vendor kartu kredit yang mana. Pastikan anda mengetahui semua informasi cicilan 0% dengan jelas ya.

Selain itu, perhatikan juga masa berlaku cicilan 0%, apakah masih tersedia atau sudah expired.

2. Perhatikan syarat dan ketentuan

Setiap promo dan layanan kartu kredit pasti memiliki syarat dan ketentuan yang diberlakukan. Tak terkecuali dengan program cicilan 0%, pasti juga memiliki syarat dan ketentuan.

Tugas anda di sini adalah untuk mencermati setiap syarat dan ketentuan yang diberlakukan tersebut, dan mematuhinya. Tanyakan apakah ada biaya administrasi atau pajak yang harus ditanggung pembeli.

3. Bayar tagihan tepat waktu

Setelah dua poin di atas terpenuhi, sekarang anda perlu membayar angsuran ke kartu kredit setiap bulannya. Perhatikan berapa jumlah yang harus anda bayarkan tiap bulannya. Dan ingat, selalu membayar tagihan kartu kredit dengan tepat waktu, karena jika terlambat maka sama saja anda akan terkena bunga.


 

Baca juga: Samsung Pay, Bayar Transaksi Cukup Pakai Smartphone

 

Program cicilan 0% ini tentunya sangat menguntungkan karena harga barang yang dibeli dengan cara mengangsur tidak bertambah mahal. Akan tetapi, karena banyak sekali merchant yang menyediakan program cicilan 0% ini, jangan sampai anda terlena dan lantas membeli semua barang yang anda inginkan ya. Tetaplah rasional dan berpegang pada kebutuhan anda, bukan semata keinginan.


Komentar untuk Apakah yang Dimaksud dengan Cicilan 0%?

Related Article
Kartu kredit, hadir dalam beberapa jenis yang masi...
Sobat pilihkartu.com, selain sebagai media pembaya...