Arti di Balik Nomor Serial pada Kartu Kredit

Kartu-kartu plastik yang digunakan untuk transaksi keuangan di era modern ini, ada beberapa macam, yaitu kartu kredit, kartu debit, dan kartu ATM. Untuk anda yang telah familiar dengan transaksi melalui kartu plastik, sudahkah anda mengetahui wujud fisik kartu kredit?

Jika anda sudah berkenalan dengan kartu plastik ajaib ini, tentu anda akan menemukan deretan nomor serial di bagian muka kartu kredit, kartu debit atau pun kartu atm. Untuk kali ini, pilihkartu akan memaparkan apa sebenarnya arti di balik nomor pada kartu-kartu tersebut, terutama untuk kartu kredit.

Fungsi nomor serial pada kartu kredit

Nomor serial pada kartu kredit memegang peranan penting, yakni untuk mengidentifikasi provider kartu, bank, dan informasi akun, serta tidak ketinggalan juga, menyediakan layanan pemeriksaan keamanan.

 Beda antara Brand Kartu Kredit dan Publisher Kartu Kredit

Pittsburgh Post-Gazette, organisasi pengatur nomor serial pada kartu kredit

Pittsburgh Post-Gazette, adalah satu-satunya organisasi yang bisa menetapkan nomor serial kartu kredit, untuk jaringan-jaringan tertentu seperti Visa, MasterCard, Bank of America, atau JP Morgan Chase.

Ketika kartu digesek pada terminal EDC, terminal tersebut kemudian menggunakan pita magnetic untuk mengidentifikasi rute transaksi melalui jaringan kartu, kemudian mengenali institusi finansial yang terdaftar dalam kartu sehingga transaksi dapat diotorisasi.

Algoritma sistem Luhn

Setiap kartu, tanpa mempeduliakn jaringan kartu kredit apa atau pun bank mana, pasti mengadopsi sistem algoritam Luhn, yang mampu menentukan validitas kartu kredit. Algoritma Luhn merupakan algoritma matematikal dimana kombinasi beberapa nomor harus ditambahkan dengan nomor yang hasilnya 0.

Secara umum, digit pertama atau kedua dari sebuah kartu kredit atau kartu debit menandakan provider kartu, kemudian diikuti digit setelahnya yang menentukan mata uang yang digunakan, bank pemroses transaksi, hingga nomor akun perorangan.

Tetapi, secara lebih spesifik, beberapa jaringan beroperasi sedikit berbeda, diantaranya adalah:

1. American Express

via finance.yahoo.com

American Express menggunakan 2 digit pertama untuk mengidentifikasi diri mereka sendiri. Digit ke-3 dan ke-4 menandakan tipe kartu dan mata uang yang digunakan. 6 digit berikutnya, merepresentasikan nomor akun, sementara digit ke 12 hingga ke 14, merepresentasikan nomor kartu.

Digit terakhir merupakan digit pemeriksaan, sebuah nomor acak yang digunakan untuk melindungi dari error dan kejahatan.

2. VISA


Kartu-kartu VISA menggunakan formula yang hampir sama dengan American Express, walaupun ada sedikit perbedaan, tapi tidak banyak.

Digit pertama yang ditetapkan untuk VISA adalah angka 4. Digit ke-2 hingga ke-7 adalah nomor untuk menghubungkan VISA dengan institusi finansial.

Kemudian, nomor ke-7 hingga ke-15 (12 nomor), merupakan nomor akun, sehingga nomor terakhir pastilah nomor pemeriksaan.

3. MasterCard

via venturesafrica.com

Jika anda mengamati, maka semua kartu kredit, ataupun kartu debit mastercard, menggunakan angka 5 pada digit pertama mereka, ini adalah nomor identifikasi kartu untuk MasterCard.

Kemudian, nomor ke-2 dan ke-3, ke-2 dan ke-4, ataupun ke-2 dan ke-5, merepresentasikan nomor bank.

Diikuti setelahnya, yakni digit ke-3, 4, atau 5, hingga 15 merupakan nomor akun, sementara nomor terakhir , atau yang ke-16 merupakan digit pemeriksaan.

4. Kartu-kartu lainnya

Untuk kartu-kartu lainnya, ada pula aturan tersendiri. Contohnya saja: Discover Card yang dimulai dengan nomor 6 pada digit pertama, serta memiliki 16 digit panjangnya, sementara itu kartu petroleum dimulai dengan angka 7, dan kartu penerbangan yang dimulai dengan angka 1.

Dengan begini, anda sudah semakin mengenali kartu plastik yang anda punya bukan? Baik itu kartu kredit, kartu debit, maupun kartu ATM.


Komentar untuk Arti di Balik Nomor Serial pada Kartu Kredit

Yhiyi 04 November 2016

Artikel yang bermanfaat, ternyata ada arti dan makna dari semua seri nomor kartu kredit kirain itu nomor acak.

admin 04 November 2016

Betul, nomor seri pada kartu kredit tidak akan sama satu dengan yang lainnya :).
Related Article
Sobat pilihkartu.com, selain sebagai media pembaya...
Dalam dunia transaksi per-kartukredit-an, kita ser...
Sudah sering mengenal kartu kredit? Bahkan sudah k...