Batas Usia Minimal Memiliki Kartu Kredit

Generasi modern saat ini, nampak semakin tergiur dengan sistem pembayaran menggunakan kartu. Buktinya adalah dengan semakin banyaknya jumlah aplikan kartu kredit, yang sekaligus juga menandakan semakin banyaknya jumlah peminat kartu kredit.

Semakin banyaknya jumlah aplikan kartu kredit, menandakan juga semakin dirasanya kemanfaatan dari kartu kredit itu sendiri. Jika sudah demikian, timbullah pertanyaan, siapa sajakah yang berhak memiliki kartu kredit? Apakah mereka yang berstatus karyawan, pegawai negeri, pelajar, wiraswasta, atau ibu rumah tangga, berhak memiliki kartu kredit?

Lalu, sebenarnya berapakah usia minimal memiliki kartu kredit?

Untuk menjawab pertanyaan ini, mari kita melihat panduan kartu kredit. Pada umumnya, bank penerbit kartu kredit memberlakukan beberapa syarat utama untuk pengajuan kartu kredit, di antaranya adalah:

Persyaratan Keterangan
Penghasilan minimum setahun Rp 36 juta
Usia minimum pemegang kartu utama 21 tahun
Usia minimum pemegang kartu tambahan 17 tahun
Usia maksimum* 65 tahun

Dari tabel di atas, dapat kita ketahui bahwa batas usia untuk memiliki kartu kredit adalah 21 tahun. Artinya, usia 21 tahun adalah usia MINIMUM Anda diperbolehkan mengajukan aplikasi kartu kredit.

Saya berusia 21 tahun dan masih mahasiswa, apakah boleh mengajukan kartu kredit?

Tidak, biarpun Anda telah berusia 21 tahun tetapi status Anda masih mahasiswa, dan tidak memiliki pekerjaan dengan penghasilan tetap, maka Anda tidak dapat mengajukan kartu kredit. Untuk lebih jelasnya, lihat syarat pengajuan kartu kredit.

Saya belum berusia 21 tahun, tetapi sudah bekerja dan berpenghasilan tetap, apakah boleh mengajukan aplikasi kartu kredit?

Tidak, Anda tidak dapat mengajukan aplikasi kartu kredit jika usia Anda di bawah 21 tahun, meskipun Anda telah bekerja dan berpenghasilan tetap.

Saya berusia 21 tahun, masih mahasiswa, tetapi saya memiliki usaha, apakah bisa mengajukan kartu kredit?

Ya, Anda dapat mengajukan aplikasi kartu kredit dengan syarat, usaha yang Anda geluti memiliki Surat Izin Usaha Perdagangan atau SIUP. Surat ini nantinya akan dilampirkan untuk syarat pengajuan ke pihak bank penerbit kartu kredit.

Saya berusia 21 tahun, telah bekerja dan berpenghasilan tetap, tetapi gaji saya di bawah 3 juta, apakah bisa mengajukan permohonan kartu kredit?

Tidak, menurut peraturan dari BI, syarat gaji minimal pengajuan aplikasi kartu kredit adalah 3 juta/bulan atau sama dengan 36 juta per tahun.

Saya berusia 17 tahun, apakah bisa mengajukan kartu kredit?

Tidak, Anda tidak dapat mengajukan aplikasi kartu kredit, tetapi Anda diperbolehkan memiliki kartu kredit tambahan. Kartu kredit tambahan boleh diajukan oleh pemegang kartu kredit utama. Pemegang kartu kredit utama adalah orang yang berhak mengajukan aplikasi kartu kredit, dan telah memenuhi semua syarat pengajuan kartu kredit yang diberlakukan oleh bank penerbit kartu kredit.

Saya seorang pelajar sekolah menengah, apakah diperbolehkan mengajukan kartu kredit?

Jika Anda seorang pelajar sekolah menengah, dan tidak memenuhi persyaratan usia minimal maupun penghasilan minimal, maka Anda tidak dapat mengajukan aplikasi kartu kredit. Meskipun begitu, Anda dapat memiliki kartu kredit tambahan dari orang tua Anda dengan syarat usia Anda telah 17 tahun.


Komentar untuk Batas Usia Minimal Memiliki Kartu Kredit

Gikon 14 November 2016

Nice info

Agnes 14 November 2016

Informasi yang berguna, artikel nya bagus, saya suka dengan artikel yang ada di pilihkartu.com semoga kedepan artikel selalu bermutu

admin 14 November 2016

Terima kasih. Selalu baca update terbaru tips kartu kredit di Pilihkartu ya.

Joko 14 November 2016

Awalnya pengen buat, setelah membaca artikel ini umur ku ternyata belum mencukupi, ya sabar dlu nunggu 1 tahun lagi baru ajuin kartu kredit. jika pengen ngajuin apakah disini bisa min?

admin 14 November 2016

Wah iya, usia masih 20 tahun ya...sabar 1 tahun lagi ya, nanti kamu bisa ngajuin kartu kredit via online di Pilihkartu.

Sasani 14 November 2016

Nice info

Nulia putri 10 November 2016

pengen buat tapi umur belum mencukupi, klo misalnya kita menggunakan identitas kluarga gak apa2 min?

admin 10 November 2016

Hai Nulia,

Kalau begitu, nantinya keluarga kamu yang bikin, misal ayah atau ibu, nanti kamu bisa minta kartu kredit tambahannya :).

Related Article
Pernahkah anda bertanya, apakah sebenarnya perbeda...