Batas Usia Minimal Memiliki Kartu Kredit Rating : 5/5 (9)

Generasi modern saat ini, nampak semakin tergiur dengan sistem pembayaran menggunakan kartu. Buktinya adalah dengan semakin banyaknya jumlah aplikan kartu kredit, yang sekaligus juga menandakan semakin banyaknya jumlah peminat kartu kredit.

Semakin banyaknya jumlah aplikan kartu kredit, menandakan juga semakin dirasanya kemanfaatan dari kartu kredit itu sendiri. Jika sudah demikian, timbullah pertanyaan, siapa sajakah yang berhak memiliki kartu kredit? Apakah mereka yang berstatus karyawan, pegawai negeri, pelajar, wiraswasta, atau ibu rumah tangga, berhak memiliki kartu kredit?

Lalu, sebenarnya berapakah usia minimal memiliki kartu kredit?

Untuk menjawab pertanyaan ini, mari kita melihat panduan kartu kredit. Pada umumnya, bank penerbit kartu kredit memberlakukan beberapa syarat utama untuk pengajuan kartu kredit, di antaranya adalah:

Persyaratan Keterangan
Penghasilan minimum setahun Rp 36 juta
Usia minimum pemegang kartu utama 21 tahun
Usia minimum pemegang kartu tambahan 17 tahun
Usia maksimum* 65 tahun

 

Dari tabel di atas, dapat kita ketahui bahwa batas usia untuk memiliki kartu kredit adalah 21 tahun. Artinya, usia 21 tahun adalah usia MINIMUM Anda diperbolehkan mengajukan aplikasi kartu kredit.

Saya berusia 21 tahun dan masih mahasiswa, apakah boleh mengajukan kartu kredit?

Tidak, biarpun Anda telah berusia 21 tahun tetapi status Anda masih mahasiswa, dan tidak memiliki pekerjaan dengan penghasilan tetap, maka Anda tidak dapat mengajukan kartu kredit. Untuk lebih jelasnya, lihat syarat pengajuan kartu kredit.

Saya belum berusia 21 tahun, tetapi sudah bekerja dan berpenghasilan tetap, apakah boleh mengajukan aplikasi kartu kredit?

Tidak, Anda tidak dapat mengajukan aplikasi kartu kredit jika usia Anda di bawah 21 tahun, meskipun Anda telah bekerja dan berpenghasilan tetap.

Saya berusia 21 tahun, masih mahasiswa, tetapi saya memiliki usaha, apakah bisa mengajukan kartu kredit?

Ya, Anda dapat mengajukan aplikasi kartu kredit dengan syarat, usaha yang Anda geluti memiliki Surat Izin Usaha Perdagangan atau SIUP. Surat ini nantinya akan dilampirkan untuk syarat pengajuan ke pihak bank penerbit kartu kredit.

Saya berusia 21 tahun, telah bekerja dan berpenghasilan tetap, tetapi gaji saya di bawah 3 juta, apakah bisa mengajukan permohonan kartu kredit?

Tidak, menurut peraturan dari BI, syarat gaji minimal pengajuan aplikasi kartu kredit adalah 3 juta/bulan atau sama dengan 36 juta per tahun.

Saya berusia 17 tahun, apakah bisa mengajukan kartu kredit?

Tidak, Anda tidak dapat mengajukan aplikasi kartu kredit, tetapi Anda diperbolehkan memiliki kartu kredit tambahan. Kartu kredit tambahan boleh diajukan oleh pemegang kartu kredit utama. Pemegang kartu kredit utama adalah orang yang berhak mengajukan aplikasi kartu kredit, dan telah memenuhi semua syarat pengajuan kartu kredit yang diberlakukan oleh bank penerbit kartu kredit.

Saya seorang pelajar sekolah menengah, apakah diperbolehkan mengajukan kartu kredit?

Jika Anda seorang pelajar sekolah menengah, dan tidak memenuhi persyaratan usia minimal maupun penghasilan minimal, maka Anda tidak dapat mengajukan aplikasi kartu kredit. Meskipun begitu, Anda dapat memiliki kartu kredit tambahan dari orang tua Anda dengan syarat usia Anda telah 17 tahun.

Loading...

Ingin Punya Kartu Kredit? Pilih Kartu Kredit Dari Bank Yang Kamu Mau

Komentar untuk Batas Usia Minimal Memiliki Kartu Kredit

Ahmad Alfianto 07 August 2018

(5)
saya berusia 20 tahun dan sudah berkerja, apa saya bisa mengajukan kartu kredit ?

admin 07 August 2018

minimal 21 tahun

Sumari 29 July 2018

(5)
Saya termasuk Internet marketer. Selama ini saya beriklan di Face Book (FB) menggunakan Cart debet Permata Bank. Oleh karena akhir2 ini pihak management FB , beralih bahwa untuk bisa ber iklan di Fb, harus menggunaka Cartu kredi. Sehingga saat ini macet total . Hal tsb sudah saya laporkan ke pihak Permata Bank, dengan jawaban, memang benar pihak FB sudah menghentikan kerja sama dengan Permata Bank ( khusus kartu debed) Pada kesempatan ini sya mengajukan Pertanyaan. - Apakah usia 63 th, masih boleh mengajukan untuk memiliki cartu kredit. - Bila nanti usia saya 65 tahun , apakah masih boleh memperpanjang kepemilikanya. Atas jawaban / pencerahanya, disampaikan terima kasih

admin 29 July 2018

Maksimal usia pemegang kartu kredit sesuai peraturan BI adalah 65 tahun :).

Edward 18 July 2018

(5)
Saya sudah bekerja dan penghasilan diatas 3 jt, dan 2 bulan lagi saya ulang tahun ke 21.. aapa bisa ajukan cc?

admin 18 July 2018

Silakan ajukan bila sudah memenuhi syarat usia minimal 21 tahun

Akbar 03 January 2018

(5)
Saya umur 19thun, tapi udah ada penghasilan sendiri. 1bulan penghasilan kurang lebih 4jt an Saya ingin sekali melakukan cicilan HP, Pinjaman Dana, bahkan memiliki kartu kredit. Tetapi terkendala di Umur saja kelahiran 11 September 1998, apakah ada solusi ?

admin 03 January 2018

Hai,

Sayang sekali karena sudah menjadi peraturan pemerintah bahwa batas usia punya kartu kredit utama adalah 21 tahun (atau sudah menikah). Tapi, kamu bisa coba minta tolong orang tua kamu untuk apply kartu kredit utama, jika disetujui, kamu bisa memegang kartu tambahan dari kartu kredit orang tua kamu :).

Gikon 14 November 2016

(5)
Nice info

Agnes 14 November 2016

(5)
Informasi yang berguna, artikel nya bagus, saya suka dengan artikel yang ada di pilihkartu.com semoga kedepan artikel selalu bermutu

admin 14 November 2016

Terima kasih. Selalu baca update terbaru tips kartu kredit di Pilihkartu ya.

Joko 14 November 2016

(5)
Awalnya pengen buat, setelah membaca artikel ini umur ku ternyata belum mencukupi, ya sabar dlu nunggu 1 tahun lagi baru ajuin kartu kredit. jika pengen ngajuin apakah disini bisa min?

admin 14 November 2016

Wah iya, usia masih 20 tahun ya...sabar 1 tahun lagi ya, nanti kamu bisa ngajuin kartu kredit via online di Pilihkartu.

Sasani 14 November 2016

(5)
Nice info

Nulia putri 10 November 2016

(5)
pengen buat tapi umur belum mencukupi, klo misalnya kita menggunakan identitas kluarga gak apa2 min?

admin 10 November 2016

Hai Nulia,

Kalau begitu, nantinya keluarga kamu yang bikin, misal ayah atau ibu, nanti kamu bisa minta kartu kredit tambahannya :).

Artikel Terkait