Beda antara Brand Kartu Kredit dan Publisher Kartu Kredit

Seringkali dalam satu wujud fisik kartu kredit, kita akan menemukan berbagai macam informasi di sana. Nah, di antaranya kita akan menemukan apa yang disebut sebagai brand kartu kredit dan publisher kartu kredit.

Lalu, sudah tahukah Anda beda keduanya?

Brand kartu kredit dapat juga kita sebut sebagai merek kartu kredit, atau sering kita kenal sebagai jaringan kartu kredit. Jaringan kartu kredit yang ada di dunia ada beberapa macam, yang paling besar dan sering kita lihat logonya dimana-mana adalah jaringan kartu kredit VISA, MasterCard, JCB, dan American Express.

Kemudian, di antara jaringan kartu kredit sendiri, masih dapat dibagi lagi ke dalam 2 sub kategori, pertama yakni publisher kartu kredit (penerbit) dan non-publisher kartu kredit (non-penerbit).

  1. Publisher kartu kredit

Jaringan kartu kredit yang berperan sebagai publisher atau penerbit kartu kredit adalah jaringan kartu kredit yang sekaligus juga menerbitkan produk kartu kreditnya. Mereka memiliki teknologi dalam hal sistem pembayarannya sekaligus juga mengeluarkan produk kartu kreditnya. Dalam kategori ini adalah JCB dan American Express.

JCB merupakan produk dari Jepang, dan di Jepang, JCB dapat menerbitkan kartu kreditnya sendiri. Di Indonesia, JCB tidak menerbitkan kartu kredit, akan tetapi bekerja sama dengan bank-bank lokal dan nasional untuk menerbitkan kartu kredit dengan merek JCB.

Sama halnya dengan American Express, brand asal Amerika ini merupakan produk dari Bank of America. Di Amerika, American Express menerbitkan kartu kreditnya sendiri. Dan sama halnya seperti JCB, di Indonesia American Express tidak menerbitkan kartu kreditnya sendiri, tetapi bekerja sama dengan Bank Danamon dan menerbitkan kartu kredit Danamon American Express.

  1. Non-Publisher kartu kredit

Jaringan kartu kredit yang tidak berperan sebagai publisher, atau bukan merupakan penerbit kartu kredit, adalah jaringan kartu kredit yang tidak mengeluarkan produk kartu kredit, sehingga mereka hanya menyediakan teknologi pembayarannya saja. Contoh dari brand non publisher adalah VISA dan MasterCard.

Jaringan yang tidak menerbitkan kartu kredit menjalin kerjasama dengan bank-bank di seluruh dunia, untuk menerbitkan kartu kredit dengan memakai merek mereka (VISA atau MasterCard). Contohnya: Bank Mandiri di Indonesia ingin menerbitkan produk kartu kredit. Agar kartu kreditnya ini nanti dapat diterima untuk transaksi di seluruh dunia, Bank Mandiri menjalin kerjasama dengan VISA ataupun MasterCard. Maka, jadilah kita melihat kartu kredit dengan logo Bank Mandiri dan logo VISA ataupun MasterCard.


Komentar untuk Beda antara Brand Kartu Kredit dan Publisher Kartu Kredit

Related Article
Pernahkah anda bertanya, apakah sebenarnya perbeda...
Jika anda sudah berkenalan dengan kartu plastik aj...