Cara Membayar Tagihan Kartu Kredit BNI Rating : 0/ 5 ( 0 )
Para pemegang kartu kredit BNI yang baru saja menjadi pemegang kartu kredit seringkali belum mengerti cara membayar tagihan kartu kredit BNI. Ini bisa menjadi masalah lantaran kalau tidak tahu cara bayar tagihan kartu kreditnya, bagaimana bisa bayar tagihannya, kalau tidak bisa bayar tagihannya tentu masalah lebih besar bisa timbul, seperti tagihan yang terus datang, bunga menumpuk, hingga didatangi debt collector.

Istilah-istilah dalam Tagihan Kartu Kredit

Sebelum melangkah lebih jauh ke cara membaya tagihan kartu kredit BNI, ada baiknya kamu tahu dulu apa saja istilah-istilah yang ada dalam tagihan kartu kredit. Kurang lebih istilah-istilah tersebut seperti di bawah ini:

1. Lembar Penagihan (Billing Statement)


Lembar Penagihan sering juga disebut sebagai Billing statement. Lembar penagihan ini berupa lembaran yang berisikan transaksi kartu kredit BNI selama sebulan, bersama nominal-nominal transaksinya. Di bagian paling bawah juga tertera nominal total transaksi yang harus kamu bayarkan di bulan tersebut.

Jaman dulu, sebelum penggunaan email marak, lembaran penagihan diberikan dalam bentuk lembaran kertas dan dikirimkan dalam amplop tertutup melalui pos, dan ditujukan langsung ke alamat rumah atau alamat kantor.

Seiring berkembangnya zaman dan teknologi, billing statement atau lembar penagihan sekarang ini dikirimkan dalam bentuk soft copy melalui surat elektronik (email). Langkah ini merupakan langkah penghematan biaya kirim dan penghematan biaya cetak lembar penagihan. Selain itu, bila dikirimkan melalui email juga akan cepat sampai daripada melalui pos yang akan makan waktu beberapa hari.

2. Tanggal Cetak Tagihan dan Tanggal Jatuh Tempo

Tanggal cetak tagihan atau cycle date merupakan tanggal terakhir transaksi dan pembayaran dibukukan ke dalam lembar tagihan untuk bulan yang sedang berjalan. Misal tanggal cetak tagihan setiap bulan adalah tanggal 26 setiap bulannya, maka transaksi setelah tanggal 26 akan masuk ke tagihan di bulan berikutnya.


Tanggal jatuh tempo merupakan tanggal terakhir dana pembayaran tagihan kartu kredit kamu harus sudah diterima oleh BNI. Misalnya tanggal cetak adalah tanggal 26, dan tanggal jatuh tempo pembayaran adalah 15 hari kemudian. Maka dari itu, dalam waktu 15 hari, pembayaran tagihan anda harus sudah diterima oleh BNI, bila lewat sehari saja diterimanya maka akan kena denda keterlambatan (besar denda silakan dilihat di masing-masing kartu kredit karena bisa berbeda).

Cara Membayar Tagihan Kartu Kredit BNI

Bank BNI menyediakan beberapa channel pembayaran tagihan kartu kredit BNI. Maka dari itu, cara membayar tagihan kartu kredit berbeda-beda tergantung channel mana yang digunakan. Untuk lebih jelasnya, lihat channel-channel pembayaran tagihan kartu kredit BNI di bawah ini:

Nama BANK

Jenis Channel Pembayaran

Biaya*

BNI

ATM, SMS Banking & Internet Banking.

Tanpa Biaya.

Kantor Cabang.

Rp 25.000,-

Phone Banking.

Rp 3.000,-

AutoDebit.

Tanpa Biaya

Bank Mandiri

ATM, Internet Banking, Mobile Banking dan Call Centre.

Rp 7.500,-

BCA

ATM, Klik BCA dan m-BCA.

Rp 7.500,-

CIMB Niaga

ATM, SST, Internet Banking dan Phone Banking.

Rp 7.500,-

BRI

ATM.

Rp 5.000,-

Permata Bank

ATM, Mobile Banking, Internet Banking, EDC Mini ATM.

Rp 5.000,-

BII

ATM, Internet Banking dan Phone Banking.

Rp 5.000,-

Bank Danamon

ATM.

Rp 5.000,-

Bank Bukopin

ATM dan Internet Banking.

Rp 5.000,-

BTN

ATM.

Rp 5.000,-

Bank Panin

ATM dan Internet Banking.

Rp 6.500,-

Catatan

  • Biaya di atas dapat berubah sewaktu-sewaktu dan akan disampaikan melalui pemberitahuan tertulis atau media lainnya.
  • Pembayaran tagihan Kartu Kredit BNI dianggap telah terjadi setelah dana pembayaran tersebut masuk ke rekening Kartu Kredit BNI.
  • Untuk menghindari Denda Keterlambatan, silakan lakukan pembayaran 2 sampai dengan 3 hari kerja sebelum tanggal jatuh tempo tagihan.
Pembayaran melalui Bank Lain (non-BNI) akan efektif diterima BNI pembayaran 2 sampai dengan 3 hari kerja setelah pembayaran dilakukan.

 

Loading...

Ingin Punya Kartu Kredit? Pilih Kartu Kredit Dari Bank Yang Kamu Mau

Komentar untuk Cara Membayar Tagihan Kartu Kredit BNI

Artikel Terkait