Dari Mana Sih Asal Limit Kartu Kredit?

Pengguna kartu kredit apapun, pasti sudah familiar dengan istilah limit kartu kredit. Limit kartu kredit merupakan nominal batas yang dapat Anda gunakan untuk transaksi dalam 1 kartu kredit per bulannya.

Limit kartu kredit ini bervariasi dan bermacam-macam tergantung jenis kartu kreditnya. Jika jenis kartu kredit basic atau dasar atau sering kita kenal dengan silver, limit kartu kredit umumnya berkisar antara 3 hingga 4 juta. Untuk kartu kredit gold, limit kartu kredit mulai dari 10 juta ke atas, sementara platinum limitnya bisa maksimum mencapai ratusan juta. Untuk jenis kartu kredit terbatas seperti titanium, visa infinite dan lain sebagainya, bisa tak terhingga.

Lalu, dari manakah asal penentuan limit kartu kredit ini?

  1. Gaji/penghasilan

Gaji dan penghasilan Anda menjadi poin yang dipertimbangkan bank untuk memberikan limit kartu kredit. Jika gaji minimal Anda adalah 3 juta, umumnya Anda akan mendapatkan kartu kredit silver dengan limit kartu kredit 4 jutaan. Jika gaji Anda lebih tinggi, Anda bisa saja mendapatkan limit yang lebih besar. Akan tetapi, ketentuan ini tidak mutlak juga, karena Anda bisa mendapatkan limit yang lebih besar meski gaji tidak besar, dilihat dari riwayat kredit Anda.

 

Baca juga: 5 Istilah dalam Kartu Kredit yang Perlu Anda Pahami

 

  1. Riwayat hutang

Jika Anda memiliki riwayat hutang, maka kemungkinan besar bank akan menggunakan riwayat kredit/hutang Anda tersebut sebagai bahan penilaian. Jika riwayat kredit Anda tidak begitu bagus maka akan sulit untuk mendapatkan limit tinggi. Jika Anda memiliki hutang saat ini, maka bank juga akan mempertimbangkan apakah limit yang ditetapkan tersebut nantinya akan membebani atau tidak.

  1. Domisili

Bila Anda berdomisili di satu tempat cukup lama, maka kemungkinan bank akan lebih mudah memberikan limit kartu kredit yang lumayan besar. Jika domisili Anda berpindah-pindah, maka bank akan sulit mencari Anda jika terjadi masalah dengan kredit Anda.

  1. Jumlah pengajuan kartu kredit

Menurut peraturan bank BI, nasabah dengan pendapatan sekitar 3-10 juta hanya boleh memiliki kartu kredit maksimum 2 kartu kredit saja. Ini karena bank BI ingin membatasi permasalahan kredit yang dapat ditimbulkan oleh kartu kredit jika seseorang memiliki lebih dari 2 buah kartu. Semakin banyak Anda mengajukan kartu kredit, limit bisa lebih kecil.

 

Baca juga: 6 Kebiasaan yang Bisa Membantu Anda Mengontrol Kredit

 

Oke, sudah paham kan sekarang, darimana asal limit kartu kredit Anda. So, pastikan sekarang Anda memenuhi semua syarat yang diperlukan jika ingin limit kartu kredit Anda besar. Dan tidak perlu, kecewa juga jika limit kartu kredit Anda kecil.

Yang masih belum punya kartu kredit, ngapain masih ragu, yuk apply aja lewat pilihkartu ^^.


Komentar untuk Dari Mana Sih Asal Limit Kartu Kredit?

Rekian 10 November 2016

nice info
Related Article
Terhitung sejak awal tahun 2015 lalu, pemerintah I...