Digital Payment – Pembayaran Digital, Apa dan Bagaimana?


Digital Payment – Pembayaran Digital, Apa dan Bagaimana? Rating : 5/5 (1)

Apa yang disebut sebagai Digital Payment (Pembayaran Digital)?

Digital Payment atau disebut juga sebagai pembayaran digital adalah jenis pembayaran yang menggunakan media elektronik seperti sms, internet banking, mobile banking, dompet elektronik, dsb. Sistem pembayaran digital seperti yang disebutkan di atas kian hari kian menanjak popularitasnya dan semakin berkembang pesat.

Pembayaran digital memungkinkan seseorang untuk membayar cicilan rumah, tagihan kartu kredit, tagihan air, ataupun tagihan listrik secara otomatis. Artinya seseorang akan berkurang tugasnya setiap bulan dengan sistem otomatisasi pembayaran dari teknologi dalam digital payment. Tentu saja, keuntungan dari digital payment tak hanya itu.


Supaya lebih jelas, keuntungan dari digital payment antara lain:

1. Keamanan Pembayaran

Bukan sebuah rahasia bila sekarang ini membawa terlalu banyak uang tunai akan meningkatkan risiko hilang, dicuri, atau dirampok.

Digital Payment menjadi alternatif solusi untuk menghindari hal-hal tersebut. Sebuah situs e-banking wajib memenuhi standar keamanan yang sangat ketat. Ini untuk menjamin nasabah bank bahwa setiap layanan yang disediakan oleh bank hanya dimanfaatkan oleh mereka yang memang betul-betul berhak.

Nah, salah satu teknik pengamanan yang lazim digunakan dalam e-banking adalah dengan SSL (Secure Socket Layer) ataupun dengan protokol HTTPS (Secure HTTP). Kedua jenis pengamanan tersebut merupakan hal wajib dalam sebuah situs internet banking, jadi pastikan kamu juga memeriksa alamat situs yang kamu akses, apakah ia menggunakan https atau http saja.

2. Kenyamanan lebih dibanding tunai

Salah satu keuntungan yang diberikan sistem pembayaran digital adalah kenyamanan lebih saat menggunakannya bila dibandingkan dengan transaksi tunai. Ketika kamu bertransaksi dengan nilai jutaan, tentu akan merepotkan dan tidak aman bila membawa uang sebanyak itu. Nah, dengan transaksi digital, semua itu tidak akan terjadi karena perpindahan uang terjadi secara elektronik.

Sekarang, ucapkan selamat tinggal juga pada kembalian karena tentunya tidak ada lagi uang kembalian bila menggunakan transaksi pembayaran digital.

3. Kecepatan Transaksi

Semua transaksi elektronik menggunakan konektivitas internet untuk transmisi datanya. Saat ini kecepatan internet sudah tidak diragukan lagi kemampuannya untuk dapat memproses perpindahan data dalam hitungan detik.

Jika demikian halnya, maka transaksi digital juga tak diragukan kecepatannya. Dengan transaksi pembayaran digital, seseorang bisa membayar transaksi yang ribuan kilometer jauhnya dengan kecepatan transmisi beberapa detik saja.

4. Produk yang beragam

Sistem pembayaran digital memiliki banyak produk, misalnya saja kartu kredit, dompet elektronik, electronic money, flazz card, internet banking, mobile banking dsb. Semua produk tersebut bisa digunakan untuk transaksi yang aman, mudah, serta cepat.

Nah, produk-produk tersebut bisa digunakan untuk membayar berbagai layanan yang berhubungan dengan hidup manusia sehari-harinya, misalnya saja bayar tagihan listrik setiap bulan, tagihan air tiap bulan, tagihan kartu kredit, tagihan telepon, tagihan internet, dsb.

Hanya dari tempat kamu duduk, kamu bisa membayar semua keperluan rutin kamu, belanja baju, pulsa, sampai belanja makanan hanya dengan beberapa kali pencet tombol di laptop atau smartphone, canggih bukan?

Loading...

Ingin Punya Kartu Kredit? Pilih Kartu Kredit Dari Bank Yang Kamu Mau

Komentar untuk Digital Payment – Pembayaran Digital, Apa dan Bagaimana?

sidratul muntaha 04 October 2018

(5)
saya berminat

admin 04 October 2018

Cek https://pilihkartu.com/kartu-kredit

Artikel Terkait