Jenis-Jenis Kartu Kredit

Kartu kredit, hadir dalam beberapa jenis yang masing-masing terbagi berdasarkan tingkatan tertentu. Sebelum membuat kartu kredit, pastikan anda mengetahui jenis-jenis kartu kredit yang tersebar secara luas di pasaran.

1. Kartu Kredit Silver

Kartu kredit dengan jenis silver merupakan kartu kredit dasar dan paling banyak dimiliki di masyarakat. Ini karena pada umumnya, setiap pemegang baru kartu kredit, akan diberikan kartu kredit dengan jenis silver terlebih dahulu, baru kemudian meningkat sesuai dengan riwayat kreditnya.

Kartu kredit silver memiliki limit kredit paling rendah, yakni sekitar 4 juta hingga 7 juta saja. Kartu kredit dengan jenis silver dapat diajukan oleh mereka dengan gaji per bulan minimal 3 juta. Akan tetapi, seiring pemakaian, seseorang dengan gaji 3 juta bisa saja memiliki kartu kredit gold, jika ia memiliki riwayat kredit yang bagus dari kepemilikan kartu kredit silver miliknya.

2. Kartu Kredit Gold

Kartu kredit gold berada di segmen kelas menengah ke atas. Kartu kredit gold sering ditandai dengan warna gold pada wujud fisik kartu kreditnya, meskipun ketentuan ini juga tidak sepenuhnya mutlak.

Kartu kredit gold diperuntukkan bagi mereka dengan penghasilan tetap per bulannya sekitar 5 juta hingga 10 juta. Kartu kredit gold memiliki limit kredit berkisar antara 10 juta hingga 40 juta, tergantung pada bank penerbit kartu kreditnya.

Seseorang bisa langsung mendapatkan kartu kredit dengan jenis gold jika memenuhi kriteria seperti penghasilan minimal maupun riwayat kredit. Tetapi, semakin tinggi tingkatan kartu kredit, umumnya semakin tinggi pula besar iuran tahunan yang harus dibayar.

3. Kartu Kredit Platinum

Kartu kredit platinum merupakan kartu kredit dengan tingkatan paling tinggi. Kartu kredit platinum hanya dimiliki oleh sedikit saja orang, karena tidak mudah untuk mendapatkannya akibat persyaratan yang lumayan ketat.

Karena merupakan tingkatan tinggi, kartu kredit platinum juga memiliki limit yang tinggi mulai dari 40 juta ke atas bahkan hingga 1 M, fantastis bukan! Meskipun demikian, untuk memilikinya pun harus memenuhi berbagai syarat yang tidak mudah lho. Penghasilan minimal anda per tahunnya minimal 180 juta ke atas, dan tentunya anda adalah nasabah kartu kredit yang mempunyai riwayat kredit bagus.

4. Kartu Kredit Titanium

Di atas tingkatan platinum, masih ada kartu kredit dengan jenis titanium. Kartu kredit titanium sangat terbatas kepemilikannya. Tak semua orang bisa mendapatkan kartu ini, karena hanya yang diundang secara langsung oleh bank lah yang akan mendapatkan kartu kredit titanium.

Karena proses kepemilikannya hanya dipilih oleh bank, maka tidak pasti apakah yang menjadi persyaratan dari kartu kredit titanium. Yang pasti, jelas penghasilan tinggi dan catatan kekayaan mencapai nominal tertentu.

5. Kartu Kredit Spesial

Ada beberapa lagi jenis kartu kredit yang termasuk spesial, beberapa kartu kredit ini tidak tersedia secara general, seperti misalnya kartu kredit dengan brand Visa yang mengeluarkan kartu kredit Visa Signature dan Visa Infinite. Kartu kredit Visa Signature dan Visa Infinite tidak diperuntukkan bagi kalangan yang biasa-biasa saja. Kedua kartu kredit jenis ini diperuntukkan bagi mereka pengusaha besar dengan aset milyaran, pengacara terkenal, dokter terkenal.

Selain Visa Signature dan Visa Infinite, MasterCard juga tak mau kalah dengan mengeluarkan jenis kartu kredit MasterCard World. Kartu kredit ini juga sama spesialnya karena tidak diperuntukkan untuk masyarakat umum.

Nah, sudahkah anda paham tentang jenis-jenis kartu kredit? Ingin mengajukan aplikasi kartu kredit? Pastikan baca dulu cara pengajuan kartu kredit ya :). 

 

 


Komentar untuk Jenis-Jenis Kartu Kredit

rere 14 November 2016

Gold terbaik

mamamia 14 November 2016

artikel-artikel nya emang bermanfaat, saya diberitahu temen tentang pilihkartu.com. goodjobs mimin

admin 14 November 2016

Cek juga tips kartu kredit lainnya ya.

santika 14 November 2016

Nice info ya min :)

eteng 14 November 2016

Sya suka dengan artikle ini ;)

fahra 14 November 2016

Nice

Melati 10 November 2016

min mau nanya, persyaratan untuk ngajuin kartu kredit apa aja ya? apakah disini di sediain form nya

admin 10 November 2016

Hai Melati,

Persyaratan dan prosedur pengajuan kartu kredit, klik Cara Pengajuan Kartu Kredit ya. Kemudian untuk form, sementara ini Pilihkartu sedang memprosesnya.

Edo 10 November 2016

saya berencana pengen buat min, tapi saya tidak punya slip gaji solusinya gimana ya? tolong pencerahannya ya

admin 10 November 2016

Hai,

Tidak punya slip gaji, kamu mungkin bisa coba beberapa cara berikut ini. Lebih detil baca Bikin Kartu Kredit Tanpa Slip Gaji, Begini Caranya...

Lala 10 November 2016

Thanks atas infonya.

admin 10 November 2016

Sama2 ya :).

Related Article
Berhenti menggunakan kartu kredit merupakan hak an...
Generasi modern saat ini, nampak semakin tergiur d...