Jika Kartu Kredit Anda Hilang, Segera Lakukan 5 Hal Ini!

Sobat pilihkartu.com, ingatkah Anda tentang berita seorang ibu yang kehilangan dompetnya beserta seluruh isinya? Di dalam dompet sang ibu terdapat 4 kartu kredit, alhasil sang ibu menderita kerugian hingga 70 juta karena kartu kreditnya digunakan oleh oknum tak bertanggung jawab.

Kehilangan kartu kredit, adalah hal yang riskan. Pencuri bisa saja menggunakan data kartu kredit Anda, atau malah langsung saja menggunakannya untuk transaksi di sana sini. Karenanya, jika kartu kredit Anda hilang, segera lakukan hal-hal di bawah ini untuk memotong kerugian yang mungkin terjadi:

  1. Ingat posisi terakhir

Ketika Anda menemukan bahwa kartu kredit Anda hilang, cobalah untuk mengingat dimana Anda terakhir kali menggunakannya. Usahakan untuk mengingat kapan, dimana, dan jam berapa Anda menggunakan kartu kredit Anda, jika sudah ingat, kembalilah ke posisi tersebut. Dari sana Anda akan dapat menelusuri keberadaan kartu kredit Anda.

Jika Anda tidak dapat mengingat transaksi terakhir Anda, lacak kondisi transaksi melalui fitur sms banking kartu kredit.

  1. Segera lapor ke bank penerbit kartu kredit

Setelah Anda mencoba mengingat-ingat dan menelusuri keberadaan kartu kredit Anda sebelumnya, dan jika Anda benar-benar yakin bahwa kartu kredit Anda hilang, maka langkah selanjutnya segera lapor ke bank penerbit kartu. Telepon dan jelaskan kondisi kehilangan Anda, mintalah bank penerbit kartu kredit Anda untuk memblokir segala jenis transaksi yang dilakukan.

Agar bank menyetujui permintaan Anda, umumnya bank penerbit kartu kredit akan menanyakan beberapa informasi pemegang kartu kredit, seperti nomor kartu kredit, masa berlaku, dan lain sebagainya, karenanya usahakan untuk menjawabnya dengan benar. Jika Anda tidak dapat mengingat nomor kartu, catat nomor kartu kredit dan simpan di tempat yang aman.

 

Baca juga: Waspadai 3 Modus Penipuan Kartu Kredit

 

  1. Lapor polisi

Dengan melapor ke polisi, Anda akan mendapatkan surat bukti kehilangan. Surat ini akan berguna ketika Anda meminta kartu kredit baru ke bank penerbit. Datangilah kantor polisi terdekat dan laporkan kehilangan Anda.

Jika surat bukti kehilangan dari kantor polisi telah Anda dapatkan, segeralah temui customer service bank penerbit kartu kredit, dan mintalah dibuatkan kartu kredit baru.

  1. Cek transaksi

Seperti yang telah disebutkan di nomor 1, Anda dapat melacak kartu kredit Anda dari transaksi yang dilakukan dengan fitur sms banking. Jika ada transaksi kartu kredit yang Anda yakin bukan Anda yang melakukan, maka Anda dapat melakukan klaim kepada pihak bank, akan tetapi dengan syarat ada laporan tertulis mengenai kehilangan kartu kredit dari kepolisian.

  1. Tutup kartu kredit yang lama

Ketika melapor ke bank untuk meminta kartu kredit yang baru, jangan lupa juga untuk meminta bank menutup kartu kredit yang lama supaya tidak dapat digunakan kembali.

Pastikan kartu kredit lama Anda benar-benar telah ditutup dan tidak dapat dipakai lagi.

Yang paling penting dari itu semua, sebelum kehilangan, jagalah kartu kredit Anda dengan baik. jika Anda memiliki beberapa kartu kredit, bawalah yang sekiranya Anda perlukan untuk kebutuhan hari itu saja.


Komentar untuk Jika Kartu Kredit Anda Hilang, Segera Lakukan 5 Hal Ini!

radit 13 January 2016

nice info!

Pilihkartu 13 January 2016

Sipp :)
Related Article