Perbedaan Kartu Debit dan Kartu Kredit

Dalam dunia pembayaran transaksi secara digital (digital payment), dikenal 3 jenis kartu plastik yang dapat menggantikan fungsi uang tunai, yakni kartu kredit, kartu debit, dan kartu ATM. Normalnya, masyarakat di zaman sekarang ini memiliki salah satu dari ketiga kartu tersebut, dua diantaranya, atau malah memiliki ketiganya sekaligus.

 

Baca juga: Tiga Kartu Ampuh Pengganti Uang Tunai

 

Untuk kali ini, pilihkartu hanya akan mengulas perbedaan kartu debit dan kartu kredit saja. Jika dilihat secara sekilas, baik kartu debit dan kartu kredit memiliki ‘penampakan luar’ yang hampir sama. Namun, jika diperhatikan, ada sedikit perbedaan pada wujud fisik kartu kredit.

 

Baca juga: Bagaimanakah Wujud Fisik Kartu Kredit?

 

Fungsi dari kartu debit maupun kartu kredit juga hampir sama, keduanya sama-sama dapat digunakan untuk transfer maupun belanja, baik belanja secara offline maupun online. Mau tarik tunai melalui mesin ATM? Keduanya juga bisa. Lalu apakah perbedaan dari kartu ini?

Untuk lebih jelas mengenai perbedaan kartu debit dan kartu kredit, mari kita melihatnya melalui kelebihan dan kekurangan masing-masing kartu.

1. Kartu Debit


Kartu Debit adalah sebuah kartu elektronik yang digunakan untuk menggantikan pembayaran dengan uang tunai. Sumber dana yang ada pada kartu debit berasal dari saldo tabungan si pemegang kartu itu sendiri. Lalu apakah kelebihan dari kartu ini?

Kelebihan kartu debit:

  1. Cara untuk mendapatkan kartu debit cenderung mudah. Pengajuan kartu debit membutuhkan waktu yang relatif singkat dengan syarat yang tidak terlalu banyak. Untuk mendapatkan kartu debit, anda hanya diminta untuk mengisi formulir dan melampirkan foto kopi identitas diri.
  2. Penarikan dana dinilai praktis. Anda dapat melakukan penarikan dana secara langsung diberbagai mesin ATM. Namun, nominal penarikan dana melalui kartu debit tergantung dari berapa banyak saldo yang ada di dalam rekening pribadi anda.

Kekurangan kartu debit:

  1. Dana terbatas, maksudnya adalah dana yang bisa digunakan untuk transaksi terbatas, sesuai dengan jumlah saldo pada rekening tabungan yang dimiliki. Jika saldo pada rekening tabungan habis, maka anda tidak dapat menggunakannya untuk bertransaksi.
  2. Promo yang ditawarkan tidak terlalu banyak. Hal ini kurang menguntungkan bagi anda yang menggemari diskon-diskon di pusat perbelanjaan, ataupun situs-situs perbelanjaan online.

Sudah tahu kan kelebihan dan kekurangannya? Jika sudah, mari kita simak kelebihan dan kekurangan kartu kredit.

2. Kartu Kredit

Kartu kredit disebut-sebut sebagai salah satu kartu ajaib. Mengapa bisa dikatakan ajaib? karena dengan kartu kredit, kita bisa menggunakannya untuk berbagai transaksi pembelanjaan tanpa perlu menabung terlebih dahulu layaknya pada kartu debit. Namun, yang perlu anda ingat, dana yang kita gunakan ini adalah dana dari bank dan pastinya harus dibayarkan ya. Berikut adalah kelebihannya:

Kelebihan kartu kredit:

  1. Penawaran promo kartu kredit yang cukup banyak. Penawaran promo kartu kredit ini bisa dimanfaatkan untuk menghemat pengeluaran anda setiap bulannya. Ada juga penawaran cicilan 0%, yang merupakan salah satu jenis penawaran yang cukup banyak dicari oleh para pemegang kartu. Dengan memanfaatkan cicilan 0%, anda dapat menikmati produk, maupun cicilan pembelian tiket pesawat dengan sistem pembayaran cicilan tanpa dikenai bunga.
  2. Reward dan Cashback. Bagi pengguna kartu kredit, adanya reward maupun cashback ini bisa didapatkan dari akumulasi jumlah transaksi kartu kredit yang dilakukan selama jangka waktu tertentu.

Kekurangan kartu kredit:

  1. Kartu kredit menerapkan bunga yang cukup tinggi bagi pengguna yang telat membayar tagihan kartu kredit. Jadi sebaiknya ketika menggunakan kartu kredit, lunasi tagihan anda tepat waktu.
  2. Adanya biaya tarik tunai. Biaya sekitar 4% atau sekitar 50.000 (bergantung kebijakan masing-masing bank) akan dikenakan ketika anda melakukan tarik tunai melalui mesin ATM.

Bagaimana? Sudah cukup kan gambaran umum dari kartu debit maupun kartu kredit yang anda gunakan? Semoga bermanfaat ^^.

Baca juga: Cuma Modal Kartu Kredit, Bisa Investasi?

 


Komentar untuk Perbedaan Kartu Debit dan Kartu Kredit

Albuqori 10 November 2016

Elama ini cuma bisa make doang, gak tau klo ada perbedaan antara katu debit dan kartu kedit, makasih mimim artikel nya

admin 10 November 2016

Betul, ada bedanya lho jelas :).

Nurlela 04 November 2016

Min, saya ada keluhan nih belakangan ini saya cek info mutasi melalui sms banking.. kok ada mutasi 5.500, 3.500, 109 itu biaya apa ya? Padahal saya tidak melakukan transaksi apapun.. jika itu biaya bulanan, kenapa pada tgl yg sama ada jg yg berdekatan, mohon bantuan nya. terima kasih

admin 04 November 2016

 Hai,

Bank kamu bank apa ya Nurlela?

Soakin 04 November 2016

Kalau untuk menggunakan di play store pakainya atm apa debit ya min ?

admin 04 November 2016

Hai Soakin, Untuk verifikasi di Play Store, pakainya kartu kredit ya, bukan debit ataupun ATM ^^.

Ori Mardianta 11 February 2016

info ini sangat berguna dan menarik bagi pengguna awam kredit card. Thanks pilihkartu,

admin 11 February 2016

Sama2 ya Ori :).
Related Article
Pengguna kartu kredit apapun, pasti sudah familiar...
Jika anda sudah berkenalan dengan kartu plastik aj...