Terlambat Bayar Tagihan Kartu Kredit? Ini Ulasan Lengkapnya

Selain biaya tahunan kartu kredit, ada lagi satu biaya pada kartu kredit yang sangat perlu anda ketahui. Biaya ini dikenakan bila anda terlambat bayar tagihan kartu kredit, dan sering kali disebut biaya keterlambatan atau late charge fee. 

Bilamana biaya keterlambatan ini dikenakan?

Untuk memahami ini, katakanlah Dodi memiliki kartu kredit, dimana tagihan kartu kreditnya datang tiap tanggal 5 setiap bulannya. Kebetulan kebijakan kartu kreditnya mengenai rentang waktu untuk membayar tagihan adalah 15 hari, ini berarti tanggal jatuh tempo pembayaran tagihan kartu kredit Dodi adalah tanggal 20 setiap bulannya.

Bila Dodi membayar tagihannya sebelum tanggal 20, maka tidak akan dikenakan biaya keterlambatan. Namun, bila Dodi membayar tagihan kartu kreditnya melewati tanggal 20, ia akan dikenakan biaya keterlambatan.

Berbagai situasi dalam masalah keterlambatan pembayaran

Mengenai masalah keterlambatan pembayaran, ada beberapa kondisi yang bisa menyebabkan seseorang dianggap terlambat membayar tagihan kartu kredit, beberapa kondisi tersebut seperti disebutkan di bawah ini:

1. Menunda-nunda

Sesederhana itu, lupa. Anda lupa kalau ini saatnya anda membayar tagihan kartu kredit. Kita misalkan saja Dodi yang tagihannya datang setiap tanggal 5, dan jatuh tempo tanggal 20, ada rentang waktu 15 hari untuk melakukan pembayaran. Namun, karena merasa masih punya waktu, ia lantas menunda-nunda untuk membayar, akhirnya yang terjadi ia malah lupa dan tahu-tahu tanggal 20 sudah lewat. Nah, kena denda juga akhirnya.

2. Membayar tagihan di saat-saat terakhir

Ini juga hampir senada dengan suka menunda-nunda, yakni membayar tagihan kartu kredit saat sudah mepet ke waktu jatuh temponya. Padahal, kalau anda tahu, membayar tagihan di saat-saat terakhir ada beberapa sisi negatifnya. 

Ini berhubungan dengan metode pembayaran tagihan pada kartu kredit. Dalam membayar tagihan kartu kredit, ada beberapa cara yaitu:

a. Transfer

Masalah yang umumnya terjadi, adalah jika pembayaran tagihan kartu kredit melalui transfer antar bank. Jika kebetulan kartu kredit yang anda miliki adalah kartu kredit ANZ, sementara anda hanya memiliki rekening di bank BCA, anda bisa menggunakan transfer melalui klikbca. Pembayaran menggunakan metode transfer biasanya akan langsung diproses, sehingga tak akan ada kekhawatiran bila pembayaran kartu kredit anda akan melewati tanggal jatuh tempo.

Tapi di beberapa bank lain, kemungkinan berbeda prosesnya, sehingga sebaiknya anda menanyakan dengan detil masalah ini kepada bank penerbit kartu kredit anda. Kartu kredit Citibank misalnya, mereka telah memiliki rekanan dengan beberapa bank lain sehingga bisa menyediakan fasilitas Real Time Online, artinya ketika anda membayar dengan transfer via ATM BNI, BRI, BCA, BII, Bank Niaga, Permata Bank atau Panin Bank, maka saldo akan terupdate seketika dan anda terhindar dari keterlambatan pembayaranTapi supaya lebih aman, tetap lebih bijaksana bila membayar tagihan bukan pada saat-saat terakhir tanggal jatuh tempo ya.

b. Menu Pembayaran Kartu Kredit

Misalnya anda menggunakan fasilitas klikbca untuk membayar tagihan kartu kredit Citibank, oleh karena keduanya adalah bank yang berbeda, umumnya pembayaran tagihan kartu kredit anda akan diproses dengan memakan waktu lebih lama, hingga beberapa hari.

Nah, bayangkan bila Dodi membayar kartu kredit saat tanggal jatuh tempo, yakni saat tanggal 20, dengan metode pembayaran tagihan adalah menu 'Pembayaran Kartu Kredit' di klikbca. Oleh karena proses oleh bank memakan waktu beberapa hari, tentu pembayaran tagihan anda akan dianggap lewat tanggal jatuh tempo, meskipun anda telah melakukan pembayaran di tanggal 20.

Pada kasus ini, Dodi akan tetap dikenai denda keterlambatan.

c. Melalui bilyet giro/cek

Jika anda membayar tagihan kartu kredit anda melalui bilyet giro/cek, proses pembukuan umumnya tidak bisa instan atau langsung. Maybank misalnya, pihaknya membutuhkan waktu 3 hari untuk memproses pembayaran tagihan kartu kredit melalui bilyet/giro, sehingga pastikan 3 hari sebelum tanggal jatuh tempo, anda telah melakukan pembayaran tagihan kartu kredit.

d. Tunai

Pembayaran tagihan kartu kredit melalui tunai, dapat dilakukan dengan datang langsung ke loket-loket tertentu, misalnya kartu kredit Citibank menyediakan pembayaran kartu kredit secara tunai di teller cabang-cabang Paninbank, dan kantor pos. Akan ada biaya untuk layanan ini, dan tiap bank bisa berbeda-beda besarnya. Selain itu yang perlu anda perhatikan, bila membayar secara tunai, pastikan sebelum tanggal jatuh tempo, serta hindari kemungkinan bank penuh, tutup ataupun libur saat tanggal jatuh tempo pembayaran tagihan kartu kredit.

Baca juga: 

e. Debit langsung

Pembayaran tagihan kartu kredit melalui debit langsung adalah metode pembayaran otomatis. Semisal anda memiliki kartu kredit BCA, dan kebetulan pula memiliki rekening BCA, maka anda dapat memberikan instruksi kepada bank untuk mendebit rekening anda setiap bulannya khusus untuk pembayaran tagihan kartu kredit. Proses ini biasanya memakan waktu 1 hari, bisa berbeda-beda setiap bank. Oleh karenanya, instruksikan kepada bank untuk mendebit rekening anda saat sebelum tanggal jatuh tempo, serta pastikan rekening anda memiliki saldo yang cukup.

Baca juga: 

Nah, ragam pembayaran kartu kredit beserta keterangan lama pembayaran di atas seharusnya cukup memberikan alasan agar anda tidak mepet dalam membayar tagihan kartu kredit.

3. Billing statement terlambat diterima

Bila anda mengatur agar lembar tagihan kartu kredit (billing statement) diterima melalui pos, ada kemungkinan billing statement terlambat untuk sampai ke depan pintu rumah anda, atau petugas di kantor tempat anda bekerja. Maka dari itu, cobalah untuk mengatur agar billing statement dapat anda terima juga melalui email, dengan jaminan lebih cepat diterima.

Bagaimana bila tanggal jatuh tempo bersamaan dengan hari libur?

Bank BI menerapkan aturan bila tanggal jatuh tempo kebetulan bertepatan dengan hari libur/hari libur nasional, maka tanggal jatuh tempo akan digeser ke hari setelahnya. Biarpun demikian, lebih baik, segera saja dibayar ya tagihannya.

Berapa besar biaya keterlambatan?

Rata-rata besar biaya keterlambatan yang dikenakan oleh bank kepada nasabahnya adalah 3% dari total tagihan, atau maksimal 150.000.

Mulai sekarang, mari jadi nasabah yang cerdas dan lebih bertanggung jawab dalam memanfaatkan fasilitas. 

 

 

 

 

 


Komentar untuk Terlambat Bayar Tagihan Kartu Kredit? Ini Ulasan Lengkapnya

indriyani 12 November 2016

Hi min..mau tanya klo.misalnya tagihan kartu kredit kita pada bulan april 500.000 trus kita telat 1 bulan..apakah dendanya tetap 150.000 atau bagaimana..thanks..

admin 12 November 2016

Hai,

Kalau telat, kamu bisa dikenakan biaya keterlambatan dan bunga yang sebesar 2.95% loh.

Andi 10 November 2016

Klo gak mau di teror debtcolector, mending klo udah waktunya harus bayar. Jika udah berurusan dengan yang nama nya debtcolector hidup lu bakal gak tenang :)

admin 10 November 2016

betul :) .

Dedek 04 November 2016

Min bagaimana jika tagihan saya sudah terlanjur membengkak? Apakah saya harus tetap membayar?

admin 04 November 2016

Hai Dedek, Tagihan yang membengkak harus dilunasi hingga selesai. Bila belum mampu membayar dengan penuh, kamu bisa negosiasikan dengan bank. Coba baca tips nego berikut ini ya Tips Negosiasi dengan Bank dalam Membayar Tunggakan Kartu Kredit

Windri 08 October 2016

Min, mau tanya klo bayar kartu kridit jt tempo pas hari sabtu itu msk nya hari libur atau ga? Trs klo telat 1 hari kena denda juga? Ga ada dispensasi kah?

admin 08 October 2016

Hai Windri, Kalau misal kamu punya kartu kredit BNI, dan bayar pakai ATM transfer dari rekening BNI juga, kemungkinan pembayaran tagihan kamu langsung diterima bank saat itu juga dan tidak kena denda. Nah, yang jadi masalah kalau beda bank biasanya akan memakan waktu, dan jelas pembayaran tagihan kamu diterima bank di hari setelah jatuh tempo, pasti dong kena denda. Kalau soal dispensasi itu mungkin ada kalau kamu mengajukan ke bank, tapi tidak psati 100% sukses yah, paling aman memang kalau bayar tagihan beberapa hari sebelum jatuh tempo ;).

Try 21 September 2016

Min mau tanya kalau mau tarik tunai via ATM bisa tidak pembayaran di buat cicilan ?

admin 21 September 2016

Bisa saja, tinggal telpon ke Bank untuk ubah menjadi cicilan. Tapi, nanti biayanya jadi lipat-lipat lho, ada bunga cicilan, bunga tarik tunai :(.

hendra 03 September 2016

Min mau nanya kalo bayar setelah jatuh tempo terus bayar minimal tagihan bisa ? kemudian berapa lama waktunya kartu kredit baru terblokir jika belum bayar ?

admin 03 September 2016

Halo Hendra, Bayar tagihan kartu kredit setelah lewat tanggal jatuh tempo itu bisa, cuma ya itu, kamu pasti kena biaya tambahan. Kalo dari pertanyaan kamu yang bayar setelah jatuh tempo dan minimum payment, kamu bisa kena 2 tambahan biaya: (1) kena bunga 2,95% maksimal, (2) kena charge late fee atau biaya keterlambatan pembayaran tagihan Besarnya denda dan bunga tiap bank bisa berbeda2 yah, tergantung kebijakan masing-masing bank :).

Abadi 01 August 2016

Min, mau nanya kalo misal bayarnya di batas minimal pembayaran itu juga kena chargenya sama ya? di 3% persen juga ya? thanks infonya. Maklum newbie nih.

admin 01 August 2016

Hai abadi, asal pembayaran tagihan kamu terekam oleh bank saat due date tagihan tidak akan kena charge. Yang jadi masalah bila kamu bayar di batas minimal, lalu terekam oleh bank saat sudah lewat tanggal due date, maka akan kena late fee charge lho. Ada baiknya, setelah kamu bayar tagihan konfirmasi ke bank apakah sudah menerima pembayaran tagihan yang sudah kamu lakukan supaya bank bisa langsung memeriksa dan tidak ada tagihan-tagihan/charge karena dianggap terlambat,dsb.
Related Article
Sudah sering mengenal kartu kredit? Bahkan sudah k...