Terlambat Bayar Tagihan Kartu Kredit? Ini Ulasan Lengkapnya


Terlambat Bayar Tagihan Kartu Kredit? Ini Ulasan Lengkapnya Rating : 5/ 5 ( 31 )
Selain biaya tahunan kartu kredit, ada lagi satu biaya pada kartu kredit yang sangat perlu anda ketahui. Biaya ini dikenakan bila anda terlambat bayar tagihan kartu kredit, dan sering kali disebut biaya keterlambatan atau late charge fee

Bilamana biaya keterlambatan ini dikenakan?

Untuk memahami ini, katakanlah Dodi memiliki kartu kredit, dimana tagihan kartu kreditnya datang tiap tanggal 5 setiap bulannya. Kebetulan kebijakan kartu kreditnya mengenai rentang waktu untuk membayar tagihan adalah 15 hari, ini berarti tanggal jatuh tempo pembayaran tagihan kartu kredit Dodi adalah tanggal 20 setiap bulannya.


Bila Dodi membayar tagihannya sebelum tanggal 20, maka tidak akan dikenakan biaya keterlambatan. Namun, bila Dodi membayar tagihan kartu kreditnya melewati tanggal 20, ia akan dikenakan biaya keterlambatan.

Berbagai situasi dalam masalah keterlambatan pembayaran

Mengenai masalah keterlambatan pembayaran, ada beberapa kondisi yang bisa menyebabkan seseorang dianggap terlambat membayar tagihan kartu kredit, beberapa kondisi tersebut seperti disebutkan di bawah ini:

1. Menunda-nunda

Sesederhana itu, lupa. Anda lupa kalau ini saatnya anda membayar tagihan kartu kredit. Kita misalkan saja Dodi yang tagihannya datang setiap tanggal 5, dan jatuh tempo tanggal 20, ada rentang waktu 15 hari untuk melakukan pembayaran. Namun, karena merasa masih punya waktu, ia lantas menunda-nunda untuk membayar, akhirnya yang terjadi ia malah lupa dan tahu-tahu tanggal 20 sudah lewat. Nah, kena denda juga akhirnya.

2. Membayar tagihan di saat-saat terakhir

Ini juga hampir senada dengan suka menunda-nunda, yakni membayar tagihan kartu kredit saat sudah mepet ke waktu jatuh temponya. Padahal, kalau anda tahu, membayar tagihan di saat-saat terakhir ada beberapa sisi negatifnya. 


Ini berhubungan dengan metode pembayaran tagihan pada kartu kredit. Dalam membayar tagihan kartu kredit, ada beberapa cara yaitu:

a. Transfer

Masalah yang umumnya terjadi, adalah jika pembayaran tagihan kartu kredit melalui transfer antar bank. Jika kebetulan kartu kredit yang anda miliki adalah kartu kredit ANZ, sementara anda hanya memiliki rekening di bank BCA, anda bisa menggunakan transfer melalui klikbca. Pembayaran menggunakan metode transfer biasanya akan langsung diproses, sehingga tak akan ada kekhawatiran bila pembayaran kartu kredit anda akan melewati tanggal jatuh tempo.

Tapi di beberapa bank lain, kemungkinan berbeda prosesnya, sehingga sebaiknya anda menanyakan dengan detil masalah ini kepada bank penerbit kartu kredit anda. Kartu kredit Citibank misalnya, mereka telah memiliki rekanan dengan beberapa bank lain sehingga bisa menyediakan fasilitas Real Time Online, artinya ketika anda membayar dengan transfer via ATM BNI, BRI, BCA, BII, Bank Niaga, Permata Bank atau Panin Bank, maka saldo akan terupdate seketika dan anda terhindar dari keterlambatan pembayaranTapi supaya lebih aman, tetap lebih bijaksana bila membayar tagihan bukan pada saat-saat terakhir tanggal jatuh tempo ya.

b. Menu Pembayaran Kartu Kredit

Misalnya anda menggunakan fasilitas klikbca untuk membayar tagihan kartu kredit Citibank, oleh karena keduanya adalah bank yang berbeda, umumnya pembayaran tagihan kartu kredit anda akan diproses dengan memakan waktu lebih lama, hingga beberapa hari.

Nah, bayangkan bila Dodi membayar kartu kredit saat tanggal jatuh tempo, yakni saat tanggal 20, dengan metode pembayaran tagihan adalah menu 'Pembayaran Kartu Kredit' di klikbca. Oleh karena proses oleh bank memakan waktu beberapa hari, tentu pembayaran tagihan anda akan dianggap lewat tanggal jatuh tempo, meskipun anda telah melakukan pembayaran di tanggal 20.

Pada kasus ini, Dodi akan tetap dikenai denda keterlambatan.

c. Melalui bilyet giro/cek

Jika anda membayar tagihan kartu kredit anda melalui bilyet giro/cek, proses pembukuan umumnya tidak bisa instan atau langsung. Maybank misalnya, pihaknya membutuhkan waktu 3 hari untuk memproses pembayaran tagihan kartu kredit melalui bilyet/giro, sehingga pastikan 3 hari sebelum tanggal jatuh tempo, anda telah melakukan pembayaran tagihan kartu kredit.

d. Tunai

Pembayaran tagihan kartu kredit melalui tunai, dapat dilakukan dengan datang langsung ke loket-loket tertentu, misalnya kartu kredit Citibank menyediakan pembayaran kartu kredit secara tunai di teller cabang-cabang Paninbank, dan kantor pos. Akan ada biaya untuk layanan ini, dan tiap bank bisa berbeda-beda besarnya. Selain itu yang perlu anda perhatikan, bila membayar secara tunai, pastikan sebelum tanggal jatuh tempo, serta hindari kemungkinan bank penuh, tutup ataupun libur saat tanggal jatuh tempo pembayaran tagihan kartu kredit.

Baca juga: Promo Spesial Imlek 2017 dari Bukalapak Hadirkan Diskon dan Cashback

e. Debit langsung

Pembayaran tagihan kartu kredit melalui debit langsung adalah metode pembayaran otomatis. Semisal anda memiliki kartu kredit BCA, dan kebetulan pula memiliki rekening BCA, maka anda dapat memberikan instruksi kepada bank untuk mendebit rekening anda setiap bulannya khusus untuk pembayaran tagihan kartu kredit. Proses ini biasanya memakan waktu 1 hari, bisa berbeda-beda setiap bank. Oleh karenanya, instruksikan kepada bank untuk mendebit rekening anda saat sebelum tanggal jatuh tempo, serta pastikan rekening anda memiliki saldo yang cukup.

Baca juga: Pembayaran Tagihan Kartu Kredit Melalui Debit Langsung 

Nah, ragam pembayaran kartu kredit beserta keterangan lama pembayaran di atas seharusnya cukup memberikan alasan agar anda tidak mepet dalam membayar tagihan kartu kredit.

3. Billing statement terlambat diterima

Bila anda mengatur agar lembar tagihan kartu kredit (billing statement) diterima melalui pos, ada kemungkinan billing statement terlambat untuk sampai ke depan pintu rumah anda, atau petugas di kantor tempat anda bekerja. Maka dari itu, cobalah untuk mengatur agar billing statement dapat anda terima juga melalui email, dengan jaminan lebih cepat diterima.

Bagaimana bila tanggal jatuh tempo bersamaan dengan hari libur?

Bank BI menerapkan aturan bila tanggal jatuh tempo kebetulan bertepatan dengan hari libur/hari libur nasional, maka tanggal jatuh tempo akan digeser ke hari setelahnya. Biarpun demikian, lebih baik, segera saja dibayar ya tagihannya.

Berapa besar biaya keterlambatan?

Rata-rata besar biaya keterlambatan yang dikenakan oleh bank kepada nasabahnya adalah 3% dari total tagihan, atau maksimal 150.000.

Mulai sekarang, mari jadi nasabah yang cerdas dan lebih bertanggung jawab dalam memanfaatkan fasilitas. 

 

 

 

 

 

Loading...

Ingin Punya Kartu Kredit? Pilih Kartu Kredit Dari Bank Yang Kamu Mau

Komentar untuk Terlambat Bayar Tagihan Kartu Kredit? Ini Ulasan Lengkapnya

Lisa 28 November 2019

(4)
Min mau tanya, saya ada terlambat bayar tagihan cc saya bca, dan sudah di autodebet oleh mereka sebesar minimum payment dan setelah itu saya telpon cs di bilang kartu saya terblokir. Kira² berapa lama terblokir ya? Terima kasih

Lisa 28 November 2019

(5)
Sore min mau tanya, saya kan ada tertunda bayar dan hari ini uang saya di atm langsung ter-autodebet sebesar minimum paymentnya tagihan. Dan saya telpon ke cs katanya kartu saya terblokir. Terblokir itu sementara atau gimana ya?

admin 28 November 2019

Maaf kami juga kurang tahu, sebaiknya tanya ke CS nya saja.

Sutarman 21 November 2019

(5)
Pak sy mau tanya,sy kan nunggak CC hmpir 3 bln,trus sy mau byar min payment,apakah kartu nya msih bisa untuk di gunakan,,apa udh di blokir ya

admin 21 November 2019

Kalopun dibayar kemungkinan tdk bsa dipakai karena hanya minimum payment bayarnya pak.

Anisa 17 November 2019

(4)
Admin..saya mau tanya.. Saya sudah lama tidak mambayar tagihan kartu kredit..alasan kantor pindah dan nomer hp hilang pada saat itu. Hampir 5tahun saya tidak mambayar tagihan..kartu juga tidak saya pakai. Saya pikir ya sudahlah..tapi ternyata..dari pihat agen menemukan saya lalu kami bernegosiasi. Saya minta dicicilin tapi lewat orang tersebut bukan lewat bank..apa itu dibenarkan?kata nya bisa dibantu..saya sudah mambayar 2jt total tagihan 6jt karna dicicil maka harus bayar 8jt..nanti stiap bulan saya transfer cicilan saya lewat kartu kredit.apa seoerti iti prosedur nya ya min..terimakasih.

admin 17 November 2019

Halo,

Kami tidak merekomendasikan pembayaran tagihan lewat agen, karena tidak tahu apakah agen tersebut terpercaya atau tidak. Dikhawatirkan agen tersebut adalah oknum-oknum yang memanfaatkan kesempatan saja. Silakan dikonfirmasi ke bank langsung bu, apakah cicilan ibu yang 2jt sudah dibayarkan ke bank oleh pihak agen, bila belum, sebaiknya dihentikan dan lapor polisi. Soal hutang kartu kredit ibu sebaiknya diselesaikan langsung dengan pihak bank.

Aprianto 16 November 2019

(4)
Min, saya kan pembayaran secara angsuran 11 bulan dengan cicilan 360.852. Dan memang jatuh temponya tanggal 15. Kebetulan saya kelupaan untuk membayar, tapi di pagi harinya tanggal 16 saya langsung transfer. Lalu itu bagaimana? Apakah saya hanya membayar dendanya atau saya mengulang dari awal lagi. Saya mau mengkonfirmasi ke pihak CS dan menanyakan soal terkait tetapi pihak CSnya ternyata sudah berganti nomor.

admin 16 November 2019

Tidak apa bayarkan saja sebesar 360.852 pak, nanti denda keterlambatan ditagihkan ke bulan berikutnya.

budiman 13 October 2019

(4)
Min kalo jatuh tempo tgl 9 terus kita bayar tgl 12 bayar nya sesuai total tagihan. Sudah beres d bayar tapi di cek masih ada tagihanya segitu itu gapapa ?

admin 13 October 2019

Kalau cek via ATM biasanya memang tagihan akan terus tertera, tagihan baru berubah ketika tutup buku selesai, jd kalau sudah bayar dan limit sudah kembali maka tidak perlu khawatir akan jumlah tagihan yg masih tertera.

Irfan sudrajat 27 September 2019

(5)
Min mau tanya misalnya nunggak tiba2 dipotong secara auto debet nah itu kartu kreditnya bisa dipake lagi

Didik 16 September 2019

(5)
Min, jatuh tempo cc sy tgl 10, karna sy lupa sy bayarnya tgl 14, setelah sy bayar kapan sy bisa pakai cc sy lagi? Soalnya tgl 15 sy pakai cc sy tidak bisa Thankz

admin 16 September 2019

cek limit kak, sudah kembali full belum limitnya

Niko pangestu 11 September 2019

(5)
Min, saya baru di kasih kartu kredit sama CIMB lewat pos. Dan disitu tertera tanggal penagihan tgl 16 , itu hanya tagihan nya datang kerumah atau sudah jatuh tempo ya?

admin 11 September 2019

itu tagihan datang pak, tgl jatuh tempo umumnya 15 hari setelah tanggal penagihan

resa 26 August 2019

(5)
min mau tanya dong, jika tagihan sudah jatuh tempo dan kartu sudah terblokir, bisa tidak kalau kita bayar setengah nya dulu? terus atau kita harus urus ke bank nya dulu min?

admin 26 August 2019

Urus ke bank pak, untuk tahu detil-detil biaya apa saja dan buka blokir.

Lestya 18 August 2019

(4)
Hallio min, mau tanya sy ok cc cimb wave n go, total tagihan sudah keluar 3,6 jt, bs minimal pembayaran 10% kan ttpi kan msh jauh jatuh temponya, dan bisa tidak selama blm jatuh tempo itu saya cicil bayar misal hari pertama bayar 200rb hari kedua 500rb dst sampai jatuh tempo krn kebetulan sy jg dagang jd ngumpulin uang dr jualan..

admin 18 August 2019

Bisa pak, asalkan jangan sampai lewat jatuh tempo nanti takutnya kena bunga. 

Elis 31 July 2019

(4)
Min, mau tanya..total tagihan kartu kredit saya misalnya 14 juta trs minimum bayarnya 1,4 jt... Jika sya terlambat bayar selama seminggu, kira2 berapa jumlah denda yg harus dibayar? Saya pake kartu kredit BNI... terima kasih..

admin 31 July 2019

Denda keterlambatan pembayaran tagihan kartu kredit BNI adalah 3% dari total tagihan atau maksimal Rp 150 ribu

Andri K 30 July 2019

(5)
Min Mohon Info Jika Kartu Kredit Di Lunasi Beberapa Hari Sebelum Jatuh Tempo Apa Bisa Langsung Di Gunakan Lagi?

admin 30 July 2019

Bisa kak

Rava Nalendra 13 July 2019

(4)
Min, mau tanya, kalau status pekerjaan tidak bekerja lagi, apakah bisa melakukan negosisasi dengan pihak penerbit kartu? Saya sudah tidak bekerja, tapi tagihan masih muncul dan mulai tidak bisa membayar. Mohon pencerahannya. Terima kasih.

admin 13 July 2019

Silakan coba dibicarakan dengan bank pak, daripada anda kesulitan dengan tagihan yang terus membengkak bila tak dibayar. Mungkin bisa nego untuk dicicil dengan pokok dan bunga yang ringan.

Juni 21 June 2019

(3)
Maw tanya min..saya terlambat bayar tagihan kartu kredit selama 2 hari, late fee nya juga udah saya bayar, pas ebillingnya keluar ada bunganya yg harus dibayar, yg maw saya tanyakan berapa lama saya harus bayar bunganya?? Apakah 1 kali saja ataw selama cicilan ada?? Terimakasih

admin 21 June 2019

satu kali saja sesuai yang ditagihkan

Marcella nadia putri 20 June 2019

(5)
Kartu keedit saya cimb niaga,klo telat bayar apa kartu kredit tidak dapat digunakan?

admin 20 June 2019

Bisa dipakai kalau limitnya ada, kalau telat bayar tagihan kena denda

Cahyo 08 April 2019

(5)
Min, saya mau tanya. Saya punya CC CIMB Niaga. Dengan limit 6 juta sudah terpakai. Tetapi saya buat cicilan per bulannya 720 Ribu. Bulan ini saya mau bayar kelupaan. Akhirnya melewati jatuh tempo. Tetapi saya cek di internet banking, biaya late charge 75 ribu. Perhitungan late charge itu 3% dari tagihan berjalan (punya saya 720 ribu) atau total limit yang sudah saya gunakan (6 juta)? Terima kasih

admin 08 April 2019

Sepengetahuan kami late charge dihitung dari total tagihan.

Heri Mulyana 25 March 2019

(5)
Min saya ngecek Di ATM tagihan 1.500.000 jatuh tempo tgl 28 /3/2019 klo telat Bayar Saya bayar nya tgl 29 / 3 / 2019 kena denda berapa?

admin 25 March 2019

Kartu kreditnya apa pak? Denda keterlambatan masing2 kartu kredit bisa beda.

Yosephine 21 March 2019

(5)
Min, mau ikutan tanya nih ... Kalau kartu kredit saya limit nya 75jt. Trus ada tagihan 51jt. Minimum payment tertulis 26jt. Karena didalamnya ada bbrp transaksi yg saya ubah jadi cicilan, maka kalo liat dari rekap di lembar tagihan, saya masih ada sisa cicilan 23jt. Kondisi kartu, status DPK, sudah tidak saya pakai lagi dan memang tidak bisa pakai krn sudah 3 bln tidak bisa bayar. Sekarang, saya ada dana pinjaman tanpa bunga 30jt. * Kalo saya akan pakai untuk bayar 30jt itu, apakah kartu saya dapat aktif kembali? Dalam waktu berapa lama kartu akan diaktifkan kembali oleh pihak Bank? * Kalo sudah diaktifkan, kemudian tagihan baru juga masuk, berarti saya tetap masih bisa tarik tunai kan yha? * Trus, kalau di lembar tagihan dituliskan limit tarik tunai saya 30jt, artinya gimana ya itu? Gimana perhitungannya? Karena rencana saya akan bayarkan kmd akan tarik lagi sampai tagihan lunas. (untuk menunda sementara penagihan, sedang dalam proses menjual asset). Mohon pencerahannya yha Min. Thanks.

admin 21 March 2019

Halo,

Karena nominal tunggakan besar sekali, mohon untuk langsung hubungi bank penerbit kartu kredit untuk negosiasi bu.

Nova Fitri 18 March 2019

(5)
Min mau tanya . Kalau misal telat bayar kartu kredit selama 2 bulan. Terus tiba2 di auto debet. Kira2 kartu nya masih bs dipake?

admin 18 March 2019

Telat bayar saja kan? Berarti kartunya tetap dibayar tiap bulannya? Atau ini nunggak pembayaran selama dua bulan? Silakan hubungi penerbit kartu untuk konfirmasi bila ada auto debet

Novia 26 February 2019

(5)
Min mau tanya, Saya total tagihan 5.100.000, minimum payment 4.100.000, Saya mau bayar minimun paymentnya. Jadi sisa yg harus saya byr berapa? Saya juga awalnya dijadikan cicilan, tapi saya sempat ga bayar 3 bulan, jadi totalnya segitu.. Klo saya bayar minimum paymentnya sisanya jd berapa dan kartu kredit kuminta bisa seperti awal lagi tidak ? Dan bisa dipergunakan lagi tidak ?

admin 26 February 2019

  • Tagihan 5.100.000, akan dibayar 4.100.000 = sisa tagihan yang harus dibayar 1.000.000
  • Ketika 4.100.000 dibayarkan, itu akan jadi limit yang bisa dipakai transaksi lagi.

Rachel 21 February 2019

(5)
Malam mb, Baiknya bagaimana ya.? Apakah baiknya melakukan transaksi lagi setelah membayar tagihan ? Atau setelah membayar tagihan dan sebelum tgl jatuh tempo baru bisa pakai transaksi lagi ,karena selalu ada over limit padahal digunakan sesudah dibayar. Mohon infonya agar tidak terjadi over limit

Rachel 21 February 2019

(5)
Malam Baiknya bagaimana ya.? Apakah baiknya melakukan transaksi lagi setelah membayar tagihan ? Atau setelah membayar tagihan dan sebelum tgl jatuh tempo baru bisa pakai transaksi lagi ,karena selalu ada over limit padahal digunakan sesudah dibayar. Mohon infonya agar tidak terjadi over limit

admin 21 February 2019

Supaya tidak overlimit memang sebaiknya jangan pakai kartu kredit lebih dari 75% limit, buat jaga-jaga saja. Menggunakan kartu kredit setelah membayar tagihan tidak masalah, asalkan dipakainya tidak melebihi limit yang saat itu tersedia. Sering-seringlah memeriksa sisa limit kartu kredit.

anihan 04 February 2019

(5)
mau tanya min, saya telat bayar kartu kartu kredit, sampai diblokirlah kartu kreditnya, kalo dibayar min payment ato min payment untuk bisa aktif kembali?

admin 04 February 2019

Kalo diblokir harus hubungi customer service kartu kreditnya untuk buka blokirnya.

indriyani 12 November 2016

(3)
Hi min..mau tanya klo.misalnya tagihan kartu kredit kita pada bulan april 500.000 trus kita telat 1 bulan..apakah dendanya tetap 150.000 atau bagaimana..thanks..

admin 12 November 2016

Hai,

Kalau telat, kamu bisa dikenakan biaya keterlambatan dan bunga yang sebesar 2.95% loh.

Andi 10 November 2016

(5)
Klo gak mau di teror debtcolector, mending klo udah waktunya harus bayar. Jika udah berurusan dengan yang nama nya debtcolector hidup lu bakal gak tenang :)

admin 10 November 2016

betul :) .

Dedek 04 November 2016

(5)
Min bagaimana jika tagihan saya sudah terlanjur membengkak? Apakah saya harus tetap membayar?

admin 04 November 2016

Hai Dedek, Tagihan yang membengkak harus dilunasi hingga selesai. Bila belum mampu membayar dengan penuh, kamu bisa negosiasikan dengan bank. Coba baca tips nego berikut ini ya Tips Negosiasi dengan Bank dalam Membayar Tunggakan Kartu Kredit

Windri 08 October 2016

(3)
Min, mau tanya klo bayar kartu kridit jt tempo pas hari sabtu itu msk nya hari libur atau ga? Trs klo telat 1 hari kena denda juga? Ga ada dispensasi kah?

admin 08 October 2016

Hai Windri, Kalau misal kamu punya kartu kredit BNI, dan bayar pakai ATM transfer dari rekening BNI juga, kemungkinan pembayaran tagihan kamu langsung diterima bank saat itu juga dan tidak kena denda. Nah, yang jadi masalah kalau beda bank biasanya akan memakan waktu, dan jelas pembayaran tagihan kamu diterima bank di hari setelah jatuh tempo, pasti dong kena denda. Kalau soal dispensasi itu mungkin ada kalau kamu mengajukan ke bank, tapi tidak psati 100% sukses yah, paling aman memang kalau bayar tagihan beberapa hari sebelum jatuh tempo ;).

Try 21 September 2016

(4)
Min mau tanya kalau mau tarik tunai via ATM bisa tidak pembayaran di buat cicilan ?

admin 21 September 2016

Bisa saja, tinggal telpon ke Bank untuk ubah menjadi cicilan. Tapi, nanti biayanya jadi lipat-lipat lho, ada bunga cicilan, bunga tarik tunai :(.

hendra 03 September 2016

(4)
Min mau nanya kalo bayar setelah jatuh tempo terus bayar minimal tagihan bisa ? kemudian berapa lama waktunya kartu kredit baru terblokir jika belum bayar ?

admin 03 September 2016

Halo Hendra, Bayar tagihan kartu kredit setelah lewat tanggal jatuh tempo itu bisa, cuma ya itu, kamu pasti kena biaya tambahan. Kalo dari pertanyaan kamu yang bayar setelah jatuh tempo dan minimum payment, kamu bisa kena 2 tambahan biaya: (1) kena bunga 2,95% maksimal, (2) kena charge late fee atau biaya keterlambatan pembayaran tagihan Besarnya denda dan bunga tiap bank bisa berbeda2 yah, tergantung kebijakan masing-masing bank :).

Abadi 01 August 2016

(5)
Min, mau nanya kalo misal bayarnya di batas minimal pembayaran itu juga kena chargenya sama ya? di 3% persen juga ya? thanks infonya. Maklum newbie nih.

admin 01 August 2016

Hai abadi, asal pembayaran tagihan kamu terekam oleh bank saat due date tagihan tidak akan kena charge. Yang jadi masalah bila kamu bayar di batas minimal, lalu terekam oleh bank saat sudah lewat tanggal due date, maka akan kena late fee charge lho. Ada baiknya, setelah kamu bayar tagihan konfirmasi ke bank apakah sudah menerima pembayaran tagihan yang sudah kamu lakukan supaya bank bisa langsung memeriksa dan tidak ada tagihan-tagihan/charge karena dianggap terlambat,dsb.
Artikel Terkait