Tips Bertransaksi di Luar Negeri dengan Kartu Kredit

Banyak yang belum mengetahui manfaat dari kepemilikan kartu kredit. Seringnya, kita yang di dalam negeri masih beranggapan bahwa kartu kredit hanya digunakan untuk alat pembayaran ketika belanja di merchant offline maupun online, beli tiket pesawat, booking hotel, hingga hanya untuk mendapatkan diskon maupun poin reward.

Tapi tunggu dulu, ada banyak manfaat kartu kredit yang ternyata belum kita ketahui. Jika anda seorang traveller sejati yang sering bepergian ke banyak negara, atau anda seorang eksekutif muda yang sering melakukan business trip ke luar negeri, maka sudah saatnya bagi anda untuk berkenalan dengan kartu kredit. Mengapa? Ini tak lain karena kartu kredit bisa memudahkan proses transaksi anda ketika berada di luar negeri.

Mengapa kartu kredit diterima di luar negeri?

Dalam sejarah perkembangan kartu kredit, pada tahun 1966, sekelompok bank penerbit kartu kredit membentuk asosiasi InterBank Card (ICA). ICA merupakan asal mula dari MasterCard. Selain, MasterCard, kita kenal juga Visa yang kurang lebih merupakan organisasi kartu kredit dengan bidang sejenis MasterCard. Di kemudian hari, bank-bank dari seluruh dunia bergabung untuk menjadi anggota MasterCard atau Visa. Bank-bank ini kemudian menerbitkan kartu kredit dan diperbolehkan mencantumkan logo MasterCard atau Visa.

 

Baca juga: Ini Dia Sejarah Munculnya Kartu Kredit di Dunia

 

Logo ajaib inilah yang membuat transaksi pembayaran anda diterima di luar negeri. MasterCard maupun Visa beranggotakan bank-bank dari seluruh dunia. Jadi jangan khawatir jika anda 'terdampar' di negeri antah berantah dan kehabisan uang tunai. Asalkan anda melakukan transaksi via kartu kredit di tempat yang berlogo MasterCard atau Visa, pasti diterima.

Bertransaksi di luar negeri memakai kartu kredit akan lebih aman karena meminimalisir anda membawa uang tunai terlalu banyak sehingga terhindar dari pencurian, perampokan, kecopetan, atau hilang terjatuh. Namun demikian, perhatikan hal-hal di bawah ini agar transaksi kartu kredit anda di luar negeri aman dan terkontrol:

  1. Jangan pernah memberikan informasi rahasia kartu kredit anda yakni 3 digit angka di belakang kartu. Sekarang, kartu kredit diwajibkan menggunakan PIN, nah PIN ini juga jangan sampai anda beritahukan kepada pihak lain ya.
  2. Pastikan menggunakan kartu kredit untuk pembayaran barang atau sesuatu yang harganya memang mahal. Jika tidak terlalu mahal, pakai uang tunai saja. Ini supaya anda bisa meminimalisir jumlah tagihan kartu kredit anda di akhir bulan.
  3. Jangan lupa untuk menghubungi pihak bank penerbit kartu kredit anda mengenai perjalanan anda ke luar negeri tersebut. Dengan demikian anda akan terhindar dari pemblokiran kartu kredit karena dicurigai adanya transaksi mencurigakan dari luar negeri.
  4. Jika anda ingin melakukan tarik tunai di luar negeri, perhatikan ATM yang ada, carilah yang terpercaya. Untuk pembayaran di toko/merchant, perhatikan ketika kasir menggesek kartu, jika lebih dari sekali, anda berhak mempertanyakan alasannya.
  5. Simpanlah bon/struk transaksi yang dibayar dengan kartu kredit. Ini supaya Anda bisa mengecek kembali apakah tagihan dari bank sesuai dengan struk transaksi anda.
 

Baca juga: 5 Hal yang Bisa Jadi Lebih Mudah dengan Adanya Kartu Kredit


 

Bagaimana? Sudah percaya kan trip ke luar negeri anda bisa makin praktis dan mudah dengan adanya kartu kredit. Belum punya kartu kredit? Yuk, segera cari kartu kredit yang sesuai dengan aktifitas anda di pilihkartu.com, kami sediakan banyak referensi kartu kredit untuk anda.


Komentar untuk Tips Bertransaksi di Luar Negeri dengan Kartu Kredit

Related Article
Generasi modern saat ini, nampak semakin tergiur d...
Jika anda sudah berkenalan dengan kartu plastik aj...