Waspadai 3 Modus Penipuan Kartu Kredit

Kartu kredit memang sebuah metode pembayaran yang canggih dengan teknologi mutakhir. Namun, seiring dengan terciptanya metode pembayaran yang lebih canggih seperti kartu kredit, para pelaku kejahatan juga semakin kreatif dalam usahanya untuk mencuri uang.

Kali ini, pilihkartu.com telah merangkum 3 modus penipuan kartu kredit. Ketiga modus penipuan kartu kredit tersebut adalah penipuan berkedok penambahan limit kartu kredit, phishing, dan skimming. Di bawah ini kami jelaskan satu per satu mengenai masing-masing modus penipuan kartu kredit tersebut

  1. Penipuan kartu kredit dengan modus penambahan limit kartu kredit

Beberapa bulan lalu, dikabarkan bahwa polisi membekuk dua pelaku penipuan kartu kredit yang bermoduskan penambahan limit kartu kredit. Dalam menjalankan aksinya, kedua pelaku mengaku sebagai pegawai perusahaan kartu kredit. Keduanya beraksi dengan menelepon korban dan menawarkan penambahan limit kartu kredit.

 

Baca juga: Trik Jitu Naik Limit Kartu Kredit

 

Ketika nasabah percaya, pelaku mengatur pertemuan dengan korban untuk mengambil KTP dan kartu kredit korban. Supaya lebih meyakinkan korban, pelaku memotong kartu kredit korban secara langsung. Padahal kartu yang dipotong bukan asli kartu kredit korban, hal tersebut dilakukan dengan cepat sehingga korban tidak menyadari.

Setelah berhasil membawa kartu kredit korban beserta identitasnya, pelaku langsung menggunakannya untuk transaksi pembelanjaan dan tarik tunai. Fantastisnya lagi adalah setiap kartu kredit yang mereka rampas rata-rata memiliki limit hingga puluhan juta rupiah.

Jika anda ingin menaikkan limit kartu kedit anda, sebaiknya hubungi langsung pihak penyedia kartu kredit anda atau pelajari TRIK JITU MENAIKKAN LIMIT KARTU KREDIT.

  1. Phishing

Phishing adalah tindakan memperoleh informasi pribadi nasabah seperti user ID, PIN, nomor rekening bank, dan nomor kartu kredit anda secara tidak sah. Informasi penting ini kemudian digunakan penipu untuk mengakses rekening, atau melakukan penipuan kartu kredit.

Phishing dilakukan dengan berbagai cara, di antaranya yang paling umum seperti:

  1. Menggunakan alamat email palsu untuk menyesatkan nasabah. Pelaku profesional juga sering mencantumkan logo atau merk dagang milik lembaga resmi seperti bank atau penerbit kartu. Pemalsuan dilakukan untuk meminta korban menyerahkan data-data pribadi seperti password, PIN, dan nomor kartu kredit.
  2. Membuat situs palsu yang sama persis dengan situs resmi. Pelaku kemudian mengirimkan email yang memuat link ke situs palsu tersebut.
  3. Membuat hyperlink ke website palsu atau menyediakan form isian yang ditempelkan pada email yang dikirim.

Untuk menghindari phishing, pastikan tidak pernah memberitahukan user ID dan PIN kepada siapapun, karena pihak Bank sendiri tidak akan pernah menanyakan PIN untuk alasan apapun.

  1. Skimming

Skimming adalah tindakan pencurian data informasi kartu kredit tanpa sepengetahuan pemilik kartu. Pencurian informasi ini dengan menggunakan perangkat elektronik kecil penyalin informasi (skimmer) yang biasanya dipasang pada ATM ataupun mesin EDC.

Pemilik kartu seringkali tidak sadar jika kartu kredit mereka telah tercuri datanya. Umumnya mereka baru tersadar ketika melihat tagihan yang membengkak padahal tidak melakukan transaksi yang berlebihan dengan kartu kredit yang dimiliki.

Ketiga modus penipuan kartu kredit di atas, patut diketahui oleh para pemegang kartu. Metode pembayaran yang semakin canggih biarpun telah dilengkapi dengan sistem keamanan berteknologi mutakhir tidak menjamin 100% kartu kredit anda terlindungi. Harus ada upaya pencegahan dari sisi pemilik kartu kredit supaya terhindar dari modus penipuan kartu kredit.

 

Baca juga: Melindungi Kartu Kredit Anda dari Bahaya Pencurian


Komentar untuk Waspadai 3 Modus Penipuan Kartu Kredit

Broto 08 November 2016

Mantap ifonya min aku lagi mau ngusul kartu kredit nih baru ikut seminar kartu kredit kemaren.

admin 08 November 2016

Semoga diapprove ya

Carolina 08 November 2016

saran yang bagus, cuman kalo boleh saya tahu, kenaikan limit itu bisa didapatkan berapa bulan min?

admin 08 November 2016

Kepemilikan mulai 8-12 bulan bisa meminta kenaikan limit lho. Paling aman, setelah setahun pemakaian kartu kredit.

nadia 08 November 2016

Info yang menarik. Semoga bisa membantu saya utk menaikkan limit kartu kredit, yang kalau diminta susahnya bukan main, tapi kadang2 ada tawaran dari fihak penerbitnya/bank.

admin 08 November 2016

Kalau track record/rekam jejak pemakaian kartu kredit bagus, tanpa diminta pun bank akan menawari. Cuma harus hati-hati, banyak yang menipu dengan modus kenaikan limit. Pastikan itu asli dari Bank yang menelepon ya.

prapto 08 November 2016

Informasi yang sangat bermanfaat, dengan batas yang tinggi bisa untuk modal usaha lumayan. Terima kasih.

admin 08 November 2016

Sama2 :).

Lia 08 November 2016

Min mau nanya kalau kita beli tiket kemudian ditanya semua data2 diatas termasuk tiga digit terakhir bagaimana? apakah aman. krn sistem penjualan tiket online suka nanya mohon info. terima kasih

admin 08 November 2016

Asalkan situsnya verified/terpercaya tidak apa-apa. Yang pasti PIN kartu kredit jangan sampai diberikan ke orang lain.
Related Article
Jika anda sudah berkenalan dengan kartu plastik aj...
Pengguna kartu kredit apapun, pasti sudah familiar...