Keuntungan Menggunakan Kartu Kredit

Semakin meningkatnya penggunaan kartu kredit saat ini, tak lain karena semakin dirasa kemanfaatan dan keuntungan dari kartu kredit tersebut oleh masyarakat. Semakin berkembang pesatnya kartu kredit di tengah-tengah masyarakat ditandai dengan semakin beragam dan semakin bertambahnya jumlah orang yang ingin membuat serta memiliki kartu kredit. Sayangnya, tidak semua orang mengerti dan memahami dengan benar keuntungan menggunakan kartu kredit. Kebanyakan dari mereka hanya menyadari keuntungan kartu kredit hanyalah sebagai uang ekstra, padahal inti dari keberadaan kartu kredit tidak sesederhana itu.

Sebagai awal, calon pemegang kartu kredit haruslah memiliki pengetahuan akan fungsi dan manfaat dari penggunaan kartu kredit. Dengan memahami dan mengerti hal tersebut, Anda dapat memaksimalkan penggunaan dari kartu kredit. Sehingga, saat Anda memutuskan untuk memiliki kartu kredit nantinya, Anda dapat menjadi pengguna kartu kredit yang cerdas dan bijak.

Berikut adalah beberapa keuntungan mendasar yang harus Anda pahami dalam memiliki kartu kredit:

shopping illustration
  1. Kepraktisannya

    Ini adalah alasan sebagian orang memilih kartu kredit sebagai alat pembayaran mereka, karena dengan memiliki kartu kredit Anda tidak perlu repot lagi membawa uang tunai kemanapun. Bahkan, Anda juga bisa menggunakan kartu kredit ini untuk membayar transaksi apapun yang Anda lakukan seperti berbelanja, bayar tagihan bulanan dan yang lainnya. Cukup dengan satu kartu Anda dapat melakukan hal apapun dalam pembayaran.


  2. Mudah Berbelanja Online

    Bagi Anda pecinta belanja online (online shop) jangan lewatkan kesempatan untuk memiliki kartu kredit. Dengan kartu kredit Anda dapat lebih mudah melakukan pembayaran kartu kredit. Bahkan hampir semua situs belanja online menerima pembayaran dengan kartu kredit. Kemudahan ini dapat Anda nikmati dengan membeli barang di internet dari negara manapun dan membayarnya dengan kartu kredit Anda.

    Baca juga: 3D Secure Dynamic Pin untuk Keamanan Berbelanja Online dengan Kartu Kredit


  3. Kesempatan Mendapatkan Promo

    Hal ini tentunya akan sangat menguntungkan para pengguna kartu kredit karena berbagai promo menarik sering diadakan oleh pihak penerbit kartu kredit. Bahkan tak tanggung-tanggung, pihak penerbit kartu kredit sering mengeluarkan promo luar biasa yang bisa menghemat pengeluaran Anda. Tak hanya itu saja, pihak merchant juga akan diuntungkan oleh promosi karena dapat memperbanyak jumlah pelanggan.


  4. Kesempatan Mendapatkan Cicilan 0%

    Saat ini banyak sekali leasing-leasing yang menawarkan berbagai kredit dengan syarat mudah dan cepat, namun memiliki bunga yang sangat mahal. Bahkan kalau dihitung-hitung bunganya bisa setara dengan setengah harga dari barang yang ingin kita beli. Dengan kartu kredit, Anda tidak perlu repot-repot untuk melakukan pembelian barang dengan cara seperti itu, cukup dengan kartu kredit, Anda dapat dengan mudah dan cepat membeli barang tersebut dengan cicilan tanpa bunga selama 6 bulan sampai setahun. Tentunya ini akan sangat menguntungkan karena Anda dapat mengontrol pengeluaran.


  5. Kemudahan Bertransaksi di Luar Negeri

    Dengan menggunakan kartu kredit di luar negeri, Anda akan dapat merasakan manfaat dan keuntungannya. VISA, MasterCard, AMEX maupun JCB juga bisa digunakan untuk bertransaksi di seluruh dunia tanpa harus repot membawa uang tunai. Sehingga lebih praktis dan aman.

    Baca juga: Tips Bertransaksi di Luar Negeri dengan Menggunakan Kartu Kredit


  6. Pengelolaan Laporan Keuangan yang Tercatat

    Memiliki kartu kredit pastinya akan membuat pengeluaran Anda tercatat lebih baik, akurat dan aman. Bagi Anda yang ingin memiliki kartu kredit, mulailah untuk melakukan pencatatan setiap pengeluaran yang Anda lakukan. Selain untuk pengontrolan terhadap pengeluaran Anda, ini juga dapat memantau setiap pengeluaran Anda.


  7. Nikmati Berbagai Rewards

    Selain menggunakan kartu kredit, Anda akan mendapatkan berbagai rewards dari penerbit kartu kredit dari penggunaan kartu kredit. Biasanya rewards yang ditawarkan berupa hadiah langsung, cashback, reward point yang nantinya dapat ditukarkan dengan produk tertentu. Bahkan tak jarang rewards yang ditawarkan berupa bebas iuran tahunan.

    Baca juga: Sekilas Tentang Memilih Kartu Kredit Reward


  8. Terhindar dari Risiko Penyalahgunaan

    Berbeda dari kartu debit, apabila terjadi tindakan pencurian atau penyalahgunaan pada kartu kredit Anda, maka Anda dapat secara cepat melacak dan memblokir kartu tersebut. Dibandingkan dengan kartu debit, jika dicuri dan Anda tidak segera melakukan pemblokiran maka uang tunai Anda akan lenyap tak berjejak.


  9. Perlindungan Ekstra

    Sebagian penerbit kartu kredit memberikan asuransi terhadap pembelian barang yang bernilai tinggi. Perlindungan ini juga memungkinkan Anda untuk mengajukan keberatan atas tagihan yang tidak Anda ketahui asalnya. Bukan hanya itu saja, hampir semua penerbit kartu kredit menawarkan perlindungan asuransi jiwa dan kesehatan.

Promo Kartu Kredit

Dapatkan Promo menarik dan terkini dari berbagai macam Bank penyedia kartu kredit di Indonesia