4 Hal ini Bisa Jadi Alasan untuk Memilih Kartu Kredit Syariah

Menurut prinsip-prinsip yang mendasarinya, kartu kredit ada dua macam, di antaranya:

  • Kartu kredit konvensional, bisa juga disebut kartu kredit reguler, yakni kartu kredit biasa yang banyak dijumpai di masyarakat dengan ketentuan-ketentuan yang umum ada pada kartu kredit.
  • Kartu kredit syariah, kartu kredit muncul relatif lebih baru daripada kartu kredit konvensional, dan mengusung asas-asas/prinsip-prinsip yang ada dalam agama Islam.

Gaya hidup syariah yang sejak beberapa tahun belakangan semakin dipopulerkan oleh Bank, kini kian merambah ke produk-produk bank lainnya. Dari yang awalnya hanya ada di produk tabungan syariah, kini kartu kredit pun mulai mengadopsi prinsip-prinsip ini.

Alasannya? Sederhana, karena gaya hidup syariah yang semakin diminati dan dianggap paling memenuhi kebutuhan pengaturan finansial umat muslim. Semakin tumbuhnya kesadaran masyarakat akan kehidupan spiritualnya, menjadikan mereka mencari/menciptakan alternatif sistem keuangan yang sesuai dengan gaya hidup spiritual yang dianutnya.

Untuk lebih jelasnya, 4 hal di bawah ini bisa menjadi alasan untuk memilih kartu kredit syariah alih-alih kartu kredit konvensional, yaitu:

1. Tidak ada bunga

Dalam kartu kredit syariah tidak ada bunga seperti halnya yang biasa ada pada kartu kredit konvensional. Sebagai gantinya, yang ada hanyalah denda. Ini tentu sangat berbeda dengan kartu kredit konvensional dimana masih ditetapkannya bunga sekaligus denda.

Pada bank konvensional, seluruh pendapatan dari bunga maupun denda akan masuk menjadi keuntungan bank. Lain halnya dengan kartu kredit syariah dimana denda yang diberlakukan tidak akan masuk ke dalam kas bank, tetapi akan dikumpulkan untuk kemudian dihibahkan ke kegiatan-kegiatan kemanusiaan. Wah, hebat kan, setidaknya kalua anda kena denda, uang yang anda setorkan bisa membantu umat yang kurang beruntung.

2. Prinsip-prinsip sesuai syariat Islam

Kartu kredit syariah mengadopsi prinsip-prinsip dalam ekonomi Islam seperti kafalah (penjamin), qardh (pinjaman), ijarah (iuran tahunan), dan sharf (transaksi dengan mata uang asing).

Prinsip-prinsip tersebut di atas adalah prinsip-prinsip yang tidak bertentangan dengan aturan dalam agama Islam dan karenanya menjadi pilihan tepat untuk mereka yang memang memilih gaya hidup sesuai syariat.

3. Biaya-biaya lebih rendah

Ini berhubungan dengan akad ijarah, yakni iuran rutin yang dibayarkan sebagai bentuk imbal jasa atas pelayanan yang diberikan kartu kredit syariah kepada pemegang kartunya.

Cara menetapkan fee/biaya pada bank syariah umumnya berdasar pada nilai transaksi. Akibatnya jumlah fee/biaya yang harus dibayarkan tidak menentu pada tiap periode.

Namun, meski tidak menentu, fee pada kartu kredit syariah lebih rendah daripada fee yang dibebankan oleh kartu kredit konvensional.

4. Menghindarkan dari maksiat

Sama halnya dengan kartu kredit konvensional, kartu kredit syariah bisa digunakan untuk bermacam transaksi seperti bayar biaya air, listrik, telepon, belanja di supermarket, beli tiket pesawat hingga booking hotel.

Bedanya, kartu kredit syariah tidak diperbolehkan untuk membeli barang/jasa yang dilarang dalam agama Islam seperti untuk transaksi minuman keras atau ke diskotik.

 

Jadi, manakah yang lebih anda sukai? Kartu kredit konvensional atau kartu kredit syariah?


Komentar untuk 4 Hal ini Bisa Jadi Alasan untuk Memilih Kartu Kredit Syariah

Ramos 14 November 2016

Saya lebih percaya syariah

Julio 14 November 2016

bener banget artikel ini, dengan memilih kartu kredit syariah lebih unggul dari kartu2 yang lain.

dedi 14 November 2016

Sukses terus pilihkartu

nicta 14 November 2016

Bagus sekali info nya

Riko 14 November 2016

Mantap

tukarni 14 November 2016

boleh juga nih artikel, mohon ijin ya min menshare artikel nya

admin 14 November 2016

Silakan dishare :).

nike 14 November 2016

Nice

mafudah bambang 10 November 2016

nice info min! patut di share nih

admin 10 November 2016

Silakan dishare :).

Related Article
Kebanyakan orang langsung menginginkan limit yang ...
Yang tak banyak publik tahu, di tahun 2015 Raline ...
Tau kan surcharge kartu kredit? Biaya yang kadang ...