4 Kiat Belanja Aman di Online Marketplace

Era sekarang ini adalah era digital. Semua aktivitas manusia yang memerlukan pertemuan satu sama lain semakin direduksi dan digantikan dengan pertemuan atau aktivitas secara digital yang terjadi di dunia maya dengan bantuan internet.

Begitu pula yang terjadi dalam dunia belanja. Kini orang tak perlu lagi datang ke supermarket atau butik untuk mencari barang-barang yang dicari karena telah tersedia sistem belanja online yang memungkinkan orang berbelanja dari manapun mereka berada, asalkan ada koneksi internet.

Baca juga: Belanja di Bukalapak.com Bisa Pakai Kartu Kredit

Belanja online sendiri masih ada jenisnya lagi. Ada yang disebut sebagai online marketplace, yakni sebuah pasar belanja online yang didalamnya terdapat banyak seller atau penjual. Pelanggan dapat memilih ingin berbelanja produk tertentu di seller yang mana, dan dapat membandingkan harga maupun kualitas satu dengan yang lainnya.

Untuk anda yang ingin berbelanja dengan aman di online marketplace, simak kiat-kiat berikut ini:

1. Gunakan koneksi pribadi

Saat belanja di online marketplace, usahakan untuk melakukannya dengan koneksi pribadi anda di rumah, atau data dari provider simcard anda juga bisa. Jangan pernah melakukannya dengan koneksi umum, seperti wifi publik, warnet, dan lain sebagainya.

Mengapa demikian?

Ini karena faktor keamanan, jika menggunakan koneksi dari pihak ketiga, dikhawatirkan orang lain dapat mengakses data-dataa pribadi yang anda inputkan sewaktu berbelanja di online marketplace.

2. Pilih trusted marketplace

Ada ratusan bahkan hingga ribuan marketplace yang tersebar di seluruh dunia. Tetapi tidak semuanya harus anda pilih tentunya, pilihlah yang terpercaya saja.

Di Indonesia ada beberapa online marketplace terpercaya dengan reputasi dan pelayanan yang baik seperti, bukalapak, tokopedia, elevenia, lamido, blanja.com, rakuten belanja online atau lazada.

3. Periksa keabsahan seller

Setelah anda memilih marketplace yang terpercaya, saatnya anda berburu barang-barang yang anda butuhkan di online marketplace tersebut. Umumnya, untuk mencari barang yang anda inginkan, anda hanya perlu mengetikan kata kunci di kolom pencarian, kemudian sistem akan menampilkan foto barang beserta harganya.

Baca juga: Samsung Pay, Bayar Transaksi Cukup Pakai Smartphone

Jika anda masuk ke detil barang yang anda cari, anda akan melihat informasi detil barang tersebut, mulai dari foto barang, harga, keterangan atau spesifikasi barang, dan penjual.

Sebelum memutuskan untuk membeli barang, pastikan anda memeriksa status seller, apakah terpercaya atau tidak. Beberapa situs online akan menampilkan badge yang menyatakan apakah seller tersebut terpercaya atau tidak.

4. Satu metode pembayaran

Langkah selanjutnya adalah metode pembayaran. Jika anda termasuk yang sering berbelanja di online marketplace, usahakan untuk menggunakan satu metode pembayaran saja.

Metode pembayaran yang akan anda gunakan haruslah mudah dan anda nyaman untuk menggunakannya. Metode pembayaran dengan menggunakan kartu kredit misalnya, akan memudahkan anda karena transaksi tercatat otomatis. Anda tidak perlu melakukan transfer manual di ATM, atau masuk ke mobile banking. Jika anda membayar menggunakan kartu kredit, anda hanya perlu memasukkan data-data pribadi anda dan transaksi selesai.

Baca juga: Belanja di Tokopedia Pakai Kartu Kredit? Ini dia caranya!

4 tips di atas dapat membantu anda untuk bisa berbelanja dengan aman dan nyaman di online marketplace. Pastikan untuk selalu memastikan kembali apa yang telah anda belanjakan ya sobat.

Belum punya kartu kredit? Klik informasi cara pengajuan.


Komentar untuk 4 Kiat Belanja Aman di Online Marketplace

Related Article
Berbagai kemudahan dan keuntungan dari kepemilikan...
Meski dengan beragamnya jenis kartu kredit beserta...
Membuat kartu kredit ada beberapa cara, yaitu data...