5 Alasan Kantong Bisa Jebol di Bulan Puasa

Bulan Ramadhan adalah bulan dimana kita berpuasa selama kurang lebih 30 hari. Selama itu pula frekuensi makan kita berkurang, dari yang sebelumnya 3 kali sehari, menjadi 2 kali sehari. Di kepala kita, pasti kita berpikiran selama bulan puasa akan mampu menghemat pengeluaran karena frekuensi makan yang berkurang.

Tapi apakah benar demikian?

Belum tentu demikian lho sobat. Memang betul kalau frekuensi dan porsi makan jadi berkurang di bulan Ramadhan, tetapi biasanya pengeluaran sama saja malah terkadang lebih besar dari saat hari-hari biasanya. Mengapa bisa? Untuk menjawab pertanyaan ini, di bawah ini adalah 5 alasan mengapa pengeluaran bisa membengkak di bulan puasa.

1. Ajakan buka puasa bersama di sana sini

Ketika bulan Ramadhan, sepertinya telah tertanam di dalam benak masing-masing individu bahwa bulan ini adalah bulan yang istimewa. Bukan karena istimewa akan pahalanya saja tapi karena banyak orang yang lantas menganggap momen Ramadhan adalah momen penting untuk berkumpul kembali dengan teman-teman lama.

Alhasil, ketika Ramadhan tiba, jadwal buka puasa anda selama sebulan ke depan telah penuh dengan list buka puasa bersama teman-teman. Entah itu buka bersama teman-teman kampus, teman SMA, teman main, teman kantor, dan sederet teman lainnya. Padahal sekalinya buka puasa bareng teman-teman, paling tidak bisa menghabiskan budget sekitar 25-50 ribu, atau bahkan lebih, tergantung di tempat makan mana anda berbuka puasa bersama teman-teman.

2. Buka Puasa=Menu harus istimewa

Nah, ini dia yang juga kadang menjebak. Stigma di masyarakat kita bahwa buka puasa menu harus istimewa, sehingga terkadang ibu-ibu di rumah suka heboh dengan menyiapkan menu buka yang begitu banyak dan bermacam-macam. Mulai dari hidangan utama, sayur, lauk yang istimewa, menu pembuka entah itu es dawet, es buah dan sirup, serta makanan penutup. 

Ini memang tidak terasa, tapi justru membuat pengeluaran sama saja banyaknya, bahkan bisa lebih banyak. Oleh karenanya, mari kita periksa kembali apakah pola makan dan gaya hidup kita saat Ramadhan sudah tepat sesuai dengan anjuran agama?

3. Mahalnya harga barang pokok

Mahalnya harga barang pokok saat Ramadhan juga bisa menjadi satu sebab mengapa pengeluaran saat Ramadhan meningkat pesat. Pedagang umumnya menaikkan harga barang-barang pokok saat Ramadhan, terutama mendekati lebaran harga barang akan semakin meroket. Ini karena setiap orang kejar setoran untuk bisa memenuhi kebutuhan masing-masing saat lebaran tiba.

Punya Kartu Kredit Tapi Tidak Pernah Diaktifkan, Hati-Hati...

Entah itu membelikan baju lebaran, renovasi rumah, mengecat rumah, beli furnitur baru, semuanya butuh biaya dan hampir setiap orang berlaku demikian. Akhirnya naiknya harga barang-barang pokok tidak dapat dihindarkan.

4. Belanja kue Lebaran

Menjelang lebaran, kebutuhan akan kue lebaran pasti tidak dapat terhindarkan. Kue lebaran sudah menjadi tradisi dalam suguhan lebaran di tiap rumah di Indonesia. Bisnis kue lebaran sendiri selalu menjadi bisnis yang menjanjikan. Oleh karenanya, akan lebih baik jika membuat sendiri kue lebaran daripada harus berbelanja kue lebaran. 

5. Belanja baju-baju lebaran

Ini juga kebutuhan yang sering tidak pernah ditinggalkan oleh masyarakat kita. Pada saat lebaran, baju baru setiap orang ingin terlihat menarik dengan baju baru mereka. Oleh karena menjelang lebaran harga baju akan meroket, maka banyak juga yang berbelanja jauh-jauh hari sebelum lebaran.

Terjerat Hutang Kartu Kredit? Lunai Pakai Cara-Cara Ini

Supaya lebih murah, anda bisa saja berbelanja baju lebaran dengan memanfaatkan segala sumber daya yang ada. Misalnya menggunakan promo kartu kredit yang pasti akan mengadakan kerja sama dengan merchant fashion. Atau memanfaatkan poin reward dari penggunaan kartu kredit anda.

Yuk sobat, mari budayakan gaya hidup hemat dengan berpikir lebih bijak sebelum membeli.


Komentar untuk 5 Alasan Kantong Bisa Jebol di Bulan Puasa

Nana 09 June 2016

Betul juga ya min...

admin 09 June 2016

:).
Related Article
Membuat kartu kredit ada beberapa cara, yaitu data...
Kali ini, pilihkartu akan mengulas tips menghemat ...
Kita tentu mengenal berbagai macam jenis kartu kre...