5 Hal yang Perlu Diketahui Sebelum Mengajukan Aplikasi Kartu Kredit Pertama

Ada banyak hal yang harus diketahui seseorang sebelum memiliki kartu kredit. Tidaklah bijaksana jika Anda bersikap acuh tak acuh terhadap ketentuan-ketentuan yang ada dalam kartu kredit. Mengerti bagaimana cara kerja kartu kredit akan membantu Anda dalam menentukan kartu kredit pertama yang cocok untuk Anda.

1. Ketahui perbedaan jenis-jenis kartu kredit

Semua kartu kredit muncul dengan ukuran dan bentuk yang sama, tetapi sayangnya masing-masing tidak memiliki syarat dan ketentuan yang sama. Kartu kredit dengan banyak jenis ini diperuntukkan untuk pengguna dengan tipe tertentu pula. Ada kartu kredit yang standar, ada kartu kredit dengan banyak fitur reward, dan ada kartu kredit dengan keamanan tingkat tinggi. Mengetahui jenis-jenis kartu kredit beserta kriterianya, akan membantu Anda menentukan mana jenis yang sesuai untuk kartu kredit pertama Anda. Di pilihkartu.com Anda bisa memilih berbagai jenis kartu kredit sesuai kriteria yang ada, seperti bank penerbit kartu kredit, besar iuran tahunan, profesi Anda, hingga jenis kartu yang banyak program reward atau diskonnya.

2. Biaya yang ada pada kartu kredit mempengaruhi bagaimana Anda memilih dan menggunakannya

Sebelum memiliki kartu kredit, Anda harus mengetahui biaya-biaya yang ada pada kartu kredit. Anda perlu untuk mengetahui apa yang disebut dengan suku bunga, iuran tahunan, dan kredit.

Secara umum, suku bunga rendah dan gratis iuran tahunan, adalah hal ideal yang bisa Anda masukkan sebagai bahan pertimbangan dalam memilih kartu kredit pertama Anda.

Akan lebih baik jika Anda dapat membandingkan satu kartu kredit dengan yang lainnya. Pilihkartu.com telah menyediakan fitur membandingkan kartu kredit yaitu fitur cari, bandingkan, dan daftar kartu kredit, Anda bisa memulai pencarian kartu kredit pertama Anda di sana.

3. Selalu cek billing cycle setiap bulan

Billing cycle kartu kredit adalah jumlah hari sebelum billing statement/tagihan datang. Billing cycle umumnya berkisar antara 21 hingga 29 hari. Setiap bulannya, bank penerbit kartu Anda akan mengirimkan tagihan memuat detail transaksi. Jika Anda memiliki tagihan, maka Anda harus membayar tagihan (bisa minimum payment maupun full payment). Jika dalam beberapa bulan anda tidak melakukan transaksi, bisa jadi anda tidak akan mendapatkan billing cycle.

4. Sebagian besar kartu kredit ada biayanya

Biaya-biaya seperti denda keterlambatan ataupun bunga karena pembayaran tagihan yang tidak lunas akan menjadi keuntungan penerbit kartu kredit, tapi menjadi kerugian untuk Anda. Tetapi, Anda bisa menghindari hal ini. Contohnya, Anda bisa menghindari terlambat membayar dengan membayar tagihan tepat waktu, gunakan metode pembayaran debit langsung jika takut terlambat. Anda bisa menghindari denda dengan membayar tagihan secara penuh.

5. Kartu kredit pertama bisa sulit untuk didapat

Penerbit kartu kredit tidak selalu mengabulkan pengajuan kartu kredit kepada pengguna baru. Ada baiknya jika Anda mengetahui kartu kredit mana yang bisa mengabulkan aplikasi dengan mudah atau peraturan tidak terlalu ketat. Usahakan juga untuk selalu jujur dalam memberikan data-data pribadi ketika proses pengajuan kartu kredit. Pelajari juga hal-hal yang bisa memperkuat pengajuan kartu kredit Anda untuk diterima.

Itu dia 5 hal yang sebaiknya Anda ketahui sebelum mengajukan aplikasi kartu kredit pertama Anda. Semoga 5 hal di atas bisa memberikan pencerahan untuk Anda yang ingin mengajukan aplikasi kartu kredit.


Komentar untuk 5 Hal yang Perlu Diketahui Sebelum Mengajukan Aplikasi Kartu Kredit Pertama

Related Article
Cicilan 0% merupakan sebuah program andalan yang d...
Jika kartu kredit masih dirasa sulit untuk bisa an...
Di Indonesia, ada ratusan jenis kartu kredit yang ...