5 Istilah dalam Kartu Kredit yang Perlu Anda Pahami

Istilah-istilah dalam kartu kredit, ada banyak sekali dan tentu Anda mungkin telah sering mendengar beberapa diantaranya. Akan tetapi, meskipun telah tertulis dimana-mana, bukan tidak mungkin kita masih saja bingung dengan istilah-istilah dalam dunia per-kartu-kredit-an.

Untuk mempersingkat waktu, mari kita lihat satu per satu istilah dalam kartu kredit yang perlu anda pahami:

1. Tanggal jatuh tempo

Tanggal jatuh tempo maksudnya adalah tanggal yang ditetapkan sebagai batas akhir pembayaran tagihan kartu kredit. Jika Anda, sebagai nasabah kartu kredit, dengan khilafnya terlupa atau bahkan dengan tanpa daya membayar tagihan kartu kredit melewati tanggal yang tercantum di billing statement, maka bank berhak memberlakukan denda sebesar (rata-rata) 2,95%.

Untuk menghindari denda ini, sebaiknya Anda membayar tagihan tidak melewati tanggal jatuh tempo. Konfirmasikan dengan pihak bank mengenai detil tanggal jatuh tempo tersebut, misalnya jika tanggal jatuh tempo ternyata pas hari libur, atau lama pembayaran diterima bank jika menggunakan metode transfer ATM, transfer via bank, atau metode lainnya.

2. Skor kredit

Skor kredit atau credit score di Indonesia dapat disebut juga sebagai SID, Sistem Informasi Debitur. Skor kredit atau SID merupakan sistem penilaian yang parameternya telah ditentukan oleh sebuah komunitas perbankan. Skor kredit ini kurang lebih yang akan menentukan Anda layak atau tidak diberikan pinjaman.

Jika Anda adalah nasabah yang termasuk bandel atau karena keadaan seringkali terlambat melakukan pembayaran tagihan kartu kredit, maka skor kredit Anda dapat dipastikan tidak begitu mengesankan di mata bank. Bahkan mungkin, yang terburuk adalah nama Anda terdapat dalam daftar hitam Bank Indonesia, meskipun sebagai nasabah biasa kita tidak dapat memeriksanya secara langsung. Tentu saja riwayat kredit yang kurang mengesankan ini akan menyulitkan Anda ketika ingin mengajukan pinjaman di kemudian hari.

 

Baca juga: Cara Apply Kartu Kredit Via Pilihkartu

 

3. Credit shield

Shield dalam bahasa Indonesia berarti melindungi, sehingga credit shield kurang lebih bermakna perlindungan kredit untuk nasabah kartu kredit, jika suatu hari nasabah kartu kredit tidak mampu membayar tagihan kartu kreditnya.

Sejatinya, credit shield mengijinkan pemegang kartu kredit untuk dibebaskan dari kewajiban membayar tagihan kartu kredit seandainya si pemegang kartu mengalami musibah kecelakaan, yang mengakibatkan cacat hingga meninggal dunia.

4. Dana tunai kartu kredit

Dana tunai kartu kredit adalah dana yang secara khusus ditawarkan oleh pihak telemarketing, kepada nasabah kartu kredit yang bersangkutan, yang kebetulan mungkin sedang membutuhkan kucuran dana dengan bunga rendah (umumnya di bawah 1%).

Memang, sebetulnya kartu kredit Anda dapat digunakan untuk tarik tunai di ATM terdekat, tetapi tarik tunai di atm seringkali memberatkan karena dikenai biaya sebesar 3% per bulan.

5. Cicilan 0%

Istilah cicilan 0% seringkali kita temukan di merchant-merchant, baik online maupun offline, ketika sedang berjalan-jalan di mall, maupun secara tidak sengaja menemukannya ketika browsing gadget terbaru.

Jika Anda menemukan tulisan cicilan 0% tertempel di etalase maupun di merchant online, maka artinya merchant tersebut bekerjasama dengan pihak penerbit kartu kredit, untuk menyediakan fasilitas cicilan tanpa bunga dengan jangka waktu tertentu.

 

Baca juga: Cuma Modal Kartu Kredit, Bisa Investasi?

 

Misalkan saja, Anda secara tidak sengaja menemukan gadget terbaru dijual di merchant online dengan tanda cicilan 0% selama 12 bulan menggunakan kartu kredit A. Jika harga gadget adalah 6 juta, maka Anda akan membayar 6.000.000/12=500.000, kurang lebih Anda harus membayar tagihan kartu kredit untuk keperluan gadget tersebut, sebesar Rp 500.000,- tanpa adanya tambahan bunga apapun.

Itu dia 5 istilah yang perlu Anda pahami dengan jelas meskipun telah memiliki kartu kredit. Nah, pastikan saja juga menggunakan kartu kredit dengan cerdas ya.


Komentar untuk 5 Istilah dalam Kartu Kredit yang Perlu Anda Pahami

Related Article
Bila anda sedang jalan-jalan ke mall, ke hotel, su...
Paypal merupakan akun virtual yang digunakan untuk...
Di bawah ini pilihkartu.com akan mengulas 4 kesala...