6 Kebiasaan yang Bisa Membantu Anda Mengontrol Kredit

Kartu kredit, sesuai namanya adalah kartu yang khusus untuk melakukan pembayaran/pembelian secara kredit. Fasilitas ini memang menggiurkan, akan tetapi Anda perlu mengontrol kredit supaya tak jatuh ke lubang hutang. Bank penerbit kartu kredit Anda akan menilai penggunaan kartu kredit Anda, untuk menentukan seberapa besar kemanfaatan kartu kredit tersebut bagi Anda.

Untuk menentukan besar kemanfaatan kartu kredit bagi si pemegang, ada banyak faktor, salah satunya adalah skor kredit. Skor kredit adalah angka yang diberikan kepada setiap individu atas riwayat kredit mereka. Skor kredit digunakan oleh para kreditur untuk menentukan kemampuan seseorang dalam membayar kredit. Semakin rendah skor kredit Anda, semakin sulit Anda memperoleh kredit, begitu pula sebaliknya. Dalam hal kartu kredit, skor rendah akan menyulitkan Anda untuk memperoleh limit yang besar.

Di bawah ini, adalah beberapa hal yang dapat membantu mengontrol kredit Anda, sekaligus menaikkan skor kredit:

1. Periksa rekening

Memeriksa rekening penting dilakukan, barangkali ada kesalahan. Kesalahan yang ada mungkin bukan sepenuhnya ada di tangan Anda, tapi inkonsistensi bisa muncul dalam laporan kredit Anda karena eror atau bahkan, karena indikasi adanya pencurian identitas. Jika Anda melihat laporan kredit Anda pada billing statement, Anda bisa menemukan penyimpangan-penyimpangan dan bisa mencari solusi atas keadaan tersebut sesegera mungkin.

2. Buat pembayaran tepat waktu

Melunasi tagihan tepat waktu setiap bulannya adalah langkah pasti untuk meningkatkan skor kredit Anda. Jika Anda melewatkan pembayaran tagihan atau terlambat, maka penerbit kartu Anda bisa menginformasikan hal ini ke biro kredit, yang mana akan bisa mengurangi skor kredit Anda.

 

Baca juga: 4 Tips Mengatur Tagihan Kartu Kredit

 

3. Membuka akun atas nama pribadi

Jika Anda masih tergantung dengan orang tua atau anggota keluarga lainnya, termasuk pasangan, untuk menaruh nama mereka di seluruh akun, maka Anda merugikan diri sendiri. Menaruh akun atas nama Anda sendiri dan mempertahankan akun tersebut dalam performa yang baik akan memiliki efek secara positif di riwayat kredit Anda, dan meningkatkan skor Anda tentunya.

4. Membelanjakan di bawah limit kartu kredit

Satu faktor yang mempengaruhi skor kredit Anda adalah rasio kemanfaatan kredit atau persentase limit kredit yang Anda gunakan, di waktu yang diberikan. Anda bisa berimprovisasi dengan meningkatkan jumlah kredit atau menggunakan kredit lebih sedikit. Kedua pendekatan tersebut dapat mendorong skor Anda.

5. Menabung di waktu yang bersamaan

Walaupun Anda harus melunasi tagihan kartu kredit, atau bentuk-bentuk hutang lainnya, tak ada salahnya untuk menyalurkan sebagian uang Anda untuk ditabung untuk keadaan darurat. Dengan cara itu, jika ada biaya-biaya tak diharapkan muncul di masa depan, Anda bisa menggunakan tabungan Anda untuk membayarnya, daripada menambah charge di kartu kredit Anda.

6. Tinjau ulang anggaran Anda

Untuk secara bersamaan melunasi tagihan kartu kredit dan menyisihkan sebagian pendapatan untuk tabungan, tentu tidak mudah. Anda perlu melihat lebih dekat pada biaya-biaya untuk kebutuhan lain yang masih bisa dipangkas, seperti salon dan telepon seluler. Untuk kebutuhan tersier macam itu, Anda harus bisa menahannya untuk sementara waktu.

 

Baca juga: 5 Hal yang Perlu Diketahui Sebelum Mengajukan Aplikasi Kartu Kredit Pertama

 

Nah, sobat pilihkartu.com, itu dia 6 kebiasaan yang bisa membantu Anda mengontrol kredit, beberapa di antaranya sekaligus dapat meningkatkan skor kredit. Jangan lupa lihat tips menarik lainnya di pilihkartu.com.


Komentar untuk 6 Kebiasaan yang Bisa Membantu Anda Mengontrol Kredit

Related Article
Pengguna kartu kredit juga tidak bisa memakai alas...
Di Indonesia, ada ratusan jenis kartu kredit yang ...