6 Tips Ideal dalam Menggunakan Kartu Kredit

Memanfaatkan kartu kredit, bisa dibilang perkara yang susah-susah gampang. Pemegang kartu dituntut untuk bisa bijaksana dalam menggunakan kartu plastik yang kian naik daun ini. Tak sedikit yang berakhir dengan beban hutang tagihan kartu kredit menumpuk di sana-sini. Tentu anda tak ingin demikian bukan?

Idealnya, menggunakan kartu kredit sebaiknya bertolak dari fungsinya ia diciptakan. Ideal yang dimaksud adalah yang sesuai dengan kebutuhan anda dan juga di sesuaikan dengan pendapatan dan kemampuan dalam menggunakan kartu kredit.

Di bawah ini adalah 6 tips ideal dalam menggunakan kartu kredit, yang dapat anda praktikkan dalam kehidupan sehari-hari:

1. Memahami Karakter Pribadi

Dengan memahami karakter pribadi, anda dapat mengukur diri sendiri, apakah anda termasuk ke dalam karakter pribadi yang konsumtif atau tidak. Jika anda mendapati diri anda adalah pribadi yang sulit mengendalikan kemauan, maka sebaiknya anda mulai berbenah untuk merumuskan cara-cara agar kemauan anda dapat terkontrol dengan baik.

2. Pisahkan kebutuhan dan keinginan

Setelah anda memahami karakter pribadi anda, kini saatnya merumuskan apa yang tepat untuk karakter yang anda punya. Keinginan dan kebutuhan adalah dua hal yang berbeda, dan seringkali karakter yang konsumtif sulit membedakan keduanya.

Untuk ini, anda membutuhkan catatan yang khusus membedakan mana yang merupakan kebutuhan, dan mana yang merupakan keinginan semata.

3. Pahami kembali hakikat dan fungsi kartu kredit

Penting untuk kembali ke dasar, untuk mengingatkan kita akan fungsi kartu kredit. Ya, kartu kredit merupakan sebuah alat, tidak lebih. Ia adalah alat pengganti pembayaran tunai. Kartu kredit bukanlah uang tambahan. Ada konsekuensi di akhir hari ketika menggunakan kartu kredit.

Karenanya, berhedon ria menggunakan kartu kredit adalah hal yang sangat disayangkan. Tak semestinya kartu kredit mempermudah sifat konsumtif untuk muncul. Memang dilematis, karena kontrol penggunaan kartu kredit agaknya sulit dilakukan.

Tanggung jawab pencegahan perilaku konsumtif bukan hanya ada di tangan pemerintah dan pihak-pihak terkait, tapi pemegang kartu sendiri. Oleh karenanya, perlu adanya sosialisasi yang gencar untuk meredam sifat konsumtif dan membuat kartu kredit menjadi lebih layak di mata masyarakat.

4. Sesuaikan limit kartu kredit dengan anggaran bulanan

Limit kartu kredit anda jika didiamkan saja tidak akan banyak bermanfaat, karenanya usahakan untuk tetap menggunakan kartu kredit, tentunya sesuai dengan perhitungan limit yang telah dianjurkan oleh para pakar di dunia fiansial.

Besaran limit kartu kredit yang sebaiknya anda pergunakan dalam setahun adalah sekitar 50% hingga 60%. Itu adalah besaran yang aman. Kemudian periksalah kembali, apakah limit sebesar itu akan mampu anda bayar tagihannya di akhir bulan nanti.

5. Bayar tagihan secepatnya

Tagihan kartu kredit, adalah kewajiban anda. Tagihan kartu kredit akan berbunga-bunga (dalam arti negatif), jika anda tidak segera membayarnya. Besaran bunga memang tidak lebih dari 3%, atau rata-rata bank menetapkan bunga sebesar 2,95%. Tapi tetap saja, bunga sebesar itu termasuk dalam kategori tinggi.

Tidak ada seorangpun yang mau dibebani bunga, karenanya jika tidak ingin tagihan anda berbunga, sebaiknya membayar tagihan dengan tepat waktu dan tepat nominalnya. Jika tagihan tidak dibayar penuh, maka bunga akan tetap dikenakan dengan perhitungan didasarkan pada jumlah tagihan total anda di awal.

6. Hindari tarik tunai

Kartu kredit, bisa juga berfungsi seperti kartu ATM atau kartu debit, yakni mengeluarkan sejumlah uang tunai dari ATM. Anda bisa saja tidak memiliki uang  sejumlah 4 juta di rekening anda saat itu, tetapi dengan kartu kredit, anda dapat melakukan penarikan uang tunai di ATM sejumlah 4 juta.

Tapi, penarikan tunai ini pun ada konsekuensinya, yaitu bunga. Setiap anda melakukan tarik tunai di ATM, ada bunga sekitar 3%-4% (tergantung kebijakan bank) yang dibebankan kepada anda, belum lagi biaya administrasi tarik tunai di ATM. Sehingga, jumlah yang harus dibayar menjadi berlipat-lipat.

Nah, 6 tips di atas adalah tips ideal dalam menggunakan kartu kredit. Yuk, jadi nasabah yang pintar mengelola keuangan.


Komentar untuk 6 Tips Ideal dalam Menggunakan Kartu Kredit

Related Article
Tak terasa puasa sudah dua minggu berlalu, dua min...